50 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Kolam Ikan Minimalis – Keberadaan kolam ikan minimalis dalam lingkungan rumah merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi beberapa orang. Kini, kolam ikan tidak hanya dijadikan sebagai desain eksterior rumah saja, tetapi banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari kolam ikan minimalis.

Apa saja manfaat lain dari kolam ikan selain sebagai desain eksterior rumah? Kolam ikan bisa menjadi tempat kita untuk merelaksasi tubuh (refreshing) untuk beberapa saat untuk menghilangkan penat dari kegiatan rutin harian kita.

Selain itu, kolam ikan bisa kita jadikan sebagai spot atau tempat berkumpulnya keluarga. Dengan suasana kolam ikan yang menyegarkan, berkumpul dengan keluarga di area kolam ikan membuat suasana semakin harmonis dan menyenangkan.

Memang, kolam ikan bisa menjadi alternatif lain tempat berkumpul selain ruang keluarga, ruang tamu, maupun ruang makan. Oleh karena itu, ada baiknya ketika kita berencana untuk membuat kolam ikan minimalis di rumah, kita juga merencanakan untuk membuat bangunan yang bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul. Misalnya, pendopo atau taman kecil.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tips-tips membuat kolam ikan minimalis di rumah serta gambar dan foto kolam ikan minimalis yang bisa jadi inspirasi kita semua. 🙂

Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis di Luar Rumah

 

Sebelum kita membuat kolam ikan yang akan kita taruh di area rumah kita, ada baiknya kita memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar kolam ikan yang kita buat menjadi lebih baik dan tidak mengecewakan nantinya.

Berikut ini 5 tips membuat kolam ikan minimalis yang bisa menjadi acuan dan rujukan bagi para pembaca yang berencana untuk membangun kolam ikan minimalis.

BACA JUGA:  Bagaimana Sih Cara Membuat Doodle Art yang Keren?

1. Menentukan Desain Kolam Ikan

Desain Kolam Ikan Minimalis

Kolam Ikan Minimalis (via drawhome.com)

Tips yang pertama adalah menentukan desain yang akan kita gunakan dalam membuat kolam ikan ini. Desain merupakan salah satu komponen yang penting dalam perencanaan ini karena jangan sampai kita tidak suka dengan desain kolam ikan setelah sudah selesai dibangun.

Terdapat banyak desain kolam ikan yang dapat kita ambil dan contoh untuk kita bangun nantinya. Tetapi, kita harus memperhatikan hal-hal seperti ukuran serta bentuk rumah kita. Karena jangan sampai ketika kita mengambil satu contoh desain kolam ikan ternyata desain tersebut tidak cocok dengan ukuran dan bentuk rumah kita.

Jika kita terlalu pusing dengan banyaknya contoh desain kolam ikan yang bisa dipilih, desain kolam ikan standar dengan bentuk kotak bisa menjadi pilihan yang bagus juga. Karena ukurannya yang tidak terlalu rumit dan mungkin bisa mengemat biaya.

Meskipun berbentuk kotak, bukan berarti desain kolam ikan berbentuk kotak tidak seindah dengan desain kolam ikan lainnya. Kita bisa berkreasi menambahkan aksesoris atau interior lainnya untuk makin mempercantik desain kolam ikan berbentuk kotak.

 

2. Menentukan Besar Ukuran Kolam Ikan

Desain Kolam Ikan Minimalis Memilih Ukuran Kolam Ikan

Menentukan Besar Ukuran Kolam Ikan (via azurabro.com)

Tips yang kedua setelah kita sudah menentukan desain kolam ikan adalah menentukan besar ukuran kolam ikan. Menentukan ukuran kolam ikan merupakan salah satu hal yang penting seperti menentukan desain kolam ikan, karena jangan sampai nantinya kolam ikan yang telah dibuat ternyata tidak pas atau cocok dengan ukuran dan bentuk rumah kita.

Usahakan memiliki ukuran yang sesuai dengan rumah kita. Selain itu, pemilihan tempat atau lokasi juga sangat penting dalam mengukur besar ukuran kolam ikan nantinya. Sebaiknya kita juga memperhatikan ukuran ruangan rumah kita yang lain sehingga nantinya kita dapat membuat kolam ikan yang terbaik.

3. Pilih Bahan Pembuatan Kolam Ikan

Tips yang ketiga adalah memilih bahan pembuatan/material untuk kolam ikan kita nantinya. Mungkin kendalanya adalah ketika kita tidak tahu bahan apa yang terbaik untuk kolam ikan kita, sebaiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang-orang yang sudah ahli dalam membuat kolam ikan.

BACA JUGA:  Ini Dia Cara Merawat Kelinci Kamu agar Tetap Sehat dan Bersih

Pemilihan bahan ini sangat penting dalam pembuatan kolan ikan. Karena jangan sampai nantinya terdapat kekurangan, kerusakan, atau kecacatan karena pemilihan bahan kolam ikan yang salah. Pemilihan bahan yang salah juga nantinya bisa merepotkan kita ketika kolam ikan kita sering mengalami kerusakan dan harus diperbaiki secara berkala.

Ketika kita sudah berhasil memilih bahan untuk membuat kolam ikan yang cocok dan terbaik, kemungkin kolam ikan kita nantinya akan terhindar dari masalah-masalah seperti bocornya kolam, kolam cepat menjadi kotor, atau tercemarnya air sehingga membuat ikan menjadi mati.

4. Perawatan Kolam Ikan Minimalis

Filter Kolam Ikan Minimalis

Filter Kolam Ikan Minimalis (via koilovers.com)

Tips yang keempat adalah tips ketika kolam ikan kita sudah selesai dibangun dan digunakan. Sebisa mungkin kita melakukan perawatan rutin secara berkala. Perawatan ini dilakukan agar kolam ikan kita selalu terlihat bersih, rapi, dan pastinya ikan yang berada di dalam kolam selalu sehat.

Dalam melakukan perawatan kolam ikan sebaiknya kita menggunakan beberapa alat tambahan sehingga mempermudah kita dalam melakukan perawatan kolam ikan. Alat-alat tambahan tersebut utamanya membantu ikan atau makhluk hidup yang berada di dalam kolam tidak mudah terjangkit penyakit karena air kolam yang kotor.

Filter Air Kolam Ikan Minimalis

Filter Air Kolam Ikan Hias (via jwaterfilter.com)

Salah satu alat tambahan tersebut adalah filter air. Filter air ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat di dalam kolam ikan. Sehingga air kolam tetap terjaga bersih dan kejernihannya sehingga air tidak cepat kotor dan bisa mengurangi kadar oksigen di dalam kolam.

Pastikan kita menggunakan filter air atau alat tambahan lain yang sesuai dengan ukuran kolam ikan kita agar fungsi dari filter air tersebut menjadi lebih maksimal. Jika kolam ikan kita kecil filter air yang dibutuhkan mungkin hanya satu dan kecil, tetapi jika kolam ikan kita besar atau banyak pastinya kita membutuhkan filter air yang lebih banyak lagi.

5. Tentukan Ikan Hias yang Akan Dimasukkan Ke Dalam Kolam Ikan

Tips yang terakhir adalah memilih dan menentukan ikan/ikan hias apa yang akan kita masukkan ke dalam kolam ikan. Jika kita bingung memilih ikan hias apa, bisa kita mencari di internet atau menanyakan kepada orang yang ahli kira-kira ikan hias apa yang cocok dengan kolam ikan di rumah kita.

BACA JUGA:  40 Jenis dan Gambar Ikan Koi yang Paling Populer di Indonesia

Ketika kita sudah memilih dan menentukan ikan hias yang akan kita taruh di kolam ikan berarti kita harus siap untuk merawat ikan hias tersebut. Jangan sampai kita membiarkan ikan-ikan tersebut.

Kolam Ikan Komet

Ikan Komet (via bibitikan.net)

Kolam Ikan Arwana

Ikan Arwana (via pernikdunia.com)

Jika kita tetap ingin memiliki dan memelihara ikan hias di dalam kolam tersebut tetapi tidak memiliki pengetahuan cara memelihara ikan dalam kolam yang banyak, sebaiknya kita memiliki jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara atau memiliki daya tahan yang kuat.

Berikut ini beberapa ikan hias yang bisa kita pilih untuk dipelihara di dalam kolam ikan serta mudah dan memiliki daya tahan yang kuat:

  • Ikan Nila.
  • Ikan Komet.
  • Ikan Arwana

Video Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

50 Inspirasi Desain Gambar Kolam Ikan Minimalis

Desain Kolam Ikan Minimalis Bawah Jembatan

via drawhome.com

Desain Kolam Ikan Minimalis Koi

via desainic.com

Desain Kolam Ikan Minimalis Halaman Belakang

via pinterest.com

Desain Kolam Ikan Minimalis dalam Rumah

inspirasidesainrumah.com

Desain Kolam Ikan Minimalis Belakang Rumah

akuariumhias.blogspot.com

Please rate this

One Response

  1. Jual Kavling Tanah Murah 12 November 2016

Leave a Reply