20 Negara Terkecil di Dunia yang Tidak Lebih Besar dari Jakarta

Jual Minyak Buah Merah Papua

Negara Terkecil di Dunia – Apakah kamu pernah mendengar nama-nama negara seperti Vatican City, San Marino, atau Andorra? Jika kamu belum pernah mendengar nama-nama tersebut, kamu harus tahu dua fakta unik terkait negara-negara tersebut.

Fakta yang pertama, negara-negara tersebut merupakan negara terkecil yang ada di dunia. Uniknya dengan luas wilayah yang tidak besar mereka termasuk ke dalam negara-negara yang diakui di dunia. Bahkan, Vatican City hanya memiliki luas wilayah 0,44 km2 saja!

Fakta yang kedua, kamu tahu berapa luas wilayah negara Indonesia? Ya, luas wilayah Indonesia bisa mencapai kurang lebih 1,811,831 km2. Beribu-ribu kali lipat dengan rata-rata luas wilayah negara-negara kecil tersebut.

Bahkan jika dibandingkan dengan luas wilayah Vatican City, luas wilayah Indonesia bisa mencapai 4 juta kali lipatnya. Itupun baru luas wilayah daratan Indonesia saja.

Lalu, di mana fakta uniknya? Jika dibandingkan dengan luas wilayah negara Indonesia negara-negara kecil tersebut sudah pasti kalah jauh. Tapi, tahukah kamu kalau negara-negara kecil tersebut luas wilayahnya juga tidak lebih luas dari luas wilayah kota Jakarta?

Sebelum membahas lebih jauh, yuk kita tonton dulu video di bawah ini yang membahas 10 negara terkecil di dunia. 🙂

 

Jakarta, kota terbesar sekaligus ibukota negara Indonesia, secara administratif dibagi menjadi 6 Kotamadya. Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Kepualauan Seribu. Kota tersibuk dan terpadat ini ternyata memiliki luas wilayah daratan mencapai 662 km2.

Lebih besar dari negara-negara kecil seperti Vatican City, Monaco, San Marino, Maldives, Malta, dan Andorra. Bahkan, luas wilayah negara Singapura saja tidak jauh berbeda dengan kota Jakarta. Luas wilayah Singapura ‘hanya’ 719 km2, selisihnya tidak sampai 100 km2 dengan kota Jakarta.

Dan ternyata, terdapat 20 negara di dunia yang memiliki luas wilayah yang tidak lebih besar dari luas wilayah kota Jakarta!

Apa saja yah kira-kira 20 negara tersebut? 🙂


Daftar Isi

BACA JUGA:  10 Nama Ibu Kota Negara Unik yang Jarang Kita Ketahui

1. Vatican City (0,44 km²) 


Negara Terkecil di Dunia Vatican City

historycooperative.org

 

Negara terkecil di dunia yang pertama adalah Vatican City. Vatican City atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kota Vatikan ini merupakan negara resmi terkecil yang ada di dunia.

Negara yang wilayahnya berada di dalam negara Italia, tepatnya berada di sebelah Barat Laut kota Roma, ini hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 0,44 km² atau 44 hektare dengan jumlah populasi mencapai 850 jiwa.

Hal unik dari Vatican City adalah bentuk negara ini adalah ecclesiastical/gerejawi sehingga dipimpin bukan seorang presiden, perdana menteri, maupun raja, melainkan dipimpin oleh seorang Uskup Roma, yaitu Paus.

Paus yang sekarang menjabat adalah Paus Fransiskus yang berasal dari Argentina.

 


2. Monaco (2 km²)


Negara Terkecil di Dunia Monaco

Monaco via globalchampionstour.com

 

Negara yang memiliki bendera yang mirip dengan bendera negara Indonesia ini hanya memiliki luas wilayah 2,02 km² saja! Tiga ratus kali lebih kecil daripada luas wilayah kota Jakarta.

Meskipun begitu, negara yang berbatasan langsung dengan laut Mediterania ini memiliki roda perekonomian yang bagus. Ditopang dengan keindahan alam pantainya dan fasilitas yang mewah membuat sektor pariwisata menjadi hal utama dalam mendongkrak roda perekonomian di negara yang juga berbatasan langsung dengan negara Prancis.

Salah satu hal unik yang ada di Monaco adalah terdapat salah satu sirkuit balapan jet darat Formula One (F1) yang menggunakan jalan raya sebagai treknya. Bisa dibayangkan betapa menantangnya memacu mobil dengan kecepatan maksimal di jalanan yang sempit dan terdapat beberapa tikungan yang tajam.


3. Nauru (21 km²)


Negara Terkecil di Dunia Nauru

Nauru via erazvitie.org

 

Mungkin kamu terbingung-bingung apakah gambar pulau di atas adalah gambar suatu negara. Ya, pulau di atas memang merupakan satu pulau yang berisi satu negara. Nama negara tersebut adalah Nauru. Negara ini terletak di wilayah Oceania dan berada di Samudera Pasifik.

Dengan luas wilayah yang hanya mencapai 21 km² membuat Nauru menjadi negara terkecil ketiga di dunia, setelah Vatican City dan Monaco. Pun dibandingkan dengan luas wilayah kota Jakarta, luas negara ini lebih kecil 30 kali lipatnya.

BACA JUGA:  10 Nama Ibu Kota Negara Unik yang Jarang Kita Ketahui

Bahkan, dengan beberapa kota di Indonesia, seperti kota Padang Panjang (23 km²) dan kota Bukittingi (25,24 km²), negara yang pada tahun 1980an tercatat sebagai salah satu negara terkaya ini luas wilayahnya pun tidak mencapai angka tersebut.

Hal unik di negara yang populasi penduduknya tidak sampai 12.000 jiwa ini adalah sumber daya alamnya yang melimpah, terutama sumber fosfat (phosphate). Fosfat yang biasa digunakan untuk pupuk tanaman ini bisa mencapai 40 juta ton.

Tapi, itu 30 tahun yang lalu. Karena manajemen yang kurang baik, eksplorasi alam yang berlebih, dan kerusakan lingkungan membuat sumber fosfat di Nauru berkurang drastis sehingga mengakitbatkan negara ini terancam bangkrut.

Karena satu-satunya sumber pendapatan mereka, dari industri fosfat, sudah mengalami kemunduran.

Baca Juga: 30+ Danau Terbesar di Dunia


4. Tuvalu (26 km²)


Negara Terkecil di Dunia Tuvalu

Tuvalu via tuvalupavilion.com

 

Tuvalu, negara yang dulunya terkenal dengan nama Ellice Islands ini merupakan salah satu negara Polinesia yang berada di Samudera Pasifik. Terletak di antara pulau Hawaii dengan Australia, serta berada dekat dengan negara-negara Polinesia lainnya seperti Fiji, Kiribati, Samoa, dan Nauru.


5. Bermuda (United Kingdom) (53 km²)


Negara Terkecil di Dunia Bermuda

Bermuda via alternatiivreklaam.blogspot.com

 

Bermuda, atau yang biasa disebut juga dengan Somers Isles (Kepulauan Somers), merupakan sebuah negara yang berada di bawah konstitusi United Kingdom (Inggris Raya). Negara yang hanya memiliki total luas wilayah 53 km² ini berada di wilayah Samudera Atlantik dan berada di sebelah Timur Amerika Serikat.

Fakta unik dari Bermuda adalah karena negara ini masih termasuk ke dalam yurisdiksi pemerintahan Inggris Raya sehingga pemimpin pemerintahan monarki juga dipegang oleh Ratu Elizabeth II dan lagu kebangsaa resminya pun lagu God Save the Queen.

 


6. San Marino (61,2 km²)


Negara Terkecil di Dunia San Marino

en.wikipedia.org


7. Liechtenstein (160 km²)


Negara Terkecil di Dunia Liechtenstein

liechtenstein.li


8. Marshall Islands (181 km²)


Negara Terkecil di Dunia Marshall Islands

gadling.com


9. Saint Kitts and Nevis (261 km²)


Negara Terkecil di Dunia Saint Kitts and Nevis

edugeography.com


10. Maldives (300 km²)


Negara Terkecil di Dunia Maldives

maldives.com


11. Malta (315 km²)


Negara Terkecil di Dunia Malta

thomson.co.uk


12. Grenada (344 km²)


Negara Terkecil di Dunia Grenada

gov.gd


13. Saint Vincent and the Grenadines (389 km²)


Negara Terkecil di Dunia Saint Vincent and the Grenadines

edugeography.com

BACA JUGA:  10 Nama Ibu Kota Negara Unik yang Jarang Kita Ketahui

14. Barbados (431 km²)


Negara Terkecil di Dunia Barbados

expedia.com


15. Antigua and Barbuda (440 km²)


Negara Terkecil di Dunia Antigua and Barbuda

viator.com


16. Seychelles (455 km²)


Negara Terkecil di Dunia Seychelles

beachcomber-hotels.com


17. Palau (458 km²)


Negara Terkecil di Dunia Palau

australiangeographic.com.au


18. Andorra (468 km²)


Negara Terkecil di Dunia Andorra

borongaja.com


19. Isle of Man (572 km²)


Negara Terkecil di Dunia Isle of Man

theguardian.com


20. Saint Lucia (617 km²)


Negara Terkecil di Dunia Saint Lucia

stlucianewsonline.com

Baca Juga: 70+ Daftar Danau Terdalam di Dunia

Please rate this

One Response

  1. Amelia Putri 13 June 2016

Leave a Reply