30+ Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung Tubuh Kita

Cara Menjaga Kesehatan Jantung – Salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita adalah jantung. Denyut jantung tiap detiknya menandakan manusia masih hidup. Sedangkan ketika jantung sudah tidak berdenyut itu berarti manusia tersebut sudah mati.

Jantung berdenyut dikarenakan organ tersebut bekerja dan berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Nantinya darah yang dipompa oleh jantung keseluruh tubuh tersebut bertugas untuk mentransportasikan darah yang mengandung oksigen.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

doctoroz.com

Oleh karena fungsinya yang sangat vital, menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Tetapi, data-data kesehatan menunjukkan bahwa penderita penyakit jantung mulai meningkat terutama di daerah atau negara berkembang dan miskin.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Salah satu penyebab utamanya adalah pola atau gaya hidup masyarakat, terutama generasi muda, yang kurang baik dan sehat.

Kita bisa melihat banyak orang yang kurang memperhatikan pola tidur (sering bergadang, tidur di pagi hari, dll.) dan pola makan (sering memakan junk food, mengonsumsi alkohol, makan tidak teratur, dll.). Padahal, dua hal tersebut menjadi penyebab munculnya penyakit jantung.

Dan yang perlu digaris bawahi, penyakit jantung tidak hanya menyerang orang-orang yang sudah menginjak masa tua (berumur) tetapi juga banyak menyerang remaja dan dewasa muda.

Lagi-lagi dikarenakan tidak memperhatikan pola hidup sedari kecil. Padahal jika kita sudah mengetahuinya maka kita bisa melakukan cara menjaga kesehatan jantung sejak dini yang nantinya berimbas positif untuk masa tua nanti.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung serta penyakit-penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi produktivitas kita?

A. Penyebab Kesehatan Jantung Terganggu

Sebelumnya, kita harus mengetahui apa saja penyebab yang mengakibatkan kita terkena penyakit jantung (kesehatan jantung menjadi terganggu) setelah itu kita mencari cara menjaga kesehatan jantung yang mudah untuk dilakukan.

1. Sering Mengonsumsi Junk Food

giphy.com

giphy.com

Mengonsumsi junk food dalam jumlah banyak dan intensitas yang sering bisa mengakibatkan kesehatan jantung kita terganggu.

Makanan junk food seperti ayam goreng (fried chicken), kentang gorend (french fries), bisa menjadi penyebab tersumbatnya pembuluh darah. Hal tersebut mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat dan membuat kesehatan jantung menjadi terganggu.

Konsumsi junk food dalam jumlah yang berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi Vico Bagoes.

2. Obesitas (Terlalu Gemuk)

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas juga menjadi salah satu penyebab kesehatan jantung kita menjadi terganggu.

Hal ini dikarenakan lemak-lemak yang berada di dalam tubuh kita bisa menghambat serta menghalangi kinerja dari jantung.

Selain itu, hampir sama dengan poin yang pertama banyaknya lemak dalam tubuh, terutama lemak jahat, dapat mempersempit dan mengganggu aliran darah dalam pembuluh darah.

Hal tersebut dapat memunculkan penyakit jantung.

3. Aktivitas Merokok

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tidak Merokok

label-design.co.uk

Merokok ternyata juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit jantung di dalam tubuh kita. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, rokok memang lebih banyak menimbulkan efek negatif untuk kesehatan tubuh kita.

Karena, kandungan racun di dalam rokok yang mengakibatkan rusaknya beberapa organ, salah satunya adalah organ jantung.

Memang, efek yang muncul dari aktivitas merokok ini tidak langsung terlihat dan muncul begitu saja. Seringkali efek negatif dari rokok muncul setelah bertahun-tahun merokok. Dan efek yang ditimbulkan langsung berefek besar dan parah.

Meskipun ada juga kejadian-kejadian yang memperlihatkan efek negatif rokok secara cepat dan langsung.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi hingga menghilangkan kebiasaan merokok. Dan bagi yang belum pernah merokok, jauhi rokok dan jangan pernah sekali-kali untuk merokok bahkan untuk sekadar mencobanya.

4. Meminum Alkohol

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tidak Minum Alkohol

mtnweekly.com

Selain merokok, kebiasaan meminum alkohol bisa menjadi penyebab kesehatan jantung kita terganggu. Apalagi ketika kita sudah mengonsumsi dalam waktu yang cukup lama dan intensitas yang sering.

Mengapa meminum alkohol (terutama dalam jumlah banyak) dapat menyebabkan penyakit jantung?

Karena alkohol dapat melemahkan otot yang berada di dalam jantung. Ketika otot tersebut melemah, secara otomatis jantung akan sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Hal tersebut dapat menyebabkan kematian dini dan gagal jantung. Hal ini dikenal juga dengan istilah kardiomiopati.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi dan menghilangkan kebiasaan untuk mengonsumsi dan minum alkohol baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

5. Tidak Pernah/Jarang Berolahraga

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Cara Rutin Berolahraga

giphy.com

Kegiatan olahraga selain bisa untuk menghilangkan penat juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Olahraga tidak perlu yang memberatkan tubuh kita, melakukan aktivitas olahraga ringan tetapi dilakukan secara rutin merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh terutama organ jantung kita.

Salah satu penyebab orang terkena penyakit jantung karena jarang berolahraga. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti lari kecil (jogging) minimal selama 30 menit sebanyak minimal 3 kali dalam satu minggu.

Selain itu olahraga yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan jantung dan paru-paru adalah senam dan yoga.

6. Stres yang Berlebihan

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menghindari Stres Berlebihan

giphy.com

Siapa bilang penyebab penyakit jantung hanya berasal dari hal yang bersifat fisik saja. Penyebab dari mental pun juga bisa menimbulkan penyakit jantung.

Faktanya, kondisi stres dan beban mental juga mempunyai porsi dalam penyebab penyakit jantung bagi masyarakat di seluruh dunia.

7. Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi serta penyalahgunaan obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan jantung kita menjadi tidak sehat. Obat-obatan apa saja yang dapat berefek negatif untuk kesehatan jantung kita?

Obat-obatan yang berfungsi untuk menstimulus saraf otak seperti sabu-sabu (amphetamine), ekstasi (methamphetamine), dan kokain dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah koroner.

Karena pembuluh darah koroner menyempit mengakibatkan tekanan darah meningkat serta menghambat pasokan darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya serangan jantung.

8. Waktu Tidur yang Tidak Teratur

Kurang tidur, sering bergadang, dan kelainan pola tidur merupakan salah satu penyebab jantung menjadi terganggu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Warwick University, disebutkan bahwa tidur pada malam hari selama kurang dari 6 jam meningkatkan risiko kematian dikarenakan penyakit jantung hingga 50 persen.

Selain itu, aktivitas bergadang/begadang juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Ini dikarenakan bergadang dapat mengakibatkan gangguan toleransi glukosa yang nantinya menyebabkan diabetes serta tekanan darah tinggi.

B. Gejala Awal Penyakit Jantung

Gejala Awal Kesehatan Jantung Terganggu

tradisioanal-obat.blogspot.co.id

Berikut ini beberapa daftar ciri-ciri dari gejala awal munculnya penyakit jantung di dalam tubuh kita.

– Jantung berdenyut terlalu cepat atau terlalu pelan.
– Jantung berdenyut secara tidak beraturan.
– Merasa sakit pada bagian bahu, leher, dan pinggang.
– Mudah lelah/capek.
– Mudah mengantuk.
– Sering sesak nafas.
– Timbulnya rasa gelisah yang berlebihan.
– Merasakan rasa sakit (seperti ditekan) dan nyeri di bagian dada.

C. Makanan dan Buah untuk Kesehatan Jantung

Buah untuk Kesehatan Jantung

medicaltransformationcenter.com

Penyakit jantung bisa kita cegah dan kita hindari. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan yang sehat sehingga jantung bisa terhindar dari penyakit-penyakit berat nantinya.

Berikut ini daftar makanan dan buah yang digunakan sebagai cara menjaga kesehatan jantung yang bisa kita mulai praktikkan untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Minyak Ikan
2. Oats
3. Biji-bijian
4. Kacang-kacangan
5. Buah Pisang
6. Buah Jeruk
7. Buah Semangka
8. Madu
9. Coklat Hitam
10. Sayuran Hijau
11. Bawang Putih
12. Teh Hitam dan Teh Hijau
13. Air Putih
14. Jagung Kering
15. Ikan Sarden
16. Kuning Telur
17. Kopi Hitam
18. Kismis
19. Yoghurt
20. Buah Alpukat
21. Buah Apel
22. Buah Tomat
23. Buah Nanas
24. Biji Chia
25. Kacang Merah
26. Brokoli
27. Kacang Almond
28. Buah Stroberi
29. Buah Mengkudu
30. Kelapa Tua
31. Bayam Merah
32. Minyak Zaitun
33. Kacang Hijau
34. Buah Delima
35. Beras Merah

Please rate this

Leave a Reply