Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

Ukuran Lapangan Tenis Meja – Tenis meja merupakan salah satu olahraga atau permainan bola kecil yang banyak digemari oleh banyak orang. Permainan tenis meja ini banyak digemari karena cara memainkannya yang tidak terlalu menguras tenaga dan bisa dimainkan di dalam ruangan. Tenis meja juga dikenal dengan sebutan pingpong.

Memang, untuk memainkan permainan tenis meja ini dibutuhkan beberapa peralatan yang harus dipersiapkan sebelumnya. Tetapi, jika kita tidak memiliki peralatan untuk bermain tenis meja seperti meja dan bet kita bisa menyewa atau bermain di lapangan olahraga khusus untuk bermain tenis meja.

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan berbagai informasi seputar permainan atau olahraga tenis meja ini. Mulai dari peraturan, peralatan, ukuran lapangan atau meja pingpong, hingga video pertandingan tenis meja yang seru dan menegangkan. 🙂

 


Video Tenis Meja


 


Apa Itu Tenis Meja?


Permainan Tenis Meja

Salah Satu Pertandingan Tenis Meja

 

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, tenis meja, atau yang disebut juga dengan istilah pingpong merupakan suatu olahraga atau permainan bola kecil yang dapat dimainkan dengan 2 (tunggal/single) orang atau 4 orang (ganda/double) yang saling berhadapan.

Sesuai dengan namanya, yaitu tenis meja, olahraga ini memang bermula dan diadaptasi dari olahraga tenis lapangan. Oleh karena itu terdapat beberapa peraturan tenis lapangan yang terdapat dalam peraturan tenis meja selain peraturan khusus yang memang disesuaikan untuk olahraga pingpong ini.

Tenis meja atau pingpong dimainkan di atas sebuah lapangan atau meja khusus. Di tengah-tengah meja tersebut terdapat net sebagai penanda dan pemisah area permainan antar dua pemain atau tim. Bola dan raket (disebut dengan bet) yang digunakan untuk bermain tenis meja juga khusus.

Tenis Meja atau Pingpong

Bet dan Bola Tenis Meja

 

Bola yang digunakan untuk bermain tenis meja memiliki berat yang ringan serta memiliki warna yang terang, biasanya berwarna jingga atau putih. Bola pingpong terbuat dari seluloid.

BACA JUGA:  Ukuran Lapangan Permainan Bola Kasti dan Peraturannya

Kemudian untuk raket atau bet yang digunakan terbuat dari kayu yang bagian depan dan belakangnya terdapat lapisan karet. Semakin bagus kualitas kayu dan karet pada bet pingpong maka bisa mempengaruhi kualitas permainan kita. Oleh karena itu, memilih bet tenis meja merupakan salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan.

 


Bahan dan Ukuran Meja Pingpong/Tenis Meja


Ukuran Meja Pingpong

Ilustrasi Meja Pingpong

 

Karena meja pingpong termasuk salah satu peralatan bermain yang sangat penting, maka kamu harus memperhatikan juga bahan dan ukuran dari meja pingpong apakah sudah sesuai dengan standar atau belum. Karena meja dengan bahan dan ukuran yang standar akan membuat permainan menjadi lebih nyaman dan enak.

Meja pingpong sendiri tidak terbuat dari bahan seperti meja-meja biasanya. Karena meja pingpong harus bisa memantulkan bola sehingga bahan yang dipakai tidak bisa sembarangan dan harus memiliki permukaan yang rata.

Bahan untuk meja pingpong yang bagus dan sudah sesuai dengan standar adalah bahan yang berasal dari multiplex. Bahan dari multiplex memiliki kelebihan seperti kuat, kokoh, tahan lama, serta bahannya yang cocok untuk memantulkan bola pingpong.

Di bawah ini adalah ukuran standar dari meja pingpong atau tenis meja sesuai dengan standar dari PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan ITTF (International Table Tennis Federation).

Ukuran Meja

  • Panjang: 274 cm
  • Lebar: 152,5 cm
  • Tebal Garis Sisi: 2 cm
  • Tinggi Meja (dari Lantai): 76 cm
  • Luas: 4,1785 m2

 


Bet Tenis Meja


Bet Tenis Meja

Bet Tenis Meja

 


Bola Tenis Meja


 


Net Tenis Meja


Jaring Net Tenis Meja

Jaring Net

 

Net yang digunakan untuk permainan tenis meja sama fungsinya seperti net-net dalam olahraga lainnya, seperti bulu tangkis, tenis lapangan, maupun voli. Net yang terbuat dari jaring ini berfungsi sebagai penanda dan pembatas dua area pemain atau tim yang saling berlawanan.

Ketika bermain tenis meja, kita harus bisa mengalirkan atau memukul bola melewati net dan masuk ke dalam area musuh. Jika bola yang kita pukul mengenai net dan tidak berhasil melewati area musuh, maka musuh akan mendapatkan poin.

Ukuran Net Tenis Meja

Net Tenis Meja

 

BACA JUGA:  Ukuran Lapangan Permainan Bola Kasti dan Peraturannya

Pastikan sebelum kita bermain tenis meja pemasangan net sudah pas berada di tengah-tengah meja pingpong.

Dalam aturan tenis meja, disebutkan bahwa ketika kita melakukan pukulan serve/servis lalu mengenai net dan bola tersebut masuk ke area lawan maka serve/servis harus diulang.

Berikut ini adalah standar ukuran net tenis meja atau pingpong berdasarkan standar dari induk organisasi tenis meja di Indonesia, yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan ITTF (International Table Tennis Federation).

Ukuran Net

  • Panjang Net: 183 cm
  • Tinggi Net: 15,25 cm
  • Jarak Meja ke Tiang: 15,25 cm
  • Luas Net: 0,279075 m2

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu hidup sehat. 😀

Leave a Reply