9 Fakta Tahun Kabisat yang Unik dan Menarik

Tahun Kabisat – Tidak terasa tahun ini kita sudah bertemu kembali dengan tahun kabisat, atau dikenal juga dengan sebutan Leap Year. Ya, tahun 2016 termasuk ke dalam tahun kabisat.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan tahun kabisat?

Tahun kabisat adalah tahun di mana jumlah hari dalam rentang waktu satu tahun adalah 366 hari. Jadi pada tahun kabisat terdapat penambahan satu hari tidak seperti tahun-tahun biasa. Penambahan satu hari itu ditambahkan pada bulan Februari sehingga kita akan melihat jumlah hari pada bulan tersebut adalah 29 hari, bukan 28 hari. Ini untuk tahun masehi, sedangkan ada beberapa penanggalan atau kalender yang menambahkan satu hari tersebut bukan pada bulan Februari.

Lalu, kenapa bisa sampai ada tahun kabisat dan penambahan satu hari dalam satu tahun?

Karena untuk menyesuaikan dengan tahun astronomi (Astonomical Algorithims). Sebenarnya, dalam satu tahun itu tidak genap terdapat 365 hari, tapi yang tepat 365,25 hari. Oleh karena itu, setiap empat tahun sekali (atau pada tahun-tahun yang habisa dibagi oleh 400) terdapat satu hari berlebih yang membuat di tiap tahun kabisat jumlah hari dalam satu tahun di tambah satu menjadi 366 hari.

Karena hal inilah muncul banyak fakta-fakta menarik dan unik mengenai tahun kabisat. Apa saja hal tersebut?

Berikut fakta tahun kabisat yang unik dan menarik yang dikutip dari CNN Indonesia dan beberapa sumber lainnya.

1. Tahun Kabisat Sebenarnya Tidak Muncul Setiap 4 Tahun Sekali

Tahun Kabisat Tidak Muncul Setiap 4 Tahun Sekali.

Eric Rothermel | Unsplash.com

Mungkin kita mengira persyaratan munculnya tahun kabisat adalah ketika tahun tersebut habis dibagi angka empat. Padahal, ada persyaratan lebih tepat yang bisa membuat tahun dikatakan sebagai tahun kabisat.

Pertama, jika angka tahun tersebut habis dibagi angka 400, maka tahun tersebut merupakan tahun kabisat.

Kedua, jika angka tahun tersebut tidak habis dibagi angka 400, tetapi habis dibagi angka 100, maka tahun tersebut bukanlah tahun kabisat.

Ketiga, jika angka tahun tersebut tidak habis dibagi angka 400, tidak habis dibagi angka 100, tetapi habis dibagi angka 4, maka tahun tersebut merupakan tahun kabisat.

Keempat, jika angka tahun tersebut tidak habis dibagi angka 400, tidak habis dibagi angka 100, dan tidak habis dibagi angka 4 juga, maka tahun tersebut bukanlah tahun kabisat.

2. Baru Muncul di Tahun 1582

Kalender Gregorian.

history.sciencesource.com

Ya, perhitungan tahun kabisat ini tidak muncul sejak tahun 1 Masehi, melainkan baru ada di tahun 1582 Masehi, ketika penanggalan berdasarkan Kalender Gregorius atau Kalender Gregorian dipakai. Kalender Gregorian merupakan kalender masehi yang digunakan hingga kini.

3. Kemungkinan Lahir Pada Tanggal 29 Februari adalah 1:1.461

Kelahiran Tanggal 29 Februari

Giu Vicente | Unplash.com

Kira-kira, bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari pada tahun-tahun selain kabisat merayakan ulang tahun pada tanggal 28 Februari atau 1 Maret yah?

Beberapa orang yang lahir di tanggal ini biasanya mengasumsikan jika mereka lahir sebelum siang hari maka mereka akan merayakan hari ulang tahun mereka pada tanggal 28 Februari dan yang lahir setelah siang hari akan merayakan hari ulang tahun mereka pada tanggal 1 Maret tiap tahun selain kabisat.

Menurut penelitian kemungkinan bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari pada tahun kabisat adalah satu banding 1.461 bayi. Mereka yang lahir pada tanggal tersebut biasa disebut dengan “leaplings” atau “leapers“.

4. Wanita Boleh Melamar Pasangan Mereka di Tanggal Ini

Wanita Boleh Melamar Pasangannya

Ezra Jeffrey | Unsplash.com

Pada zaman dahulu di Irlandia, tepatnya di abad ke-lima, terdapat tradisi yang unik dimana wanita diperbolehkan untuk melamar kekasihnya pada tanggal 29 Februari, ketika tahun kabisat tiba.

Hal ini dipicu ketidaksabaran St. Bridget. Dia mengajukan mosi pada St. Patrick, karena merasa kaum laki-laki membutuhkan waktu terlalu lama untuk melamar kekasih mereka. Oleh karena itu, St. Patrick memberi waktu satu hari di tanggal 29 Februari bagi wanita untuk melamar pujaan hati mereka.

Legenda menyebut, di hari itu Bridget langsung menekuk satu lutut dan melamar Patrick. Sayangnya, Patrick menolak. Dia mencium Bridget di pipi dan memberinya gaun sutra. (Sumber: CNN Indonesia)

5. Menikah di Tanggal 29 Februari Akan Mendapatkan Sial

Menikah di Tanggal 29 Februari Tahun Kabisat.

Clayton Heath | Unsplash.com

Berbeda dengan fakta sebelumnya, di negara Yunani warga, baik pria maupun wanita, enggan untuk menikah di hari tersebut.

Karena mereka percaya dan menganggap mitos yang mengatakan bahwa tanggal tersebut merupakan hari yang sial, sehingga jika mereka menikah di tanggal tersebut kemungkinan untuk bercerai atau mengalami hal-hal buruk lainnya sangat besar.

Selain itu, di Italia beberapa warga juga percaya tanggal 29 Februari merupakan hari yang akan membawa sial dan jangan menikah di hari itu. Sampai ada istilah atau peribahasa Italia yang mengatakan ‘Anno bisesto, anno funesto’, yang artinya ‘Tahun kabisat, tahun sial’.

6. Tanggal 29 Februari Akan Mendatangkan Cuaca Buruk

Tahun Kabisat Mendatangkan Badai

Lucy Chian | Unsplash.com

Tidak jauh berbeda dengan di Yunani dan Italia, para petani di negara Rusia dan peternah Skotlandia percaya mitos bahwa tanggal 29 Februari merupakan hari yang sial.

Bagi petani tanggal 29 Februari akan mendatangkan cuaca yang buruk dan mereka percaya bahwa tanaman yang ditumbuh pada hari tersebut akan tumbuh ke arah yang salah.

Dan di Skotlandia terdapat istilah atau peribahasa kuno yang mengatakan bahwa tahun kabisat bukanlah tahun yang baik untuk mengembangkan ternak (beternak).

7. Merayakan Ulang Tahun Tanggal 28 Februari atau 1 Maret

Merayakan Ulang Tahun di Tahun Kabisat.

Stephanie McCabe | Unsplash.com

Jika pada poin 3 disebutkan para ‘leapers‘ boleh dengan bebas merayakan kapan mereka ulang tahun di tahun selain kabisat, maka di dua negara ini para ‘leapers‘ sudah diatur tanggal ulang tahun resmi mereka.

Di negara Hong Kong para bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari ini memiliki hari ulang tahun yang resmi pada tanggal 1 Maret, sedangkan di negara New Zealand para ‘leapers‘ merayakan hari ulang tahun mereka pada tanggal 28 Februari.

8. Beberapa Sejarah Terkenal yang Terjadi di Tahun Kabisat

Tenggelamnya Kapal Titanic.

wikipedia.org

Peristiwa-peristiwa penting jaman dahulu yang kini telah menjadi sejarah yang terkenal di seluruh dunia terjadi pada tahun kabisat.

Peristiwa yang pertama yaitu tenggelamnya kapal Titanic, tenggelam pada tahun 1912.

Lalu, peristiwa kedua ketika Benjamin Franklin berhasil membuktikan bahwa petir merupakan listrik, tahun 1752.

9. Memiliki 3 Anak yang Semuanya Lahir di Tanggal 29 Februari!

Bayi Lahir tiap Tahun Kabisat

Mindy Olson P. | Unsplash.com

Ya, peristiwa ini di alami oleh keluarga Henriksen yang berasal dari Norwegia.

Karen Henriksen, melahirkan 3 anaknya pada tanggal yang sama, 29 Februari!

Anaknya yang pertama, Heidi, lahir di tahun 1960. Lalu, anak yang kedua, Olav, lahir pada tahun 1964. Dan si bungsu, Leif-Martin, lahir 4 tahun kemudian.

Menarik? 🙂

 

Please rate this

Leave a Reply