Batuk Berdarah: Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Batuk Berdarah – Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu penyakit yang harus kita waspadai meskipun beberapa gejala penyakit ini tidak selalu serius. Penyakit apakah itu? Ya, kita akan membahas penyakit batuk darah atau batuk berdarah yang dapat berpengaruh terhadap status kesehatan tubuh kita.

Apa Itu Batuk Berdarah?

Apa Itu Batuk Berdarah

via cbsnews.com

 

Batuk darah, batuk berdarah, atau disebut juga dengan hemoptisis merupakan suatu keadaan di mana seseorang mengalami batuk yang disertai dengan keluarnya darah. Batuk berdarah sendiri bisa dilihat sebagai sebuah gejala atau tanda yang muncul dikarenakan suatu kondisi tertentu.

Batuk berdarah tidak boleh kita anggap remeh. Karena memang batuk berdarah tidak seperti batuk yang biasanya. Bisa jadi batuk berdarah menjadi tanda-tanda awal dan indikasi penyakit yang lebih serius.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengetahui apa saja penyebab penyakit batuk berdarah serta mengetahui cara mencegah dan mengobati batuk berdarah sehingga kita bisa menangani penyakit tersebut dengan cepat.

Baca Juga: Jual Nutrisi Hidroponik

Penyebab Batuk Berdarah

Apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan batuk berdarah? Ternyata, ada beberapa hal yang dapat menjadi sumber penyakit batuk berdarah ini.

Hal-hal tersebut penting untuk kita ketahui sehingga nantinya kita bisa mengetahui cara mengobati serta mencegah penyakit batuk berdarah yang menjangkiti kita maupun saudara kita.

Penyebab Batuk Berdarah

via sehatdanfit.com

 

Berikut ini sembilan (9) penyebab batuk berdarah yang perlu untuk kita ketahui:

1. Kelainan Pembuluh Darah

Batuk Berdahak Kelainan Pembuluh Darah

 

Penyebab yang pertama adalah adanya kelainan pembuluh darah dalam tubuh kita. Khususnya pembuluh darah yang terdapat di paru-paru. Kelainan pembuluh darah di paru-paru dapat menjadi faktor utama kita terkena penyakit batuk darah.

Segera hubungi dokter jika penyebab batuk darah adalah kelainan pembuluh darah yang terdapat di dalam paru-paru untuk dilakukan penanggulangan lebih lanjut seperti operasi.

2. Adanya Infeksi

Batuk Berdarah Adanya Infeksi

Penyebab utama yang kedua adalah adanya infeksi. Infeksi yang menyebabkan penyakit batuk berdarah kebanyakan berasal dari infeksi saluran pernapasan.

Dari infeksi saluran pernapasan inilah penyakit-penyakit seperti batuk berdarah, pneumonia, abses paru, bronchitis (bronkitis), hingga TBC bisa muncul.

Sebaiknya jika kita sudah terkena infeksi di saluran pernapasan segera menghubungi dokter. Karena infeksi saluran pernapasan dalam tahap awal masih mudah untuk disembuhkan. Sedangkan jika infeksi sudah terjadi dalam waktu yang lama cenderung agak sulit untuk disembuhkan.

BACA JUGA:  10 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

3. Bronkitis

Batuk Berdarah Bronkitis

 

Salah satu penyebab batuk berdarah adalah adanya bronkitis yang menjangkiti tubuh kita. Bronkitis ini merupakan salah satu penyakit yang menular. Oleh karena itu, sebaiknya kita mewaspadai jika ada saudara atau teman di sekitar kita yang terkena bronkitis agar tidak menular dengan mudah.

Bisa segera konsultasikan dengan dokter bagaimana cara agar tidak tertular penyakit bronkitis maupun cara penyembuhannya ketika sudah terkena bronkitis hingga menyebabkan penyakit batuk berdarah.

4. Adanya Tumor

Batuk Berdarah disebabkan Tumor Paru

via gayahidup.republika.co.id

Penyebab batuk berdarah yang keempat adalah adanya tumor. Tumor ini merupakan kanker yang masih jinak tetapi tetap berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera kita obati.

Tumor yang menyebabkan penyakit batuk berdarah adalah tumor yang melekat atau berada di paru-paru dan disebut juga dengan istilah tumor karsinoma paru.

5. Penyakit Kardiovaskular

Batuk Berdarah Penyakit Kardiovaskular

via metabolon.com

 

Penyebab batuk berdarah yang kelima adalah adanya penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) yang menjangkiti tubuh kita. Penyakit kardiovaskular memiliki berbagai macam jenis yang intinya menyerang jantung dan mengakibatkan rasa sakit dan nyeri di sekitar dada.

Penyakit kardiovaskular yang menyebabkan penyakit batuk berdarah adalah miral stenosis, maformasi arteriovenous, dan aneuremia toraksis.

6. Radang Paru-paru

Batuk Berdarah dikarenakan Radang Paru-paru

via tokojamaludin.blogspot.com

 

Radang paru-paru merupakan penyebab selanjutnya dari penyakit batuk berdarah. Radang pada paru-paru biasanya disebabkan oleh kuman penyebab penyakit TBC.

Karena radang paru-paru disebabkan oleh kuman penyakit TBC sebaiknya orang yang terkena radang paru-paru segera menghubungi dokter secepatnya karena penyakit ini dapat menular dengan cepat (melalui udara).

7. Iritasi Tenggorokan

Batuk Berdahak Iritasi Tenggorokan

via vemale.com

 

Iritasi pada tenggorokan dapat menyebabkan batuk berdara. Iritasi tenggorokan ini bisa diakibatkan karena rasa gatal dan batuk yang tidak sembuh selama lebih dari satu minggu.

Karena gatal inilah yang mengakibatkan iritasi pada tenggorokan dan membuat batuk mengeluarkan darah.

8. Kelainan Hematologi

Batuk Berdarah Kelainan Hematologi

via romiswadesi.wordpress.com

 

Penyebab yang selanjutnya adalah kelainan hematologi. Kelainan hematologi disebabkan oleh beberapa hal seprti disfungi dari trombosit, penyakit DIC (Disserminated Intravascular Coagulation), dan trombositopenia.

9. Diakibatkan Luka Berat

Batuk Berdarah Luka Berat

via doktersehat.com

 

Penyebab yang kesembilan batuk darah bisa saja diakibatkan karena luka berat akibat kecelakaan atau peristiwa lain yang membuat saluran pernapasan kita terluka.

Ciri-ciri dan Gejala Batuk Berdarah

Mungkin untuk Anda yang belum pernah mengalami atau melihat secara langsung apa itu batuk darah akan kebingungan untuk melihat ciri-ciri serta gejala penyakit yang dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Berbeda dengan batuk pada biasanya, yang hanya membuat kita batuk disertai dengan lendir atau reak, batuk darah selain disertai dengan lendir tetapi juga dengan darah (dalam jumlah sedikit hingga banyak jika sudah parah).

Jika kita atau saudara kita mengalami batuk disertai dengan keluarnya darah dalam bentuk lendir (entah sedikit maupun banyak) segera hubungi dokter atau datangi tempat pelayanan kesehatan (puskesmas atau rumah sakit) terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Jangan sampai kita membiarkan batuk berdarah sampai nanti kondisinya parah dan mengakibatkan penyembuhan berjalan lebih lama. Berikut ini tujuh (7) ciri-ciri dan gejala penyakit batuk berdarah:

BACA JUGA:  4 Khasiat Utama dan Manfaat Madu Bagi Pengobatan Tubuh

1. Batuk yang disertai dengan volume darah yang cukup banyak.
2. Batuk yang disertai dengan dahak atau lendir yang bercampur dengan darah (sedikit maupun banyak).
3. Batuk yang disertai dengan gejala sesak napas, kepala terasa pusing, berkeringat di malam hari, nyeri di bagian dada, serta demam.
4. Batuk yang disertai dengan gejala turunnya berat badan serta hilangnya nafsu makan.
5. Ketika buang air kecil maupun besar terdapat darah dalam urin maupun kotoran.
6. Batuk yang berlangsung selama lebih dari satu minggu.
7. Batuk disertai darah yang sering muncul dan hilang.

Baca Juga: Obat Keputihan

Diagnosis Batuk Berdarah

Ketika kita sudah mengetahui ciri-ciri serta gejala dari penyakit ini, selanjutnya kita bisa melakukan diagnosis untuk memperkuat dan mengetahui apakah kita terkena penyakit batuk berdarah.

Diagnosis ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa tes yang disebutkan di bawah ini:

1. Tes Darah.

Batuk Berdarah Tes Darah

via penulispro.com

 

Tes yang pertama kali bisa kita lakukan untuk diagnosis lebih lanjut adalah tes darah. Tes darah dapat mengukur kadal sel darah merah serta sel darah putih dalam darah.

Tes darah juga dilakukan untuk mengukur kadar oksigen serta karbon dioksida dalam darah menggunakan pemeriksaan oksimetri nadi.

Selain itu, dengan tes darah dokter juga dapat mengukur kemampuan darah dalam tubuh kita untuk membeku dengan melakukan tes koagulasi yang dapat bermanfaat untuk diagnosis penyakit batuk darah.

2. X-Ray

Batuk Berdarah X-Ray

 

Tes yang kedua adalah pemeriksaan menggunakan sinar x-ray. Pemindaian menggunakan sinar x-ray diarahkan ke bagian dada dan berfungsi untuk mengetahui gambaran pada paru-paru kita apakah terdapat penumpukan cairan hingga infeksi.

3. CT Scan

Batuk Berdarah CT-Scan

 

Tes yang ketiga adalah pemeriksaan melalui CT Scan. Pemindaian melalui CT Scan menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tes dengan pemindaian X-Ray saja.

4. Tes Bronkoskopi

Batuk Berdarah Tes Bronkoskopi

via gogushast.hastane.akdeniz.edu.tr

Tes yang keempat adalah bronkoskopi. Tes bronkoskopi dilakukan dengan cara memasukkan alat endoskop ke dalam saluran pernapasan kita melalui hidung atau mulut.

Endoskop ini berbentuk seperti selang tetapi dilengkapi juga dengan kamera sehingga dapat membantu para dokter untuk melihat lebih jelas penyebab penyakit ini.

5. Pemeriksaan Sampel Dahak/Lendir

Cara Mengobati Batuk Berdarah

Lalu, setelah kita mengetahui apa saja penyebab, ciri-ciri dan gejala, serta diagnosis penyakit batuk darah ini, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara untuk mengobati batuk darah sehingga bisa diminimalisir hingga hilang total.

Berikut ini lima (5) cara penanganan atau mengobati batuk darah:

1. Pemberian steroid jika batuk darah tersebut disebabkan dan diawali oleh radang.

2. Pemberian antibiotik infeksi paru-paru yang diakibatkan oleh bakteri. Contohnya bakteri TBC atau bakteri pneumonia.

3. Operasi untuk menangani penyakit batuk darah yang disebabkan oleh kondisi maupun kejadian yang mengancam jiwa, contohnya seperti operasi pengangkatan paru-paru.

4. Jika batuk darah yang terjadi disebabkan oleh pendarahan di dalam arteri maka kita bisa melakukan metode embolisasi arteri bronkial.

BACA JUGA:  50 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mengonsumsi tanaman obat atau obat-obatan herbal.

6. Yang terakhir, terapi radiasi atau kemoterapi jika penyakit batuk berdarah ini diakibatkan oleh kanker yang terdapat dalam paru-paru kita.

Baca Juga: Jual Nutrisi Hidroponik

Cara Mencegah Batuk Berdarah

Apakah penyakit batuk berdarah bisa dicegah? Jawabannya adalah ya. Pencegahan ini sangat perlu untuk kita lakukan sehingga bisa menghindari kita dari terkena penyakit batuk darah dan bisa mengurangi biaya (uang, waktu, dll.) untuk pengobatan nantinya.

Berikut ini tiga (3) cara mencegah penyakit batuk berdarah yang perlu untuk kita ketahui:

1. Menjaga Pola Hidup yang Sehat

Ternyata, memiliki pola atau gaya hidup yang sehat dapat mencegah kita dari penyakit ini. Beberapa pola hidup sehat yang harus kita lakukan adalah seperti menjaga pola makan serta tidak merokok.

Menjaga pola makan penting untuk dilakukan untuk membantu tubuh kita selalu dalam keadaan prima dan bisa menghindari kita dari bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit pada paru-paru. Biasakan untuk memakan buah dan sayur serta memperhatikan gizi seimbang dalam setiap makanan yang kita makan.

Lalu tidak merokok dapat menghindarkan kita dari terkena penyakit seperti kanker paru-paru. Seperti yang sudah kita bahas di atas kanker paru-paru termasuk salah satu penyebab penyakit batuk berdarah.

Selain itu, dengan tidak merokok membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik dan lebih produktif.

2. Menghindari Tubuh dari Radikal Bebas

Cara pencegahan yang kedua adalah dengan cara menghindarkan tubuh kita dari sumber-sumber radikal bebas. Radikal bebas ini sering kita temui dalam polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor.

Biasakan untuk menggunakan masker atau penutup mulut serta mengonsumsi makanan yang kaya akan anti oksidan sehingga kita terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit batuk berdarah.

3. Menjaga Jarak dengan Penderita Batuk Darah

Cara pencegahan yang terakhir adalah dengan cara menjaga jarak dengan orang-orang yang sudah terkena batuk darah. Selain itu, hindari kontak juga dengan orang-orang

Tanaman Obat/Obat Herbal untuk Batuk Berdarah

Jika kita menginginkan alternatif cara pengobatan penyakit batuk berdarah bisa dengan cara mengonsumsi beberapa tanaman atau buah-buahan di bawah ini. Selain memiliki efek yang bagus untuk pengobatan, cara ini juga minim efek samping yang negatif.

Mengonsumsi Kulit Manggis

Salah satu cara untuk mengobati penyakit batuk berdarah dengan cara alami adalah dengan cara mengonsumi kulit manggis. Ini dikarenakan pada kulit manggis terdapat xanthone yang memiliki sifat anti mikroba.

Kandungan antioksidan xanthone pada kulit manggis juga dapat menghambat pertumbuhaan bakteri atau mikroorganisme seperti Mycobacterium tuberculosis (bakteri penyebab TBC) yang bisa mengakibatkan batuk darah.

Mengonsumsi Daun Sirsak

Yang terakhir adalah dengan cara mengonsumi daun sirsak. Karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang dapat melawan bakteri-bakteri penyebab penyakit TBC.

Selain itu, menurut Takashi dkk. (2006) senyawa acetogenin dan beberapa alkaloid murisolin, couclamine, dan reticulin pada daun sirsak dapat berperan sebagai anti bakteri.

Sekian artikel tentang batuk berdarah ini. Semoga bermanfaat, dan jaga kesehatan selalu. 🙂

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka

Leave a Reply