40 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau – Kacang hijau (mung beans) merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kacang hijau berasal dari keluarga leguminoceae (kacang-kacangan) dan merupakan salah satu bahan makanan atau obat yang dapat menyehatkan.

Oleh karena itu, mengonsumsi kacang hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, kacang hijau bisa disajikan dalam bentuk bubur maupun dijadikan es sehingga membuat siapa saja bisa mengonsumsinya.

Seperti kacang-kacangan lain yang memiliki beberapa manfaat untuk kehamilan, kacang hijau pun ternyata memiliki banyak manfaat serta khasiat untuk ibu hamil yang ingin menjaga kondisi kesehatan bayi dan dirinya sendiri.

Penasaran apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan ibu hamil? Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya. 🙂

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Pertama-tama, kita akan membahas manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh kita. Kita akan membagi manfaat dari kacang hijau ini berdasarkan kandungan-kandungan nutrisi dan manfaat yang berada dalam kacang hijau.

Baca Juga: Jual Nutrisi Hidroponik

1. Vitamin A

Manfaat Kacang Hijau Vitamin A

via http://news.rutgers.edu/

Kandungan pertama yang berada di dalam kacang hijau adalah vitamin A. Kandungan vitamin A dalam kacang hijau bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu vitamin A juga dapat berperan untuk menghambat penuaan dini.

2. Vitamin B1 & B6

Manfaat Kacang Hijau Vitamin B1

via us.myprotein.com

Kandungan yang selanjutnya adalah vitamin B1 (tiamin) dan vitamin B6 (pyridoxine/piridoksin). Kandungan vitamin tersebut dalam kadar yang baik dalam kacang hijau bermanfaat untuk membantu tubuh mengembangkan dan meningkatkan resistensi dari infeksi kuman.

Selain itu, kandungan tiamin dan piridoksin dapat menangkal bahaya radikal bebas seperti manfaat vitamin A.

BACA JUGA:  4 Khasiat Utama dan Manfaat Madu Bagi Pengobatan Tubuh

3. Kandungan Mineral Esensial

Manfaat Kacang Hijau Kandungan Mineral Esensial

via natureresto.com

Selain vitamin, kacang hijau memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Zat mineral esensial yang terdapat dalam kacang hijau adalah besi, kalsium, kalium, mangan, dan magnesium. Zat-zat mineral tersebut berfungsi untuk sistem metabolisme tubuh kita.

Misalnya seperti kalium yang berperan sebagai komponen penting untuk membantu mengontrol tekanan darah serta detak jantung. Lalu mangan yang berperan sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan.

Baca Juga: Jual Kacang Almond

4. Zat Karotenoid

Manfaat Kacang Hijau Zat Karotenoid

via alvitraa.blogspot.com

Kandungan yang selanjutnya adalah zat karotenoid. Kandungan zat karotenoid, seperti zeaxanthin pada kacang hijau memiliki manfaat terutama untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan penuaan dan mata, yaitu penyakit makula (ARMD/Age-Related Macular Degeneration).

Ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam zat karotenoid tersebut dapat menyerap serta berfungsi sebagai penyaringan sinar UV.

Baca juga: Solusi Autis

5. Kaya akan Serat

Bisa dikatakan kacang hijau termasuk kedalam kacang-kacangan yang mengandung banyak serat. Kandungan serat pada kacang hijau kira-kira busa sampai 9% per 100g RDA (Recommended Dietary Allowances).
Kandungan serat dalam kacang hijau bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan kita, karena serat dapat membantu untuk melindungi selaput lendir yang berada di dalam usus besar.
Selain itu, serat berfungsi untuk mengikat bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus serta mengurangi waktu eksposur zat beracun dalam sistem pencernaan.
Terakhir, serat bermanfaat juga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung.

6. Rendah Kalori

Manfaat Kacang Hijau Rendah Kalori

via duniafitnes.com

Manfaat selanjutnya dari kacang hijau adalah rendah kalori. Rendahnya kalori dalam kacang hijau bermanfaat bagi orang-orang yang sedang diet atau sedang menjaga serta menurunkan berat badannya.

Memang, meski kacang hijau memiliki rasa yang manis, tetapi kandungan gula alami dalam kacang hijau hanya sekitar 3,26 gram per cangkir. Sehingga mengonsumsi kacang hijau cukup aman bagi para penderita diabetes.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Setelah kita membahas manfaat kacang hijau untuk kesehatan, selanjutnya kita akan membahas manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat terutama untuk para ibu yang sedang hamil dan janin atau bayi yang sedang dikandungnya. 🙂

BACA JUGA:  10 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Kalsium

Manfaat yang pertama adalah manfaat dari kandungan kalsium. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kalsium memiliki manfaat yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Dan kandungan kalsium serta fosfor yang ada di dalam kacang hijau dapat membantu menguatkan tulang para ibu yang sedang hamil serta baik untuk pertumbuhan kepadatan tulang bayi yang masih berada dalam kandungan.

2. Protein & Karbohidrat

Manfaat Kacang Hijau Protein dan Karbohidrat

via webmd.com

Manfaat yang kedua adalah manfaat dari protein dan karbohidrat yang berada di dalam kacang hijau. Memang, kacang-kacangan terkenal akan kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

Dan protein ini dibutuhkan untuk menghindari kecacatan pada bayi yang akan lahir. Selain itu kandungan karbohidrat pada kacang hijau berfungsi untuk menambahkan kekuatan pada ibu yang sedang hamil agar tidak mudah menjadi lelah dan lesu.

3. Vitamin B1 & B2

Manfaat Kacang Hijau Vitamin B

Manfaat dari vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin) dalam kacang hijau adalah untuk mengoptimalkan penyerapan protein sehingga dapat mencegah kondisi kecacatan pada saraf janin dan bagus untuk pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan ibu.

4. Asam Folat

Manfaat Kacang Hijau Asam Folat

via intisari-online.com

Yang terakhir adalah asam folat. Asam folat ini berfungsi untuk membantu pengembangan sistem saraf dan juga menjaga kecacatan pada otak janin yang berada dalam kandungan.

Selain itu, disarankan bagi para ibu hamil untuk tetap mengonsumsi kacang hijau atau makanan lain yang memiliki sumber asam folat yang bagus agar bisa meningkatkan kesehatan bayi nantinya.

Manfaat Kacang Hijau Secara Umum

Manfaat Kacang Hijau secara Umum

Jika di atas sudah disebutkan 10 manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan ibu hamil, selanjutnya kita akan memberikan informasi tentang manfaat kacang hijau secara umum yang semoga bermanfaat untuk kita semua.

      1. Bagus untuk kesehatan mata.
      2. Baik sebagai sumber kekuatan dan energi.
      3. Sebagai antioksidan.
      4. Mencegah penyakit kanker.
      5. Mencegah penyakit wasir.
      6. Membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh.
      7. Menangkal radikal bebas.
      8. Mencegah penyakit polip usus.
      9. Membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang.
      10. Membantu pertumbuhan gigi.
      11. Mencegah kecacatan pada janin.
      12. Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.
      13. Mencegah penyakit dan menjaga kesehatan jantung.
        Kandungan-kandungan serat yang terdapat di dalam kacang hijau sangat baik untuk jantung. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung juga untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung.Kandungan serat pada kacang hijau berfungsi untuk menyerap lemak-lemak yang terdapat di dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan jantung.
      14. Mencegah penuaan dini.
      15. Mencegah penyakit makula (ARMD).
      16. Mengatur kadar gula.
      17. Membantu ibu hamil agar tidak mudah capek dan lelah.
      18. Bagus untuk tumbuh kembang janin.
      19. Membantu mengontrol detak jantung menjadi normal.
      20. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
      21. Mencegah autisme pada bayi.
      22. Sebagai sumber protein nabati.
        Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kacang hijau termasuk ke dalam kacang-kacangan yang mengandung banyak protein nabati.Protein nabati ini lebih bagus dibandingkan sumber protein dari daging (hewani) bagi jantung dan pembuluh darah karena lebih sedikit mengandung lemak jenuh.
BACA JUGA:  10 Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan Beserta Resep dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Gizi dalam Kacang Hijau

Berikut ini informasi lebih lengkap mengenai kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram kacang hijau.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

via thevegfusion.com

Semoga bermanfaat. 🙂

Please rate this

One Response

  1. mas hendrat 15 December 2016

Leave a Reply