Kumpulan 25 Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Terpanjang di Dunia – Sungai merupakan salah satu ciptaan tuhan yang telah menjadi salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Entah sebagai tempat tinggal hewan dan tumbuhan yang hidup di air maupun sebagai sumber air bagi kehidupan manusia.

Sejarah telah mencatat, bahwa peradaban manusia banyak yang muncul dan berkembang dari daerah yang memiliki sungai-sungai dibandingkan daerah pegunungan. Oleh karena itu, pada kali ini kami akan membahas tentang sungai-sungai terpanjang yang berada di seluruh dunia.

Ini dia kumpulan 25 sungai terpanjang di dunia mulai dari yang terpendek hingga yang terpanjang. Apakah sungai di Indonesia ada yang termasuk ke dalam daftar ini? Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya. ūüôā

25. Syr Darya

Syr Darya, atau disebut juga dengan nama Syrdaryo atau Syrdarya, merupakan sungai yang berada di wilayah Asia Tengah. Sungai Syr Darya ini mengalir dari gunung Tian Shan di Kyrgyzstan dan mengalir hingga laut Aral.

Total panjang sungai Syr Darya kurang lebih aadalah 2.212 kilometer.

24. Sungai Salween

Sungai Terpanjang di Dunia Sungai Salween

Sungai Salween (via publishcontent.blogspot.com)

 

Sungai yang masuk ke dalam daftar 25 sungai terpanjang di dunia ini adalah Sungai Salween. Sungai yang berada di negara Tiongkok ini memiliki total panjang kurang lebih 2.815 kilometer.

Sungai Salween sendiri mengalir dari Dataran Tibet hingga sungai Andaman yang berada di wilayah Asia Tenggara.

23. Sungai São Francisco

Selanjutnya adalah sungai yang terletak di negara Brazil, yaitu sungai São Francisco. Sungai yang total panjangnya mencapai kurang lebih 2.914 kilometer ini menjadi sungai terpanjang keempat di benua Amerika Selata.

22. Sungai Indus

Sungai Indus merupakan salah satu sungai besar yang mengalir melewati negara Pakistan. Selain Pakistan, negara-negara yang dilalui sungai ini adalah wilayah India Utara dan Tibet Barat.

21. Sungai Yukon

Selanjutnya adalah sungai Yukon. Sungai yang mengalir dari wilayah Amerika bagian Utara ini memiliki total panjang kurang lebih 3.190 kilometer.

Hulu sungai Yukon bermula dari wilayah British Columbia di negara Kanada dan melewati daerah yang bernama Yukon. Oleh karena itulah sungai ini diberikan nama sungai Yukon. Hilir dari sungai ini adalah laut Bering.

20. Sungai Purus

Sungai Purus berada di Amerika Selatan. Sungai Purus sendiri merupakan anak sungai atau salah satu cabang sungai Amazon.

19. Sungai Madeira

Sungai yang selanjutnya masih merupakan salah satu anak sungai Amazon, yaitu sungai Madeira. Sungai Madeira kurang lebih memiliki total panjang sungai 3.250 kilometer.

18. Shatt Al-Arab

Sungai Shatt Al-Arab berada di wilayah Timur Tengah tepatnya di negara Irak. Sungai ini terbentuk dari aliran sungai Eufrat dan Tigris yang berada di kota Basra, Irak.

17. Sungai Volga

Sungai Volga merupakan sungai yang mengalir di wilayah Rusia Tengah. Sungai ini sendiri dijadikan sebagai negara nasional oleh Rusia. Sungai Volga mejadi salah satu sungai terpanjang dan terbesar di benua Eropa.

16. Sungai Tocantins

Sungai Tocantins merupakan sungai yang mengalir di wilayah negara Brazil. Sungai Tocantins memiliki total panjang sungai yaitu sekitar 2.640 kilometer.

15. Sungai Murray

Sungai selanjutnya adalah sungai terpanjang yang berada di benua Australia. Sungai Murray namanya. Sungai ini memiliki total panjang sungai yaitu 2.375 kilometer. Sungai Murray yang memiliki aliran yang berliku-liku ini bermuara di danau Alexandrina.

14. Sungai Niger

Sungai Niger merupakan sungai terpanjang ketiga di benua Afrika setelah sungai Nil dan sungai Kongo.

13. Sungai Mackenzie

Sungai Mackenzie merupakan sungai terbesar yang ada di negara Kanada. Aliran sungai ini mengitari dan mengisolasi wilayah hutan di daerah Barat Daya Kanada. Selain itu, sungai Mackenzie menjadi sungai terbesar di Kanada karena aliran utama dan anak sungainya bisa mencapai 4 wilayah provinsi di Kanada.

12. Sungai Mekong

Sungai Mekong merupakan sungai yang mengalir di wilayah Asia Tenggara dan menjadi sungai terpanjang ketujuh di benua Asia. Total panjang sungai Mekong sendiri bisa mencapai 4.350 kilometer.

11. Sungai Lena

Sungai Lena merupakan sungai yang berada paling Timur dari 3 aliran sungai Siberia yang mengalir ke samudra Arktik. Sungai Lena sendiri merupakan sungai terpanjang kesebelas di seluruh dunia.

10. Sungai Amur

Sungai Amur atau Heilong Jiang merupakan sungai yang membelah wilayah ujung Timur Rusia dengan wilayah Timur Laut Tiongkok atau daerah Manchuria.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo, atau yang dulunya dikenal juga dengan nama sungai Zaire, merupakan sungai terpanjang kedua di benua Afrika, sungai terbesar ketiga di dunia, dan sungai paling dalam di dunia.

8. Sungai Paraná

Sunga Paraná merupakan sungai yang berada di wilayah Amerika Selatan. Melintasi 3 negara, yaitu Brazil, Paraguay, dan Argentina. Sungai Paraná sendiri memiliki total panjang kurang lebih mencapai 4.880 kilometer.

Dengan total panjang sebesar itu menjadikan sungai Paraná menjadi sungai terpanjang kedua di benua Amerika Selatan setelah sungai Amazon.

7. Sungai Ob

Sungai Ob atau sungai Obi, merupakan sungai yang mengalir di wilayah Siberia Barat, Rusia. Sungai ini menjadi sungai yang paling Barat dari tiga aliran sungai Siberia terbesar yang mengalir hingga samudra Arktik.

6. Sungai Huang He (Yellow River)

Sungai Huang He atau Yellow River (sungai Kuning) memiliki total panjang kurang lebih 5.464 kilometer. Dan menjadi sungai terpanjang kedua di negara Tiongkok setelah sungai Yangtze.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei merupakan sungai yang bermuara di negara Mongolia, Asia Tengah. Sungai yang memiliki aliran sungai besar ini mengalir hingga samdura Arktik.

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi merupakan sungai terbesar yang berada di benua Amerika Utara. Mengalir disepanjang negara Amerika Serikat dan sedikit wilayah di negara Kanada. Total panjang sungai ini mencapai 4.070 kilometer.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze atau disebut juga dengan Chang Jiang merupakan sungai paling terpanjang di benua Asia dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai Yangtze mengalir dari daerah Qinghai hingga Laut Tiongkok Timur.

Total panjang sungai Yangtze adalah 6.418 kilometer dan mengalir sepanjang negara Tiongkok.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon berada di benua Amerika Selatan Sungai Amazon menjadi sungai terpanjang kedua di dunia dan sungai terpanjang di Amerika Selatan. Selain itu, sungai Amazon juga memiliki cabang dan anak sungai yang banyak yang mengalir ke beberapa negara di Amerika Selatan.

1. Sungai Nil.

Sungai terpanjang di dunia adalah sungai Nil. Sungai yang berada di benua Afrika ini memiliki total panjang 6.650 kilometer. Meskipun sungai Nil identik dengan negara Mesir, sungai ini faktanya melewati 10 negara Afrika lainnya, yaitu Sudan, Sudan Selatan, Burundi, Rwanda, Kongo, Tanzania, Kenya, Ethiopia, Uganda, dan Mesir.

Leave a Reply