Apa Itu GMBI? GMBI adalah Salah Satu Ormas di Jawa Barat

Apa Itu GMBI –┬áJika kita mengamati berita yang beredar akhir-akhir ini, baik di media elektronik (televisi, radio), media online, bahkan media cetak (koran, majalah), maka salah satu topik yang sedang hangat diperbincangkan adalah masalah yang melibatkan 2 pihak, yaitu GMBI dan FPI (Front Pembela Islam).

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya dan kurang familiar dengan GMBI, apa itu GMBI? Ormas (organisasi masyarakat) kah? LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) kah?

A. Apa Itu GMBI? Organisasi GMBI – Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia

 

GMBI adalah salah satu ormas atau LSM yang eksis di wilayah Jawa Barat. Lembaga Swadaya Masyarakat GMBI, kepanjangan dari Gerakan Mahasiswa Bawah Indonesia, ini memiliki motto NKRI Harga Mati dan juga terdapat tulisan Setia Baca Pancasila di dalam logo GMBI.

GMBI sendiri memiliki visi dan tujuan untuk menciptakan kader-kader muda penerus bangsa yang bermoral, pintar, solid, serta berani.

Selain itu, juga terdapat semangat sekali melangkah maju ke depan pantang untuk  mundur ke belakang yang menggambarkan bahwa gerakan dari para pemuda GMBI itu selalu bersemangat dan berani dan masih dalam nilai-nilai Pancasila.

B. Makna dan Arti Logo GMBI – Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia

Logo GMBI

plus.google.com

Ini dia makna-makna serta arti yang terdapat dalam logo GMBI.

1. Makna Lambang Logo GMBI

  1. Pertama, lambang dalam logo GMBI membentuk bulatan yang berarti perjuangan yang terus digelorakan terus menerus tanpa henti.
  2. Kedua, lambang panah dalam logo GMBI berarti tekad yang sangat kokoh serta kuat dalam pendirian masing-masing anggota.
  3. Ketiga, jumlah anak panah dalam logo GMBI yang berjumlah tiga (3) berarti, 1; Tekad untuk senantiasa berjuangan serta mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia. 2; Tekad untuk senantiasa menjaga serta terus menjalin kesatuan dan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. 3; Tekan untuk senantiasa mendahulukan kepentingan negara dan bangsa Indonesia dari kepentingan-kepentingan lainnya.

2. Makna Warna Logo GMBI

  1. Pertama, warna hitam dalam logo GMBI berarti nuansa yang religius.
  2. Kedua, warna putih dalam logo GMBI berarti niat ikhlas serta niat suci setiap melaksanakan perjuangan.
  3. Ketiga, warna hijau dalam logo GMBI berarti kejujuran yang dituangkan dalam setiap tulisan.
  4. Keempat, warna merah dalam logo GMBI yang berarti keberanian dalam setiap tindakan.
  5. Kelima, warna biru dalam logo GMBI yang berarti loyalitas dan kesetiaan bersama masyarakat.

Please rate this

Leave a Reply