Cara Membuat Galaxy Slime dengan Mudah dan Simpel

Cara Membuat Galaxy Slime – Pada artikel yang sebelumnnya kita sudah pernah membahas bagaimana cara membuat slime. Tapi, tahukah kamu? Kalau ada salah satu jenis slime lagi yang bisa kita buat sendiri di rumah? Ya, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat galaxy slime. Penasaran? 🙂

A. Pengertian Slime

Pengertian Slime

kangibay.net

Slime berasal dari bahasa Inggris yang berarti materi atau zat yang berbentuk cairan lengket dan berasal dari campuran beberapa zat. Slime sendiri bisa digunakan untuk mainan karena memiliki bentuk yang unik dan khas.

Slime memiliki bentuk yang unik karena slime berbentuk seperti cairan yang lengket dengan berbagai macam variasi warna. Keunikan lainnya adalah ketika kita sudah selesai membuat slime maka slime tersebut bisa kita bentuk menjadi berbagai macam benda seperti plastisin.

Tapi, pastikan slime yang kita buat memiliki kekentalan yang pas dan tidak terlalu cair. Jika slime yang kita buat terlalu cair, memang slime tersebut tidak bisa atau susah untuk dibentuk menjadi bentuk benda yang lain.

B. Sejarah Slime

Sejarah Slime

huffingtonpost.com

Dikutip dari Wikipedia, slime pada awalnya merupakan mainan yang diproduksi oleh perusahaan Mattel sekitar pertengahan 1970an. Slime tersebut dijual dalam kemasan yang unik, yaitu kemasan yang berbentuk tempat sampah dari plastik.

Slime menjadi salah satu permainan yang populer pada saat itu karena bentuknya yang unik, dengan tekstur kentalnya yang khas dan sedikit licin, serta warna hijau yang menjadikan slime selalu diasosiasikan dengan warna hijau hingga kini.

Selain itu, slime berhasil memikat banyak anak kecil dikarenakan bahan pembuat slime yang aman digunakan untuk anak-anak serta tidak berbahaya. Pada awalnya slime banyak digunakan sebagai bahan utama pembuat serangga mainan.

BACA JUGA:  Cara Membuat Slime dengan Mudah dari Berbagai Bahan

C. Cara Membuat Galaxy Slime (Dengan Boraks)

Cara Membuat Galaxy Slime

youtube.com

Alat dan Bahan

– Air Putih 100ml (3 botol)
– Lem cair 120ml (3 botol)
– Glitter powder (Perak/Silver)
– Boraks
– Pewarna Makanan (Hitam)
– Pewarna Makanan (Ungu)
– Pewarna Makanan (Pink)
– Pewarna Makanan (Biru)
– Mangkuk/Wadah (3 buah)
– Gelas
– Alat untuk Mengaduk

Langkah-langkah Membuat Galaxy Slime

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalan menuangkan lem cair (tiga botol) ke dalam manngkuk atau wadah yang telah kita siapakan sebanyak 3 buah sebelumnya.

2. Setelah itu, kita tuang dan campurkan air putih ke dalam mangkuk berisi lem cair tersebut.

3. Lalu, tuangkan pewarna makanan biru ke dalam mangkuk yang pertama. Setelah itu tuangkan juga pewarna makanan hitam ke dalam mangkuk yang sama.

4. Langkah selanjutnya sama seperti langkah yang sebelumnya, tetapi sekarang kita menuangkan pewarna makanan pink.

5. Lakukan hal yang sama juga untuk pewarna makanan ungu.

6. Taburkan glitter powder silver ke dalam tiga mangkuk tersebut.

7. Aduk hingga seluruh bahan yang tadi dituangkan tercampur secara merata.

8. Lalu, masukkan boraks ke dalam gelas yang berisi air panas (500ml), aduk dan diamkan hingga dingin.

9. Setelah cairan boraks tersebut dingin, masukkan ke dalam tiga mangkuk tadi.

10. Aduk masing-masing campuran hingga tercampur rata dan berubah menjadi kental.

Jadilah galaxy slime yang bisa langsung kamu mainkan. 😀

D. Video Tutorial Membuat Galaxy Slime

Kamu masih bingung dengan langkah-langkah cara membuat galaxy slime di atas? Kamu bisa menonton video ini untuk cara pembuatan secara lengkapnya. 🙂

E. Manfaat Bermain Slime

Sebenarnya, apa sih manfaat dari membuat dan bermain slime? Jadi, manfaat bermain slime itu, terutama untuk anak-anak, sangat banyak. Manfaat-manfaat tersebut baik untuk aktivitas serta tumbuh kembang anak-anak.

Jadi, apa saja manfaat dari bermain slime untuk anak-anak?

1. Anak Menjadi Lebih Kreatif

Cara Membuat Galaxy Slime dapat Meningkatkan Kreativitas

youtube.com

Siapa yang tidak senang melihat anak-anaknya aktif dan kreatif membuat benda-benda yang bermanfaat? Ya, membuat dan bermain slime dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak.

BACA JUGA:  Cara Membuat Slime dengan Mudah dari Berbagai Bahan

Pertama, anak-anak membuat slime secara mandiri membuat mereka bebas berekspresi serta akan bertanggung jawab dengan apa yang akan mereka buat.

Kedua, slime yang jadi dibuat bisa dibentuk menjadi berbagai macam hal. Ini membuat otak anak terstimulus untuk berpikir dan membuat hal-hal yang baru.

Selain itu, aktivitas bermain slime yang tergolong aman membuat anak-anak bisa memanfaatkan waktunya untuk kegiatan yang positif.

2. Membuat Anak-anak Menjadi Lebih Ceria dan Bahagia

Slime yang mudah untuk dibuat, dimainkan, serta memiliki warna yang beragam pastinya membuat anak-anak menjadi tertarik dan senang untuk bermain-main dengan slime.

Apalagi jika membuat dan memainkan slime bersama teman-teman semakin membuat ceria dan bahagia anak-anak tersebut.

3. Konsentrasi Anak Meningkat

Meskipun mudah dan simpel, membuat slime juga dibutuhkan konsentrasi yang baik. Dengan adanya aktivitas membuat dan bermain slime ini membuat konsentrasi anak-anak jadi meningkat.

Karena anak-anak harus fokus dan berkonsentrasi selama membuat slime. Selain itu, pastinya anak-anak sangat antusias selama proses pembuatan hingga mereka bisa melihat langsung hasil slime buatan mereka sendiri.

Sekian tulisan tentang cara membuat galaxy slime ini. Kalau sudah berhasil membuat galaxy slime dengan cara di atas kabari di komentar di bawah yah. 😀

Selamat mencoba!

Please rate this

Leave a Reply