Tahukah Kamu Kalau Semua Nama OS Android Berasal dari Nama Makanan dan Sesuai dengan Urutan Alfabet?

Di zaman sekarang, siapa yang tidak pernah mendengar nama Android? Hmm, saya rasa hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Android, iOS, dan Operating System (disingkat OS).

Ya, Android dan iOS merupakan nama atau sebutan sebuah Operating System, atau dalam bahasa dikenal dengan sebutan sistem operasi.

Berdasarkan Wikipedia, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar (smart phone) dan komputer tablet.

Berbeda dengan iOS yang dikembangkan oleh Apple Inc., Android yang awalnya dikembangkan oleh Android Inc. sejak tahun 2005 hingga kini dikembangkan dan dimiliki oleh ‘saingan abadi’ Apple, yaitu Google.

Salah satu keunikan dari OS Android yang secara resmi dirilis tahun 2007 yang silam adalah OS ini bersifat open source berbeda dengan OS iOS yang bersifat ‘tertutup’, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki dan menggunakan Android. Meskipun OS Android tidak sepenuhnya bersifat ‘terbuka’/Open Source (Partially).

Selain itu, ada satu hal unik lagi yang berhubungan dengan OS yang identik dengan logo berbentuk robot berwarna hijau ini. Tahukah kamu bahwa nama (atau code name) seluruh OS Android, mulai dari versi awal seperti Cupcake hingga versi terbaru Marshmallow, merupakan istilah yang berasal dari nama-nama makanan atau kudapan manis (confectionary).

Uniknya lagi, semua versi OS tersebut jika diurutkan sesuai tanggal rilis mereka akan sesuai dengan susunan alfabet, mulai dari huruf C (Cupcake), huruf D (Donut), hingga yang terbaru dengan huruf M (Marshmallow).

Nama OS Android

Nama Sistem Operasi Android Tiap Versinya (via sourcedigit.com)

Masih penasaran dengan nama-nama tiap versi dari OS Android?

Berikut ini daftar 11 nama OS Android sesuai dengan urutan nama dan tanggal rilisnya. 🙂

1. Cupcake (Version 1.5)

OS Android 1.5 Cupcake

theandroidtimeline.com

Tampilan OS Android Cupcake

Tampilan OS Android Cupcake (via en.wikipedia.org)

Bisa dikatakan Cupcake merupakan OS versi ketiga setelah versi alpha dan beta. OS versi ini pertama kali dirilis oleh Google 7 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 30 April 2009.

BACA JUGA:  8 Fitur Aplikasi Whatsapp Yang Perlu Kita Ketahui

Android versi inilah yang mengawali penamaan versi-versi OS Android dengan nama-nama makanan manis.

Untuk versi 1.5 ini dinamakan dengan nama Cupcake, sesuai dengan logonya yang

berbentuk kue yang berada dalam cetakan/cup yang biasa dipanggang sebelum disantap.

Beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa sebenarnya versi Cupcake ini merupakan versi 1.2, tetapi karena ada pengembangan lebih lanjut oleh Google versi Cupcake diperkenalkan sebagai versi 1.5.

2. Donut (Version 1.6)

OS Android 1.6 Donut

versiandroidnf.blogspot.com

Lima bulan setelah dirilisnya OS Android Cupcake, OS versi 1.6 atau yang dikenal dengan nama Donut menyusul juga.

Pada versi ini beberapa kesalahan/bugs yang terdapat di versi Cupcake turut diperbaiki. Seperti kesalahan ketika reboot, beberapa tambahan pada fitur foto dan video, serta perbaikan pada pengintegrasian pencarian.

Sesuai dengan namanya, Donut, berasal dari nama makanan manis donut. Logo OS versi ini pun berbentuk donut yang dipadupadankan dengan warna hijau khas Android.

OS Android 1.6 Donut

android.com

3. Eclair (Version 2.0)

OS Android 2.0 Eclair

androidosdonwload.com

Ada yang pernah mendengar kata Eclair?

Ya, Eclair merupakan nama OS Android versi 2.0 dan 2.1 yang diambil dari nama makanan manis yang sama, Éclair. Mungkin di Indonesia Éclair lebih mirip dengan kue sus berbentuk panjang yang berisi krim susu dan diberikan topping atau lapisan coklat di atasnya.

OS versi 2.0 ini pertama kali dirilis tanggal 26 Oktober 2009. Kemudian versi perbaikannya, 2.1, dirilis 3 bulan kemudian tepatnya tanggal 12 Januari 2010.

OS Android 1.6 Eclair

android.com

4. Froyo (Version 2.2)

OS Android 2.2 Froyo

okiregas.blogspot.com

Mungkin kamu menerka-nerka sebenarnya makanan seperti apakah Froyo itu?

Jadi, Froyo itu merupakan singkatan dari nama makanan manis Frozen Yoghurt. Sesuai dengan namanya, lambang dari OS Android untuk versi 2.2 dan 2.3 ini pun berbentuk yoghurt dingin berwarna hijau, sesuai dengan warna khas Android.

OS yang dirilis tanggal 10 Mei 2010 ini merupakan OS yang paling banyak beredar di pasaran saat itu. Seperti smart phone keluaran Samsung, yaitu Samsung Galaxy Series.

OS Android 2.2 Froyo

android.com

 

5. Gingerbread (Version 2.3)

OS Android 2.3 Gingerbread

theandroidtimeline.com

OS Android versi 2.3 ini dirilis tanggal 6 Desember 2010 silam.

BACA JUGA:  8 Fitur Aplikasi Whatsapp Yang Perlu Kita Ketahui

Sesuain namanya, Gingerbread, lambang dari OS versi ini seperti kue jahe yang berbentuk manusia. Memang, kue yang terbuat dari jahe ini terkenal karena sering dibentuk dengan cetakan berbentuk manusia. Bagi yang sering mendengar cerita dongeng zaman dulu atau menonton film Shrek pasti sudah tidak asing lagi dengan kue yang berbentuk manusia ini.

OS Android 2.3 Gingerbread

android.com

6. Honeycomb (Version 3.0)

OS Android 3.0 Honeycomb

theandroidtimeline.com

OS Android versi 3.0 ini pertama kali dirilis tanggal 22 Februari 2011. Honeycomb merupakan versi Android pertama yang memang ditujukan untuk pemakaian di Tablet PC bisa berbasis Android.

Honeycomb sendiri merupakan sejenis makanan manis yang biasanya menjadi makanan pencuci mulut/desserts. Makanan manis yang sedang menjadi tren di dunia terutama di Asia ini biasanya disajikan bersama dengan es krim dan terkadang beberapa honeycomb dibuat bukan dari madu tetapi menggunakan karamel.

 

Honeycomb Desserts

thelittleloaf.com

 

7. Ice Cream Sandwich (Version 4.0)

OS Android 3.0 Ice Cream Sandwich

androidheadlines.com

Ice Cream Sandwich (ICS), OS Android versi 4.0 ini dirilis tanggal 18 Oktober 2011. Nama Ice Cream Sandwich sendiri diambil dari nama makanan yang sama. Makanan manis ini biasanya berbentuk persegi panjang yang terdiri dari es krim susu/vanilla yang dilapisi dengan dua biskuit coklat.

Di Android versi ICS ini juga untuk pertama kalinya fitur face-unlock diperkenalkan. Fitur yang membuat kita bisa membuka smart phone yang sedang dalam keadaan terkunci (lock) hanya dengan memperlihatkan wajah kita.

OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich

android.com

8. Jelly Bean (Version 4.1)

OS Android 4.1 Jelly Bean

gizmodo.com

Jelly Bean pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O Conference pada tanggal 27 Juni 2012. OS Android versi ini sendiri dirilis secara resmi satu bulan setelahnya, yakni pada tanggal 9 Juli 2012.

Banyak pembaruan yang ada di dalam Jelly Bean seperti fitur Google Now yang memberikan informasi secara real-time seperti informasi cuaca maupun restoran terdekat, fitur notifications yang lebih canggih membuat kita bisa membalas pesan yang masuk secara langsung tanpa harus masuk ke aplikasi yang berkaitan, serta teknologi yang membuat pemakaian baterai lebih hemat.

Jelly Bean sendiri berasal dari nama makanan jelly bean. Makanan manis yang berbentuk seperti permen jeli dengan aneka rasa buah. Biasanya permen jelly bean memiliki tekstur luar yang keras tetapi lunak di dalam.

OS Android 4.1 Jelly Bean

android.com

 

BACA JUGA:  8 Fitur Aplikasi Whatsapp Yang Perlu Kita Ketahui

9. KitKat (Version 4.4)

OS Android 4.4 KitKat

etradesupply.com

Ada Break, Ada KitKat!

Mungkin tidak akan ada yang mengira bahwa OS Android versi 4.4 yang dirilis tanggal 31 Oktober 2013 ini akan benar-benar bernama KitKat. Banyak yang mengatakan ini merupakan sebuah langkah kolaborasi yang apik antara dua produk yang berada di ranah yang berbeda, Android dari Google dengan KitKat dari Nestlé.

Dulu sebelum nama KitKat secara resmi diperkenalkan banyak desas-desus yang menyebutkan bahwa nama OS Android setelah Jelly Bean adalah Key Lime Pie, makanan pencuci mulut/desserts berbentuk pai.

 

10. Lollipop (Version 5.0)

OS Android 5.0 Lollipop

oketekno.com

Android Lollipop, atau dikenal juga dengan sebutan Android L, merupakan

Tampilan OS Android 5.0 Lollipop

Tampilan OS Android 5.0 Lollipop (via id.wikipedia.org)

OS Android versi 5.0 yang dirilis pada tanggal 12 November 2014 dalam acara Google I/O Conference.

Banyak perubahan yang terdapat pada OS Android versi ini salah satunya adalah tampilan/user interface yang dirombak dan diubah menjadi tampilan yang sesuai dengan material design. Tampilan yang ada di Android Lollipop ini akan terasa nuansa flat dan minimalisnya.

Kelebihan-kelebihan yang ada di Android Lollipop ini salah satunya adalah Project Volta, fitur yang bisa menghemat daya tahan baterai hingga 30%.

 

OS Android 5.0 Lollipop

android.com

11. Marshmallow (Version 6.0)

OS Android 6.0 Marshmallow

engadget.com

Marshmallow, merupakan OS Android versi terbaru, yakni versi 6.0 yang diperkenalkan tanggal 28 Mei 2015 lalu. Saat itu OS versi ini diperkenalkan dalam acara Google I/O Conference dengan menggunakan nama Android M. Karena nama Marshmallow baru resmi digunakan pada tanggal 17 Agustus 2015. Lalu, pada tanggal 29 September 2015 OS Android versi 6.0 ini benar-benar dirilis bersamaan dengan produk Google lainnya, yaitu Nexus.

Banyak fitur-fitur baru yang terdapat di Android Marshmallow ini, seperti Google Now on Tap, Android Pay, USB type-C & reverse charging, dan tampilan user interface yang lebih segar meskipun masih berdasarkan dengan material design. Untuk fitur lengkapnya bisa dilihat di sini.

This slideshow requires JavaScript.

12. N? Nutella?

Lalu, kira-kira versi OS Android terbaru setelah Marshmallow nanti akan menggunakan nama apa ya?

Berhubung setelah huruf M itu huruf N, mungkin nama selanjutnya tidak jauh-jauh dengan Nutella yah. Kalau memang benar nanti namanya adalah Nutella, mungkin gambar di bawah ini cocok untuk menjadi media promosi OS Android terbaru nanti. :p

OS Android Nutella

androidpit.com

 

Please rate this

Comments (2)

  1. Ujung Semesta 10 March 2016
  2. Muhammad Khairi 10 March 2016

Leave a Reply