Contoh Asam Kuat, Asam Lemah, Basa Kuat & Basa Lemah dalam Kehidupan

Contoh Asam Kuat – Di dalam kehidupan kita di dunia, terdapat beberapa zat atau senyawa yang dapat menimbulkan rasa masam (asam) pada berbagai macam materi. Juga terdapat zat atau senyawa yang dapat menetralkan zat (senyawa) asam dan memiliki sifat yang berlawanan.

Ya, zat atau senyawa tersebut adalah asam dan basa. Pada artikel kali ini kita akan membahas seluk beluk asam dan basa, mulai dari pengertiannya, contoh asam kuat, contoh basa kuat, dan indikator asam basa.

A. Asam

Contoh Asam Kuat

haikudeck.com

Kata “asam” di ambil dari bahasa Latin yaitu “acidus” yang memiliki arti masam atau asam. Asam sendiri merupakan zat atau nyawa yang dapat menyebabkan (menciptakan) rasa masam dalam berbagai materi.

Di bawah ini adalah tabel beberapa contoh asam (contoh asam kuat) dan dimana saja materi keberadaannya bisa kita temukan.

Asam Materi Keberadaan
Asam Asetat Cuka
Asam Askorbat Buah-buahan
Asam Fosfat Bahan pupuk, cat anti karat
Asam Karbonat Minuman soda (Coca Cola, Fanta, Sprite, dll.)
Asam Klorida Cairan di dalam lambung
Asam Laktat Susu yang sudah menjadi asam
Asam Sitrat Buah Jeruk
Asam Sulfat Bahan pupuk, aki

 

Lalu, asam juga dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bagaimana asal terbentuknya, yang pertama adalah asam organik dan yang kedua adalah asam mineral.

1. Asam Organik

Contoh Asam Kuat dan Asam Organik

http://tipshidupsehat.net/

Yang pertama, yaitu asam organik. Asam organik merupakan asam yang bisa kita peroleh secara alami di dalam tumbuhan maupun hewan.

Berikut ini adalah contoh tumbuhan yang dapat menghasilkan asam.

  1. Buah jeruk dan lemon. Di dalam buah jeruk maupun lemon kita bisa menemukan salah satu asam yaitu asam sitrat yang dapat menyebabkan rasa asam atau masam pada buah tersebut.
  2. Buah apel dan pir. Di dalam buah apel maupun pir kita bisa menemukan salah satu asam yaitu asam maleat. Asam maleat inilah yang menyebabkan rasa apel dan pir menjadi masam.
  3. Buah anggur. Di dalam buah anggur kita bisa menemukan contoh asam yang membuat rasa anggur menjadi masam, yaitu asam tartrat.
  4. Minuman alkohol dari buah anggur juga dapat ditemukan contoh asam yang dihasilkan dari proses pembuatan alkohol itu sendiri, yaitu asam asetat (CH3COOH).
  5. Styrax. Di dalam tanaman genus Styrax kita bisa menemukan contoh asam, yaitu asam benzoat.

Selain asam organik yang bisa diperoleh dari tanaman atau tumbuhan, asam organik juga dapat ditemukan di dalam hewan maupun tubuh manusia.

Berikut ini adalh contoh hewan maupun bagian tubuh manusia yang dapat menghasilkan asam.

  1. Di dalam lambung kita bisa menemukan salah satu asam yang dapat membantu dalam mencerna makanan yang kita makanan, yaitu asam klorida (HCl).
  2. Pada binatang semut kita juga bisa menemukan asam yang dapat berfungsi sebagai pertahana diri dalam menghadapi serangan hewan lain, yaitu asam formiat (HCOOH).
  3. Pada binatang lebah kita bisa menemukan asam yang terdapat di dalam sengatannya. Oleh karena itu, sengatan dari lebah bisa menyebabkan rasa sakit di kulit disebabkan adanya zat asam tersebut.
  4. Pada beberapa bakteri juga bisa ditemukan asam asetat yang dihasilkan oleh bakteri itu sendiri.

2. Asam Mineral

Contoh Asam Kuat dan Asam Mineral

tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, asam mineral merupakan asam yang berasal dan dapat diperoleh dari mineral.

Beberapa contoh dari asam yang berasal dari mineral adalah:

  • Asam Fosfat (H3PO4)
  • Asam Klorida (HCl)
  • Asam Nitrat (HNO3)
  • Asam Sulfat (H2SO4)

B. Kekuatan Asam

Dilihat dari kuat serta lemahnya asam, maka asam dapat dibagi menjadi dua, yaitu asam kuat dan asam lemah.

Kuat dan lemahnya asam tersebut ditentukan berdasarkan jumlah ion hidrogen yang terionisasi dalam suatu larutan.

Asam kuat ialah asam yang banyak menghasilkan air di dalam larutannya (asam yang terionisasi sempurna dalam larutannya). (Contoh asam kuat akan dibahas di bawah)

Sedangkan asam lemah adalah asam yang hanya sedikit menghasilkan ion di dalam larutannya (asam yang terionisasi dalam larutan hanya sebagiannya.

Konsentrasi larutan juga berkaitan dengan banyaknya zat yang terlalut di dalam suatu volume pelarut tertentu. Semakin banyak zat yang terlarut, maka konsentrasi larutan itu pun akan semakin tinggi dan pekat.

Pada larutan yang encer akan terdapat sejumlah kecil zat terlalur di dalam pelarutnya. Untuk menyatakan konsentrasi larutan pada umumnya menggunakan istilah molar (M).

C. Contoh Asam Kuat

Di bawah ini adalah tabel contoh asam kuat.

No Rumus asam Nama asam Reaksi ionisasinya Jumlah ion H+ Sisa asam
1 HBr Asam bromida HBr→H++Br 1 Br
2 HI Asam iodida HI→H++I 1 I
3 HNO3 Asam nitrat HNO3→H++NO3 1 NO3
4 HClO3 Asam klorat HClO3→H++ClO3 1 ClO3
5 HClO4 Asam perklorat HClO4→H++ClO4 1 ClO4
6 H2SO4 Asam sulfat H2SO4→2H++SO42- 2 SO42-
7 HIO3 Asam iodit HIO3→H++IO3 1 IO3
8 HBrO3 Asam bromit HBrO3→H++BrO3 1 BrO3
9 HBrO4 Asam perbromat HBrO4→H++BrO4 1 BrO4
10 HIO4 Asam periodat HIO4→H++IO4 1 IO4
11 HCl Asam klorida HCl→H++Cl 1 Cl

D. Contoh Asam Lemah

Di bawah ini adalah tabel contoh asam lemah.

No

Rumus asam Nama asam Reaksi ionisasinya Jumlah ion H+

Sisa asam

1 CH3COOH Asam asetat CH3COOH→H++CH3COO 1 CH3COO
2 HF Asam fluorida HF→ H++F 1 F
3 HCN Asam sianida HCN→ H++CN 1 CN
4 H2S Asam sulfida H2S→2 H++S2- 2 S2-
5 H2SO3 Asam sulfit H2SO3→2 H++SO32- 2 SO32-
6 C6H5COOH Asam benzoat C6H5COOH→ H++C6H5COO 1 C6H5COO

E. Basa

Jika tadi kita sudah membahas tentang asam, kali ini kita akan membahas ‘lawan’ dari asam, yaitu basa. Jadi, apa itu basa?

Basa merupakan zat atau senyawa yang bisa bereaksi dengan zat asam dan menghasilkan senyawa yang kita sebut dengan garam.

Basa ialah zat atau senyawa yang dapat menetralkan sifat asam. Oleh karena itu, secara kimia basa dengan asam itu saling berlawanan.

Basa yang dapat larut di dalam air disebut dengan istilah alkali. Jikalau zat asam menghasilkan ion hidrogen (H+) yang muatannya positif, maka dalam hal ini basa jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidroksida (OH-)

Berdasarkan pengertian tadi, ketika suatu zat atau senyawa basa dilarutkan ke dalam air, maka nanti akan terbentuk ion hidroksida (OH-) dan ion positif menurut reaksi à Ion hidroksida (OH-) terbentuk karena senyawa hidroksida (OH) akan mengikat satu elektron ketika dimasukkan ke dalam air.

Sifat basa umumnya ditunjukkan dari rasanya yang pahit serta terasa licin. Salah satu contoh dari basa adalah basa.

Basa yang dapat larut di dalam air disebut dengan alkali. Beberapa hewan ternyata juga dapat menghasilkan basa sebagai bentuk pertahanan diri dari serangan hewan yang lainnya. Contohnya adalah sengatan dari tawon.

Di bawah ini adalah tabel beberapa basa dan dimana saja materi keberadaannya bisa kita temukan.

Basa Materi Keberadaan
Alumunium Hidroksida (Al(OH)3) Obat maag
Ammonia (NH3­) Bahan pembuatan pupuk, bahan untuk pemutih
Kalsium Hidroksida (KOH) Sabun untuk mandi
Magnesium Hidroksida (Mg(OH)2) Obat maag
Natrium Hidroksida (NaOH) Sabun untuk cuci

 

D. Garam

Bahasan selanjutnya adalah garam. Ya, garam masih berhubungan juga dengan asam dan basa. Karena garam adalah suatu zat atau senyawa yang terbentuk karena adanya reaksi antara asam dan basa.

Reaksi antara asam dengan basa tersebut dikenal juga dengan sebutan reaksi netralisasi. Garam yang dihasilkan dari reaksi netralisasi tadi nantinya bisa bersifat asam, basa, atau netral.

Jika dilihat dari sifatnya, garam bisa kita bedakan menjadi 3 jenis, yang pertama garam netral, yang kedua garam asam, dan yang terakhir garam basa.

1. Garam Netral

Garam netral merupakan garam yang terbentuk dari asam kuat dengan asam basa. Garam ini sesuai namanya bersifat netral dan mempunya pH mendekati tujuh (pH=7). Contoh dari garam netral adalah: KCl, KBr, K2So4, MgSO4, NaBr, NaCl, dan NaNO3.

2. Garam Asam

Garam yang selanjutnya adalah garam asam. Garam asam ini merupakan garam yang terbentuk dari asam kuat dan basa lemah. Garam ini sesuai namanya bersifat asam dan mempunyai pH di bawah tujuh (pH<7). Contoh dari garam asam adalah: NH4Cl, NH4NO3, dan (NH4)2SO4.

3. Garam Basa

Garam yang terakhir adalah garam basa. Garam basa ini merupakan garam yang terbentuk dari basa kuat dan asam lemah. Garam ini sesuai namanya bersifat basa dan mempunyai pH di atas tujuh (pH>7). Contoh dari garam basa adalah: BaCO3, CH3COONa, NaCN, KCN, K2CO3, dan KF.

Di bawah ini adalah tabel beberapa garam dan dimana saja materi keberadaannya bisa kita temukan.

Garam Materi Keberadaan
Natrium Klorida (NaCl) Garam dapur
Natrium Karbonat (Na2CO3) Bahan-bahan untuk alat pembersih
Natrium Hidrogen Karbonat (NaHCO3) Soda kue
Ammonia (NH3) Pestisida

Itu dia artikel mengenai contoh asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah di dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat. 🙂

Please rate this

Leave a Reply