7+ Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Cara Menghemat Listrik – Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengapa? Karena banyak kegiatan yang mengharuskan adanya listrik dalam penggunaannya.

Tidak hanya untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan saja, tetapi masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan pun kini juga membutuhkan daya listrik di daerahnya.

Apalagi di era sekarang di mana banyak sekali alat serta teknologi yang membutuhkan listrik, contohnya gadget/gawai. Gadget-gadget seperti handphone dan laptop kini sudah menjadi alat yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Cara Menghemat Listrik

Oleh karena itu, penggunaan listrik menjadi salah satu hal yang krusial dalam hidup kita. Daya listrik yang kita gunakan pun juga harus kita perhatikan dengan saksama. Agar daya listrik yang kita pakai tidak berlebihan, efektif, serta efisien.

Mengapa kita harus memakai listrik secara efektif dan efisien (tidak berlebihan)? Yang pertama untuk menghemat daya listrik yang diberikan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Karena seperti yang kita ketahui, bahwa sumber energi dari listrik bisa dikatakan masih terbatas (terutama untuk beberapa daerah di Indonesia) dan dengan menghemat daya listrik yang kita gunakan bisa menjadi langkah bijak untuk menghemat biaya serta energi yang dikeluarkan untuk skala nasional.

Alasan yang kedua, dan ini menjadi alasan yang utama untuk kita, adalah untuk menghemat biaya yang kita bayar untuk penggunaan listrik. Karena, biaya listrik yang dipakai akan dibebankan ke masing-masing orang sesuai dengan penggunaan daya listrik harian atau bulanannya.

Oleh karena itu, jika kita bisa menggunakan listrik dengan efektif dan efisien maka secara tidak langsung kita juga menghemat dan memangkas biaya yang harus kita keluarkan untuk membayar listrik.

Lalu, bagaimana cara menghemat listrik?

A. Menghemat Biaya Listrik Rumah Tangga

Cara Hemat Listrik

vmerealty.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, listrik merupakan kebutuhan primer/utama bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Berbagai sektor dan bidang, terutama untuk sector rumah tangga menjadi sector yang menyumbang penggunaan listrik terbesar.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas 10 tips dan cara menghemat listrik rumah tangga untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak.

1. Cara Menghemat Listrik: Gunakan Listrik dengan Sistem Pulsa

Cara yang pertama kita bisa lakukan adalah dengan menggunakan listrik dengan sistem pulsa. Sejak diperkenalkan oleh PLN tahun 2012 yang lalu, sistem yang disebut juga dengan sistem prabayar (LPB/Listrik Pra Bayar) ini menjadi salah satu cara untuk menghemat penggunaan listrik rumah tangga kita.

Sekilas tentang listrik prabayar, sistem ini mengharuskan kita untuk membayar terlebih dahulu dengan cara membeli token PLN sebelum kita dapat mengisi dan menggunakan listrik dari PLN. Sistem ini pun juga disebut dengan nama listrik pintar.

Mengapa sistem listrik prabayar ini dapat menghemat penggunaan listrik kita? Berbeda dengan sistem pascabayar, kita diharuskan untuk membayar dulu kapasitas daya listrik yang akan dan kita butuhkan. Sedangkan, dalam sistem pascabayar kita akan membayar setelah kita menggunakan listrik dalam rentang waktu satu bulan.

Jadi, sistem prabayar dapat menghemat pembayaran serta penggunaan listrik karena kita sudah merencanakan akan memakai berapa kapasitas daya listrik untuk rumah kita. Pastinya kita sudah menghitung penggunaan listrik tersebut.

Dan keunggulannya kita bisa menghemat penggunaan listrik karena sebelum kita membeli token listrik dari PLN sudah memperhitungkan sesuai dengan penggunaan listrik harian dan bulanan rumah kita sendiri.
Untuk tutorial cara mengisi listrik prabayar bisa dilihat pada video di bawah ini.

2. Cara Menghemat Listrik: Cabut Peralatan/Gadget dan Kabel dari Saklar Ketika Tidak Digunakan

Cara Menghemat Listrik dan Energi dengan Mencabut Saklar

homeselfe.com

Cara yang kedua adalah cara yang cukup mudah tetapi sering kita lupakan karena lalai atau malas, yaitu mencabut segala macam peralatan listrik atau gadget dan kabel charger dari saklar ketika sudah tidak digunakan.

Apalagi ketika kita sedang mengisi daya baterai gadget (handphone, laptop, dll.), meski sudah terisi penuh terkadang kita hanya mencabut colokan charger dari gadget tetapi tidak mencabut juga dari saklar.

Padahal, bisa saja terdapat daya listrik yang tetap mengalir dang mengakibatkan listrik terbuang sia-sia. Hal ini termasuk pemborosan dan bisa mengakibatkan kita harus membayar lebih untuk tagihan listrik kita.

Jadi sebaiknya, cabut segala peralatan atau gadget serta kabel charger (pengisi daya listrik) ketika baterai sudah terisi penuh dan tidak digunakan lagi.

3. Cara Menghemat Listrik: Non-Aktifkan Alat Elektronik dan Gadget di Malam Hari

Cara Menghemat Listrik Non Aktifkan Alat Elektronik

unsplash.com

Biasanya, ketika menjelang waktu tidur kita suka lupa dan lalai untuk mematikan atau menon-aktifkan alat-alat elektronik (seperti televisi dan komputer) maupun gadget (handphone) yang tidak terpakai.

Karena, ketika tidur kita praktis tidak menggunakan alat-alat elektronik tersebut. Sehingga ketika kita tidak mematikannya bisa mengakibatkan pemborosan listrik. Bayangkan, dari waktu malam hingga pagi (rata-rata 7-8 jam) berapa banyak pemborosan daya listrik yang dikeluarkan?

Hal ini juga bisa mengakibatkan pembengkakan tagihan listrik rumah kita. Sebaiknya, sebelum kita tidur pastikan untuk mematikan seluruh alat elektronik yang tidak terpakai. Nyalakan alat elektronik yang terpakai saja seperti kipas angina atau AC.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal ini dengan cara memasang waktu/timer di televisi maupun laptop kita, sehingga ketika kita tidak sengaja tertidur alat-alat elektronik tersebut tetap bisa mati/non-aktif secara otomatis.

4. Cara Menghemat Listrik: Menggunakan AC (Air Conditioner) Sesuai Kebutuhan

Cara yang keempat adalah dengan cara memperhatikan penggunaan AC (Air Conditioner) di rumah kita. Apalagi bagi orang-orang yang sudah terbiasa memakai AC dan tidak nyaman dengan kondisi yang panas, penggunaan AC adalah hal yang sangat penting.

Tapi, perlu kita ketahui bahwa pemakaian AC menjadi salah satu penyumbang pemakaian listrik yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan kita memakai AC ketika sedang membutuhkannya saja.

Tips lain adalah kita bisa menggunakan AC dengan kapasitas daya listrik yang rendah yang kini sudah sering kita temui di toko-toko elektronik.

Selain itu, kita juga bisa membuat jadwal pemakaian AC selama berada di rumah dan bisa kita setting waktu pemakaian tersebut secara otomatis.

AC yang tidak dirawat dengan baik akan mengakibatkan rusaknya komponen-komponen penting, penggunaan listrik menjadi boros, AC bocor, dan lainya. Hal ini dikarenakan AC yang terlalu kotor, yang jika tidak dibersihkan akan berdampak pada kesehatan dan juga mengakibatkan AC menjadi cepat rusak.

AC yang dirawat dengan baik akan menghasilkan kinerja yang maksimal sehingga bisa menghasilkan kualitas udara yang baik dan menyehatkan. Sebaiknya lakukanlah service AC  dengan rutin minimal 3 bulan sekali, meskipun tidak setiap hari dipakai. Percayakanlah perawatan AC anda pada Jasa Service AC Yogyakarta.

5. Cara Menghemat Listrik: Menggunakan Kipas Angin Sebagai Pengganti AC

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan kipas angin sebagai pengganti AC untuk mendinginkan ruangan. Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, AC termasuk alat elektronik yang menyumbangkan pemakaian daya listrik terbesar.
Oleh karena itu, jika kita memang masih bisa menggunakan kipas angin untuk mendinginkan ruangan maka ini adalah salah satu langkah yang bijak untuk menghemat listrik rumah kita.

Pastinya, pengeluaran tagihan listrik kita nanti juga tidak besar dan membengkak.

Tetapi, yang harus kita perhatikan juga adalah untuk menggunakan kipas angin ini sesuai dengan kebutuhan dan ketika kita sedang berada di rumah. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kipas angina secara teratur agak rumah kita tetap dalam kondisi yang bersih dan sehat.

6. Cara Menghemat Listrik: Maksimalkan Sinar Matahari Sebagai Alat Penerang

Cara yang keenam adalah dengan cara memaksimalkan cahaya yang berasal dari sinar matahari sebagai sumber penerangan ruangan rumah kita. Dengan cara ini kita bisa menghemat penggunaan lampu dan bisa mengurangi daya listrik yang kita keluarkan.

Mungkin bagi beberapa rumah cara ini tidak bisa dilakukan dikarenakan desain rumah yang tidak memungkinkan (atau hanya sedikit) sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah. Tetapi, bagi rumah yang memiliki sumber pencahayaan yang cukup cara ini bisa sekali untuk digunakan.

Selain untuk menghemat penggunaan listrik, sinar cahaya yang masuk ke dalam rumah kita juga bisa menciptakan kehangatan alami serta membuat rumah tidak terkesan gelap.

7. Cara Menghemat Listrik: Hemat dan Cerdas dalam Memakai Lampu

Hemat Energi Listrik

unsplash.com

Cara yang ketujuh masih berhubungan dengan cara yang keenam, yaitu melakukan penghematan dalam penggunaan lampu.
Memang kini lampu-lampu dengan label hemat listrik sering kita temui di toko-toko elektronik, tetapi alangkah lebih bijaknya lagi kalau kita tetap menghemat dalam menggunakan lampu di rumah kita.

Gunakan lampu ketika sedang dipakai saja. Bahkan, ketika malam hari sebaiknya kita hanya menyalakan lampu di tempat-tempat yang memang harus dilakukan penerangan, seperti halaman rumah, ruang utama, dan lainnya.

Cara Menghemat Listrik Lampu

powertime.co.za

Untuk penggunaan lampu di kamar sendiri bisa kita hemat dengan cara mematikannya ketika kita akan tidur. Selain bisa menghemat penggunaan listrik cara ini juga baik untuk kesehatan tubuh kita, karena ruangan yang gelap bisa menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak.

Selain itu, di bawah ini juga terdapat dua tips dalam penggunaan lampu agar kita bisa menggunakan cara menghemat listrik di rumah kita sendiri.

Cara Menghemat Listrik Lampu

unsplash.com

A. Tips Pertama: Gunakan satu lampu ukuran besar untuk menerangi satu ruangan atau lebih. Hindari penggunaan lampu yang banyak tetapi dengan daya kecil serta penerangan yang rendah.

B. Tips Kedua: Gunakan lampu yang berdaya kecil serta penerangan yang rendah pada tempat-tempat yang tidak terlalu membutuhkan sinar yang terang.

8. Cara Menghemat Listrik: Hemat Penggunaan Dispenser atau Water Heater

Bagi orang-orang yang memiliki dan menggunakan dispenser dan water heater sebaiknya juga teliti dalam menggunakan kedua alat elektronik ini.

Memang, kedua alat elektronik ini bagi beberapa orang sudah seperti kebutuhan yang utama. Dispenser untuk kebutuhan minum dan makan (menyediakan air panas, hangat, dan dingin) serta water heater untuk menghangatkan air untuk mandi.

Dan tidak jarang, karena sudah biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari membuat kita lupa dan lalai untuk mencabut kedua alak elektronik ini ketika sedang tidak dipakai.

Padahal, dispenser dan water heater juga menggunakan daya listrik dalam jumlah yang tinggi dan bisa mengakibatkan pembengkakan tagihan listrik rumah tangga kita.

Oleh karena itu, mencabut dispenser dan water heater bisa menjadi cara menghemat listrik yang mudah dan simpel.

9. Cara Menghemat Listrik: Hemat Penggunaan Microwave

Cara yang kesembilan untuk menghemat listrik kita adalah dengan cara menghemat serta menggunakan microwave dengan bijak. Mungkin microwave tidak digunakan oleh semua orang di rumah, tetapi bagi orang-orang yang memakainya tips dan cara ini bisa membantu mereka untuk menghemat kebutuhan listrik hariannya.

Ketika akan menggunakan microwave sebaiknya kita memasak atau memanaskan beberapa masakan atau makanan sekaligus. Sehingga kita bisa menghemat penggunaan listrik dan pastinya menghemat waktu juga.

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memilih produk microwave yang hemat listrik, meskipun biasanya produk microwave yang hemat listrik ini memiliki harga yang agak lebih mahal dibandingkan dengan microwave pada umumnya.

Tetapi, hal ini bisa dilakukan sebagai cara menghemat tagihan listrik rumah kita.

10. Cara Menghemat Listrik: Menanam Pohon dan Tanaman Di Sekitar Rumah

Cara yang kesepuluh dan yang terakhir adalah dengan cara menanam pohon serta tanaman-tanaman di sekitar rumah kita. Bisa di halaman, pekarangan, maupun di dalam rumah (untuk tanaman-tanaman kecil atau hias).

Kenapa kita perlu menanam pohon dan tanaman? Karena dengan cara ini kita bisa menciptakan nuansa dan iklim yang sejuk serta nyaman, sehingga nantinya bisa membuat kita mengurangi penggunaan AC maupun kipas angin karena rumah kita sudah sejuk karena pohon dan tanaman tersebut.

Selain itu, dengan menanam pohon serta tanaman (terutama tanaman hias) bisa membuat rumah kita terlihat semakin hijau dan hal tersebut bisa menghilangkan serta mengurangi kadar stres dan bisa meningkatkan kualitas kesehatan keluarga di rumah kita.

 

Itu dia 10 cara menghemat listrik yang bisa kita lakukan untuk menghindari pemborosan listrik serta pembengkakan tagihan listrik rumah tangga kita.

Semoga bermanfaat. 😀

Please rate this

Leave a Reply