Macam-macam Gaya Renang Beserta Gambarnya dan Pengertiannya

Macam-macam Gaya Renang –┬áSalah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang adalah olahraga renang. Selain dijadikan sebagai sarana untuk berolahraga, renang juga dijadikan sebagai sarana rekreasi atau liburan bagi orang-orang terutama para keluarga.

Bagi orang-orang yang memang menseriusi olahraga berenang, selain untuk membantu menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh ajang kompetisi juga menjadi salah satu tujuannya.

Macam-macam Gaya Renang

unsplash.com

Lalu, mengapa renang banyak disukai dan digemari oleh orang-orang? Karena aktivitas renang selain dapat menjaga kesehatan tubuh, juga bisa menyegarkan tubuh, membantu untuk meningkatkan tinggi badan, serta dijadikan sebagai pertahanan diri untuk menghadapi kondisi yang tidak kita inginkan di masa depan.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas olahraga renang secara spesifik yang dilakukan di area kolam renang. Hal-hal yang dibahas adalah macam-macam gaya renang, macam-macam gaya renang yang dilombakan, serta teknik renang yang bisa kita praktikkan langsung di kolam renang.

Selamat membaca. ­čÖé

Macam-macam Gaya Renang

1. Gaya Renang Bebas

Macam-macam Gaya Renang Bebas

strengthratio.com

Gaya yang pertama adalah gaya bebas. Jika dilihat dari cara dan posisi berenangnya, gaya bebas merupakan gaya berenang dimana posisi dada menghadap ke arah permukaan air.

Macam-macam Gaya Renang Bebas

giphy.com

Lalu, kedua tangan bergerak atau diayunkan menjauh ke arah depan kemudian ke belakang secara bergantian. Sedangkan untuk kedua kaki diayunkan/dicambukkan naik dan turun secara bergantian.

Macam-macam Gaya Renang Bebas

giphy.com

Gaya renang bebas ini merupakan gaya renang yang sangat mudah untuk dipraktikkan. Bagi yang baru belajar berenang sangat direkomendasikan untuk memulai dengan gaya bebas. Karena teknik yang digunakan bisa dikatakan tidak rumit.

Baca Juga: Baju Renang Muslimah

2. Gaya Renang Dada

Macam-macam Gaya Renang Dada

wired.com

Gaya yang kedua adalah gaya dada. Pada gaya renang dada ini posisi tubuh kita stabil dan posisi kepala terdapat di luar air. Pada gaya ini posisi dada menghadap ke arah air seperti gaya bebas.

Lalu, untuk posisi tangan yaitu diarahkan ke arah depan. Setelah itu kedua tangan tersebut dibuka dan diarahkan ke samping seperti gerakan membelah air. Hal ini dilakukan agar badan kita bisa maju lebih cepat.

Tahukah kamu? Pada tahun 1800an, perenang pertandingan renang di wilayah Eropa sebagian besar menggunakan gaya dada.

Dan untuk posisi kaki masing-masing menendang ke arah luar sehingga kita bisa berenang ke arah depan. Karena gerakannya yang seperti gerakan kodok atau katak ketika berenang, maka gaya dada ini juga sering disebut dengan istilah gaya renang katak/gaya renang kodok.

Untuk teknik pengambilan nafas dalam gaya ini bisa dilakukan ketika kita sudah melakukan satu atau dua kali gerakan tangan dan kaki.

3. Gaya Renang Punggung

Macam-macam Gaya Renang Punggung

iluvesports.com

Gaya yang ketiga adalah gaya punggung. Pada gaya renang punggung posisi punggung atau belakang tubuh kita akan menghadap ke arah permukaan air, berlawanan dengan gaya dada.

Selain itu, posisi muka/wajah kita juga berada di atas air sehingga mengakibatkan kita tidak bisa melihat ke arah depan dan hanya bisa melihat ke arah atas. Biasanya orang-orang yang berkompetisi dengan dengan gaya punggung ini memperkirakan ujung kolam dengan cara menghitung gerakannya.

Macam-macam Gaya Renang Punggung

giphy.com

Lalu, untuk posisi tangan dan kaki hampir mirip pada posisi gaya renang bebas. Kedua tangan diayunkan menjauh ke arah depan secara bergantian dan kaki diayunkan/dicambukkan ke arah atas dan bawah secara bergantian.

Salah satu perbedaan gaya renang punggung dengan gaya renang yang lain adalah ketika memulai/start perlombaan renang. Jika pada gaya renang yang lain masing-masing perenang memulai start di atas balok start, maka pada perlombaan renang gaya punggung masing-masing perenang langsung memulai start dari dalam kolam.

Pada saat start masing-masing perenang akan memegang besi pegangan atau ujung kolam, lalu kedua lutut ditekuk di antara kedua tangan. Dan telapak kaki yang menempel atau bertumpu di dinding kolam.

Please rate this

Leave a Reply