50 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Berada di Indonesia

Stadion Terbesar di Dunia – Tahukah kamu, kalau ternyata stadion itu bukan hanya tempat atau arena pertandingan untuk olahraga sepak bola saja. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, stadion adalah lapangan olahraga yang dikelilingi tempat duduk.

Selain sepak bola, stadion umumnya digunakan juga untuk olahraga atletik, seperti lari maraton, lari 100m, lari 500, maupun olahraga seperti sepak bola Amerika (American Football).

Oleh karena itu, tak jarang kita menemukan beberapa stadion besar yang memiliki lintasan lari dan beberapa fasilitas atletik di sisi lapangan utama yang berumput. Selain itu, beberapa stadion besar di Amerika Serikat memiliki ukuran dan garis tanda lapangan yang bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Apakah pertandingan sepak bola kaki (soccer) atau American Football (football).

Bahkan, di beberapa negara fungsi stadion tidak hanya digunakan sebagai arena olahraga saja, tetapi juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan berskala besar seperti konser musik maupun pertunjukan seni lainnya.

Stadion Terbesar di Dunia

Uniknya, di Indonesia stadion-stadion besar seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno tak jarang digunakan untuk kegiatan seperti tes ujian masuk Perguruan Tinggi, tes ujian masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hingga aktifitas kampanye partai-partai politik.

Lalu, stadion-stadion besar juga acapkali dijadikan tempat atau venue kompetisi olahraga multicabang seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, hingga Pekan Olahraga Nasional.

Kira-kira, apa saja yah stadion-stadion terbesar yang ada di dunia? Ini dia daftar 50 Stadion Terbesar di Dunia sesuai dengan luas dan kapasitas tempat duduk penontonnya. Salah satunya berada di Indonesia, penasaran?

Sebelum itu, tonton video di bawah ini dulu yuk untuk melihat beberapa daftar stadion terbesar di dunia yang dirangkum dalam satu video. 🙂


Daftar Isi

1. Stadion Terbesar di Dunia: Rungrado 1st of May Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Rungrado Stadium

Rungrado 1st of May Stadium (via youtube.com)

 

Siapa yang menyangka kalau stadion terbesar dan termegah yang ada di dunia berada di negara yang terkenal dengan ketertutupannya ini, Korea Utara atau  Democratic People’s Republic of Korea (DPRK).

Stadion yang disebut juga dengan nama Stadion Hari Buruh Rungrado atau Stadion Hari Buruh ini merupakan stadion multifungsi yang berada di pusat kota negara Korea Utara, kota Pyongyang.

Dengan kapasitas bangku yang bisa menampung hingga 150.000 penonton membuat stadion Hari Buruh Rungrado ini menjadi stadion terbesar dari seluruh stadion yang ada di dunia.

Stadion yang dibuka pada tanggal 1 Mei 1989 ini umumnya digunakan untuk pertandingan sepak bola dan pertunjukan Arirang (Arirang Festival). Arirang sendiri adalah pertunjukan artistik yang dilakukan oleh banyak orang.

Kamu bisa menonton video Arirang Festival yang dilaksanakan di stadion Hari Buruh Rungrado di bawah ini jika penasaran. 🙂

 

 


2. Stadion Terbesar di Dunia: Michigan Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Michigan Stadium

Michigan Stadium (via mgoblog.com)

Stadion yang berada di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat ini merupakan stadion untuk pertandingan American Football tim Michigan Wolverines Football, yang berasal dari University of Michigan.

Stadion yang dimiliki juga oleh University of Michigan ini memiliki kapasitas sebesar 107.601 bangku penonton. Membuat stadion ini menjadi stadion terbesar di dunia kedua setelah stadion Hari Buruh Rungrado yang berada di Korea Selatan.

Selain itu, pada tahun 2014 pertandingan sepak bola yang mempertemukan Real Madrid (Spanyol) dengan Manchester United (Inggris) di ajang International Champions Cup  juga membuat Michigan Stadium memecahkan rekor jumlah penonton sepak bola dalam satu pertandingan dengan total 109.318 penonton yang hadir saat itu.

 


3. Stadion Terbesar di Dunia: Beaver Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Beaver Stadium

Beaver Stadium (via happyvalleyvip.com)

 

Beaver Stadium, stadion yang dibuka pada tanggal 17 September 1960 silam ini merupakan stadion yang berada di Pennsylvania, Ameria Serikat. Jika di awal pembukaan stadion ini hanya memiliki kapasitas sebesar 46.284 penonton saja, sekarang Beaver Stadium bisa menampung hingga 106.572 penonton sekaligus menjadikan stadion ini sebagai stadion terbesar ketiga di dunia.

Bahkan, pada tanggal 14 September 2002 tercatat rekor jumlah penonton terbanyak dengan total 110.753 penonton pada pertandingan American Football antara Penn State’s melawan Nebraska dengan skor akhir 40 -7 bagi kemenangan Penn State’s.

 

 


4. Stadion Terbesar di Dunia: Ohio Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Ohio Stadium

Ohio Stadium (via ohiostatebuckeyes.com)

Ohio Stadium merupakan stadion untuk pertandingan American Football yang berada di Columbus, Ohio, Amerika Serikat. Stadion ini juga merupakan kandang dari tim American Football The Ohio State University, yaitu Ohio State Buckeyes.

Stadion yang memiliki sebutan lain, The Horseshoe, ini bisa menampung hingga kapasitas 104.944 penonton.

Selain itu, Ohio Stadium juga pernah digunakan untuk konser musisi-musisi terkenal dunia. Seperti konser One Direction dan The Rolling Stones tahun 2015 kemarin.


5. Stadion Terbesar di Dunia: Kyle Field


Stadion Terbesar di Dunia Kyle Field

Kyle Field (via andystravelblog.boardingarea.com)

Kyle Field merupakan stadion yang digunakan untuk pertandingan American Football dan berada di wilayah kampus Texas A&M University, Texas, Amerika Serikat.

Stadion ini merupakan kandang dari tim Texas A&M Aggie sejak tahun 1904, bahkan ketika Kyle Field belum 100% rampung. Kyle Field sendiri selesai dan resmi dibuka pada tahun 1927 dengan kapasitas awal mencapai hingga 32.890 penonton.

Di tahun 2015 stadion ini memiliki kapasitas yang besar dengan total 102.733 penonton dan masuk ke dalam 5 stadion terbesar di dunia.

Rekor penonton terbesar dalam satu pertandingan terjadi pada tanggal 11 Oktober 2014 dengan jumlah total 110.631 penonton. Sayangnya, tim Texas A&M saat itu menelan kekalahan dari tim lawan, Ole Miss Rebels, dengan skor akhir 20 -35.


6. Stadion Terbesar di Dunia: Neyland Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Neyland Stadium

Neyland Stadium (via youtube.com)

Neyland Stadium, stadion ini berada di wilayah Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat. Seperti stadion-stadion di Amerika pada umumnya, Neyland Stadium juga digunakan untuk pertandingan olahraga American Football.

Stadion ini merupakan kandang dari tim Tennessee Volunteers dan tidak jarang juga menjadi venue pertandingan persahabatan kompetisi NFL (National Football League).

Dengan jumlah kapasitas bangku yang bisa menampung hingga 102.455 penonton membuat Neyland Stadium menjadi stadion terbesar kelima di Amerika dan stadion terbesar di dunia keenam.


7. Stadion Terbesar di Dunia: Tiger Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Tiger Stadium

Tiger Stadium (via ftw.usatoday.com)

Tiger Stadium berada di wilayah Baton Rouge, Lousiana, Amerika Serikat. Stadion yang pertama kali dibuka pada tahun 1924 silam dengan kapasitas yang hanya sebesar 12.000 penonton ini terus melakukan renovasi (tahun 1994, 2006, 2011, 2014) dan perluasan (tahun 1931, 1936, 1953, 1978, 1988, 2000, 2014) hingga kini kapasitasnya bisa mencapai 102.21 penonton.

Selain itu, stadion yang terkenal dengan sebutan ‘Death Valley’ ini pernah menggelar salah satu konser Taylor Swift dalam rangkaian The 1989 World Tour tanggal 22 Mei tahun lalu.


8. Stadion Terbesar di Dunia: Bryant–Denny Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Bryant-Denny Stadium

Bryant-Denny Stadium (via americanfootball.wikia.com)

Bryant–Denny Stadium merupakan kandang dari tim American Football, University of Alabama Crimson Tide. Stadion yang berada di  Tuscaloosa, Alabama, Amerika Serikat ini awalnya bernama Denny Stadium.

Dinamakan demikian karena untuk menghormati George H. Denny, presiden dewan mahasiswa (Student Council President/School’s President) pada tahun 1912 hingga 1932. Bryant–Denny Stadium sendiri dibuka pada tahun 1929.

Bryant–Denny Stadium juga merupakan stadion terbesar ketujuh di Amerika dan stadion terbesar di dunia kedelapan dengan kapasitas mencapai 101.821 penonton.


9. Stadion Terbesar di Dunia: Darrell K Royal–Texas Memorial Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Darrell K Royal–Texas Memorial Stadium

Darrell K Royal–Texas Memorial Stadium (via espn.go.com)

Darrel K Royal berlokasi di wilayah Austin, Texas, Amerika Serikat. Stadion Darrel K. Royal (biasa disingkat menjadi DKR) merupakan kandang dari tim American Football University of Texas at Austin Longhorns.

Stadion ini sebelumnya memiliki nama War Memorial Stadium, Memorial Stadium, dan Texas Memorial Stadium. Lalu, dinamakan menjadi Darrel K Royal untuk melakukan penghormatan kepada mantan pelatih dan legenda tim tersebut yang bernama sama, yakni Darrel K Royal. Perubahan nama ini dilakukan sejak tahun 1996 hingga kini, sehingga nama stadion disebut juga dengan Darrel K Royal – Texas Memorial Stadium.

Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 100.119 penonton. Dan pada tanggal 6 Oktober 2012 rekor penonton terbanyak terjadi ketika pertandingan antara Austin Longhorns yang melawan tim dari West Virginia dengan total 101.851 penonton saat itu.


10. Stadion Terbesar di Dunia: Melbourne Cricket Ground (MCG)


Stadion Terbesar di Dunia Melbourne Cricket Ground

Melbourne Cricket Ground (via liverpoolecho.co.uk)

Setelah posisi kedua hingga kesembilan diisi oleh stadion yang berada di Amerika Serikat, untuk posisi kesepuluh ini kita akan berpindah ke negara Australia.

Stadion Melbourne Cricket Ground (MCG) merupakan stadion yang biasa digunakan untuk pertandingan olahraga kriket. Melbourne Cricket Ground sendiri berlokasi di daerah Yarra Park, Melbourne, Victoria dan menjadi kandang dari tim Melbourne Cricket Club. Melbourne Cricket Club juga dipilih dan ditunjuk oleh pemerintah setempat untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan manajemen dan pengembangan Melbourne Cricket Ground.

Melbourne Cricket Ground, terkenal juga dengan sebutan ‘The G’, memiliki kapasitas hingga mencapai 100 ribu penonton, tepatnya 100.024 penonton.

 


11. Stadion Terbesar di Dunia: Camp Nou


Stadion Terbesar di Dunia Camp Nou

Camp Nou (via barcelona-home.com)

Visca Barca! Més que un club!

Siapa yang tak asing lagi dengan dua slogan di atas?

Ya! Stadion tersebesar kesebelas di dunia adalah stadion milik klub sepak bola raksasa asal Spanyol, yaitu Barcelona. Sesuai dengan nama klubnya, stadion Camp Nou berada di kota Barcelona, Spanyol.

Camp Nou sendiri berarti ‘Lapangan Baru’. Biasanya dalam bahasa Inggris stadion ini disebut kebalikannya, menjadi Nou Camp.

Camp Nou yang berkapasitas sebanyak 99.354 penonton ini menjadikannya sebagai stadion terbesar di Spanyol dan Eropa.

Lalu, bagaimana kira-kira dengan stadion rival abadi mereka, Real Madrid? Baca terus artikel ini sampai selesai yah. 🙂

 


12. Stadion Terbesar di Dunia: Estadio Azteca


Stadion Terbesar di Dunia Estadio Azteca

Estadio Azteca (via spectavius.com)

Siapa yang masih ingat dengan pertandingan Piala Dunia 1986 antara Argentina dengan Inggris yang melahirkan salah satu momen bersejarah dalam dunia persepakbolaan modern, yaitu gol ‘tangan tuhan’ Diego Maradona?

Ya! Pertandingan bersejarah tersebut diadakan di stadion ini, Estadio Azteca.

Estadio Azteca berlokasi di wilayah perkotaan Santa Ursula, Meksiko. Dengan kapasitasnya yang bisa menampung hingga 95.500 penonton ini membuat Estadio Azteca sering dijadikan tempat pertandingan-pertandingan penting dari berbagai kompetisi dunia yang bergensi.

Seperti pertandingan final World Cup tahun 1970 antara Brasil dengan Italia dan pertandingan final World Cup tahun 1986 antara Argentina dengan Jerman Barat.


13. Stadion Terbesar di Dunia: Soccer City Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Soccer City Stadium

Soccer City Stadium (via wallpart.com)

Afrika!

Soccer City, atau yang dikenal juga dengan nama First National Bank Stadium (FNB Stadium) ini merupakan stadion terbesar yang ada di benua Afrika.

Stadion ini memiliki kapasitas yang bisa mencapai hingga 94.736 penonton dan direnovasi serta diperluas pada tahun 2009 silam karena akan menjadi salah satu venue yang dipakai untuk putaran final Piala Dunia 2010.

Piala Dunia jugalah yang menyebabkan mengapa nama stadion ini disebut juga dengan Soccer City, karena nama FNB Stadium yang sudah ada sejak tahun 1989 tidak diperbolehkan dipakai karena mengandung nama yang tidak termasuk sponsor dari pergelaran akbar olahraga sepak bola tersebut.


14. Stadion Terbesar di Dunia: Los Angeles Memorial Sports Arena


Stadion Terbesar di Dunia Los Angeles Memorial

Los Angeles Memorial Sports Arena (via pl.wikipedia.org)

Sesuai dengan namanya, Los Angeles Memorial Sports Arena ini berada di wilayah Los Angeles, California, Amerika Serikat. Stadion yang memiliki nama lengkap Los Angeles Memorial Coliseum and Sports Arena ini merupakan kandang dari tim American Football,  the University of Southern California (USC) Trojans, dan menjadi kandang sementara tim Los Angeles Rams yang berlaga di ajang NFL (National Football League).

Mereka akan menjadikan Los Angeles Memorial Sports Arena ini sebagai kandang hingga musim kompetisi tahun 2018, ketika stadion baru mereka di Inglewood rampung.

Stadion pertama yang pernah menjadi penyelenggara Olimpiade sebanyak dua kali (1932 & 1984) ini memiliki kapasitas yang sangat besar, yakni total bisa mencapai 93.607 penonton.


15. Stadion Terbesar di Dunia: Sanford Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Sanford Stadium

Sanford Stadium (via gettyimages.com)

Sanford Stadium, merupakan stadion kandang dari tim Georgia Bulldogs. Bisa terlihat dari logo dan nama tim yang terpampang dengan besar di lapangan.

Stadion yang berlokasi di Athens, Georgia, Amerika Serikat ini memiliki kapasitas total yang bisa mencapai hingga 92.746 penonton. Menjadikannya sebagai stadion terbesar kesebelas di Amerika Serikat.

Selain itu besarnya stadion ini sesuai dengan capaian prestasi tim Georgia Bulldogs yang telah 48 kali mengikuti Bowl Games dan masuk keladam jajaran 5 besar tim yang sering mengikuti Bowl Games.

 


16. Stadion Terbesar di Dunia: Rose Bowl


Stadion Terbesar di Dunia Rose Bowl

Rose Bowl (via forbes.com)

Rose Bowl merupakan stadion besar yang berada di wilayah Pasadena, California, Amerika Serikat. Stadion yang dibangun pada tahun 1922 ini termasuk ke dalam salah satu bangunan bersejarah nasional Amerika (United States National Historic Landmark).

Selain itu, stadion yang memiliki kapasitas  92.542 penonton ini pernah menjadi host Super Bowl sebanyak 5 edisi dan menjadikannya sebagai stadion kedua terbanyak menjadi host Super Bowl.

Rose Bowl juga menjadi host tahunan dalam kompetisi Rose Bowl Game (Tournament of Roses) sejak tahun 1923 hingga sekarang. Pada salah satu pertandingan di Rose Bowl Games ini pula rekor jumlah penonton terbanyak dalam satu pertandingan berhasil diciptakan, tepatnya pada Rose Bowl Games edisi 1973 yang berhasil mendatangkan penonton sebanyak 106.869 orang.


17. Stadion Terbesar di Dunia: Memorial Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Memorial Stadium

Memorial Stadium (via youtube.com)

Stadion yang menjadi kandang dari tim American Football Nebraska Cornhuskers ini berada di wilayah University of Nebraska-Lincoln, Lincoln, Nebraska.

Memorial Stadium juga dikenal dengan sebutan “Sea of Red” karena para suporter yang mengenakan pakaian dan aksesoris berwarna serba merah ketika sedang dilangsungkannya pertandingan.

Dengan kapasitasnya yang bisa menampung hingga 85.000 penonton, Memorial Stadium masuk ke dalam jajaran 20 besar stadion terbesar di dunia.

Selain itu, ada makna dibalik penamaan Memorial Stadium ini. Nama Memorial Stadium muncul untuk memberikan penghormatan kepada seluruh warga Nebraska yang berjuang pada perang sipil antara warga Amerika dengan warga Spanyol serta penghormatan kepada 751 warga Nebraska yang mati di Perang Dunia I.


18. Stadion Terbesar di Dunia: Wembley Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Wembley Stadium

Wembley Stadium (via manicaarchitecture.com)

Mungkin bagi para pecinta sepak bola khususnya suporter tim-tim dari Liga Inggris sudah tidak asing lagi dengan stadion ini.

Wembley Stadium. Stadion terbesar di Inggris Raya dan terbesar kedua di Eropa ini memiliki kapasitas total yang bisa menampung hingga 90.000 penonton. Stadion yang berada di wilayah Wembley, kota London ini juga bisa digunakan untuk event seperti pertandingan rugby, American Football, maupun konser musik.

Lalu, untuk rekor penonton terbanyak di stadion yang sering disebut juga dengan nama New Wembley ini terjadi di perhelatan konser musik. Tepatnya, ketika seluruh tiket konser musik band Muse dan rapper Eminem terjual habis.

Bahkan, Muse menjadi artis yang pertama kalinya membuat seluruh tiket terjual habis selama 2 hari berturut-turut pada tahun 2007 silam, dengan total 180.00 tiket yang terjual.

Baca Juga: Logo Baru Liga Inggris (English Premier League) di Musim 2016/2017


19. Stadion Terbesar di Dunia: Ben Hill Griffin Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Ben Hill Griffin Stadium

Ben Hill Griffin Stadium (via visitgainesville.com)

“The Swamp”, julukan stadion yang mulai dibangun pada tahun 1930 ini. Ben Hill Griffin Stadium merupakan stadion yang digunakan untuk pertandingan olahraga American Football yang berada di wilayah kampus University of Florida, Florida, Amerika Serikat. Selain itu stadion ini juga merupakan kandang dari tim American Football University of Florida, Gators.

Selain itu, meskipun Ben Hill Griffin Stadium memiliki kapasitas sebesar 88.548 penonton tapi rata-rata penonton tiap pertandingannya bisa melebihi angka 90.000 penonton.

 


20. Stadion Terbesar di Dunia: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)


Stadion Terbesar di Dunia Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (via bola.net)

INDONESIA! *prok prok prok prok prok*

INDONESIA! *prok prok prok prok prok*

Siapa yang tidak tahu salah satu tempat bersejarah milik Indonesia ini? Tempat di mana kita bisa mendengarkan lantunan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan semangat yang berapi-api.

Tempat di mana rakyat Indonesia bersatu padu memberikan semangat kepada Tim Nasional Indonesia, tidak memperhatikan umur, ras, suku, agama, warna kulit, dan status.

Ya, Stadion Utama Gelora Bung Karno yang berkapasitas 88.306 penonton ini merupakan salah satu stadion termegah di Indonesia dan Asia.

Salah satu venue dan pertandingan besar yang pernah digelar di stadion terbesar di Indonesia ini adalah Piala Asia 2007 dengan partai final yang mempertemukan Irak dengan Arab Saudi.

Final tersebut juga menjadi saksi sejarah bagi Irak yang menjadi jawara Asia untuk yang pertama kalinya.


21. Stadion Terbesar di Dunia: Jordan–Hare Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Jordan-Hare Stadium

Jordan-Hare Stadium (via jmisports.com)

Jordan-Hare Stadium merupakan stadion untuk pertandingan olahraga American Football yang berada di wilayah Auburn, Alabama, Amerika Serikat. Stadion ini merupakan kandang dari tim American Football Auburn University.

Nama Jordan-Hare sendiri diambil dari 2 nama orang, yaitu Ralph Jordan (pelatih kepala yang paling sering meraih kemenangan) dan Cliff Hare (salah satu orang pertama yang berada di tim Auburn University).

Selain itu, lapangan (field) stadion yang berkapasitas 87.451 sejak tahun 2004 hingga sekarang ini memiliki nama juga, yaitu Pat Dye Field. Pat Dye Field sendiri diambil dari nama mantan pelatih Auburn, Pat Dye.


22. Stadion Terbesar di Dunia: Bukit Jalil National Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Bukit Jalil National Stadium

Bukit Jalil National Stadium (via geekstopten.com)

Jika Indonesia memiliki Stadion Utama Gelora Bung Karno, maka Malaysia memiliki Bukit Jalil National Stadium atau Stadion Nasional Bukit Jalil dalam daftar stadion terbesar ini.

Stadion yang bisa menampung hingga 87.411 penonton ini merupakan makas utama dari tim nasional sepak bola Malaysia, menggantikan Stadion Shah Alam dan Stadion Merdeka.

Selain digunakan untuk pertandingan sepak bola, stadion ini juga pernah digunakan untuk acara konser tur musik artis-artis terkenal mulai dari Taylor Swift, Linkin Park, hingga artis Korea, G-Dragon.


23. Stadion Terbesar di Dunia: Borg El Arab Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Borg El Arab Stadium

Borg El Arab Stadium (via scorem.co.uk)

Borg El Arab Stadium, merupakan stadion yang berada di wilayah Alexandria, Mesir. Stadion yang bisa menampung hingga 86.000 penonton ini merupakan markas utama dari tim nasional sepak bola Mesir.

Selain itu Borg El Arab Stadium juga merupakan stadion terbesar di Mesir dan terbesar kedua di benua Afrika.


24. Stadion Terbesar di Dunia: Stadium Australia


Stadion Terbesar di Dunia Stadium Australia

Stadium Australia (via cheap-heat.com)

Stadium Australia, yang dulu sempat memiliki nama komersial Telstra Stadium dan sekarang berganti nama ANZ Stadiu, merupakan stadion yang berlokasi di Sydney Olympic Park, Sydney, Australia.

Karena lokasinya yang berada di Sydney Olympic Park membuat Stadium Australia dikenal juga dengan sebutan Sydney Olympic Stadium atau Olympic Stadium.

Stadion yang selesai dibangun pada bulan Maret 1999 ini memiliki kapasitas total 84.000 penonton. Bahkan, kapasitas stadium ini mencapai 110.000 penonton ketika Olimpiade tahun 2000 berlangsung.


25. Stadion Terbesar di Dunia: MetLife Stadium


Stadion Terbesar di Dunia MetLife Stadium

MetLife Stadium (via delawarenorth.com)

MetLife Stadium merupakan stadion yang berada di East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 82.500 penonton.


26. Stadion Terbesar di Dunia: Croke Park


Stadion Terbesar di Dunia Croke Park

Croke Park (via crokepark.ie)

Croke Park merupakan stadion yang berada di Dublin, Irlandia.

Memiliki kapasitas total 82.300 penonton.


27. Stadion Terbesar di Dunia: Doak Campbell Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Bobby Bowden Field at Doak Campbell Stadium

Bobby Bowden Field at Doak Campbell Stadium (via gettyimages.com)

Doak Campbell Stadium merupakan stadion yang berada di Tallahassee, Florida, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 82.300 penonton.


28. Stadion Terbesar di Dunia: Gaylord Family Oklahoma Memorial Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Gaylord Family Oklahoma Memorial Stadium

Gaylord Family Oklahoma Memorial Stadium (via multihousingnews.com)

Gaylord Family Oklohama Memorial Stadium merupakan stadion yang berada di Norman, Oklohama, Amerika Serikat.

Stadion  yang juga terkenal dengan nama The Palace on the Prairie ini memiliki kapasitas stadion yang bisa menampung 82.112 penonton.


29. Stadion Terbesar di Dunia: FedEx Field


Stadion Terbesar di Dunia FedEx Field

FedEx Field (via sportswhereiam.com)

FedEx Field merupakan stadion olahraga American Football yang berada di Landover, Maryland, Amerika Serikat. Stadion yang merupakan kandang dari tim Washington Redskins memiliki nama asli Jack Kent Cooke Stadium.

Pada rentang waktu antara tahun 2004 hingga 2010 FedEx Field merupakan stadion terbesar yang ada di Amerika, dengan kapasitas yang bisa menampung hingga 91.704 penonton. Tetapi, sejak tahun 2011 terjadi beberapa renovasi yang mengakibatkan kapasitas FedEx Field sekarang hanya 82.000 penonton saja.


30. Stadion Terbesar di Dunia: Twickenham Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Twickenham Stadium

Twickenham Stadium (via englandrugby.com)

Twickenham Stadium merupakan stadion yang berada di London, Inggris.

Memiliki kapasitas total 82.000 penonton menjadikan Twickenham Stadium menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.


31. Stadion Terbesar di Dunia: Clemson Memorial Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Clemson Memorial Stadium

Clemson Memorial Stadium (via en.wikipedia.org)

Clemson Memorial Stadium, stadion yang terkenal juga dengan sebutan ‘Death Valley’ ini memiliki kapasitas yang bisa menampung hingga 81.500 penonton.


32. Stadion Terbesar di Dunia: Signal Iduna Park


Stadion Terbesar di Dunia Signal Iduna Park

Signal Iduna Park (via youtube.com)

Bagi para pecinta Liga Jerman atau Bundesliga pasti sudah tidak asing lagi dengan stadion milik klub yang identik dengan warna kuning ini.

Ya! Signal Iduna Park atau dikenal juga dengan nama Westfalenstadion, kandang salah satu klub raksasa Bundesliga dan rival tim Bayern Munich, yaitu Borussia Dortmund.

Stadion yang memiliki kapasitas sebanyak 81.359 penonton (untuk pertandingan liga) dan 65.829 penonton (untuk pertandingan internasional) ini bernama asli Westfalenstadion, tetapi dikarenakan adanya kontrak sponsor dengan sebuah perusahaan asuransi, Signal Iduna Group, membuat nama resmi stadion ini menjadi Signal Iduna Park hingga tahun 2012 nanti.

Selain itu, Signal Iduna Park pernah dinobatkan oleh The Times sebagai stadion terkenal dan terbaik di Eropa karena atmosfer yang diciptakan oleh para pendukung Dortmund tiap pertandingan selalu kompak dan maksimal.

Penasaran? Lihat video para suporter yang sedang mendukung Borussia Dortmund di bawah ini. 🙂

 

 


33. Stadion Terbesar di Dunia: Stade de France


Stadion Terbesar di Dunia Stade de France

Stade de France (via skyscrapercity.com)

Stade de France merupakan stadion nasional negara Prancis, seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno di Indonesia. Stadion yang memiliki kapasitas tempat duduk hingga bisa menampung 81.338 penonton ini menjadikannya sebagai stadion terbesar kelima di Eropa.

Stadion yang dibangun pada tanggal 2 Mei 1995 dan dibuka pada tanggal 28 Januari 1998 ini memang direncanakan menjadi salah satu venue Piala Dunia tahun 1998 yang bertempat di Prancis.

Bahkan, pada pertandingan final Piala Dunia tahun tersebut, stadion yang digunakan juga untuk pertanding rubgy ini berhasil menjadi saksi nyata kemenangan tuan rumah Prancis terhadap Brasil dan sekaligus mengukuhkan tim nasional Prancis menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.


34. Stadion Terbesar di Dunia: Estadio Santiago Bernabéu


Stadion Terbesar di Dunia Santiago Bernabéu Stadium

Santiago Bernabéu Stadium (via realmadrid.com)

Hala Madrid!

Santiago Bernabeu merupakan stadion yang berada di Madrid, Spanyol.

Memiliki kapasitas total 81.044 penonton.


35. Stadion Terbesar di Dunia: Notre Dame Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Notre Dame Stadium

Notre Dame Stadium (via proudtobe.nd.edu)

Notre Dame Stadium merupakan stadion yang berada di South Bend, Indiana, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 80.795 penonton.


36. Stadion Terbesar di Dunia: Lambeau Field


Stadion Terbesar di Dunia Lambeau Field

Lambeau Field (via stadiumsofprofootball.com)

Lambeau Field merupakan stadion untuk pertandingan olahraga American Football yang memiliki kapasitas sebesar 80.375 penonton. Stadion ini berlokasi di daerah Green Bay, Wisconsin, Amerika Serikat.

Salah satu peserta NFL (National Football League), Green Bay Packers, menggunakan Lambeau Field sebagai markas utama mereka.

Nama Lambeau sendiri berasal dari nama salah satu penemu Green Bay Packers, sekaligus pernah menjadi pemain dan pelatih Packers, yaitu Curly Lambeau. Nama ini resmi digunakan sejak Agustus 1965 sebagai bentuk penghormatan kepada Curly Lambeau yang meninggal dua bulan sebelumnya.


37. Stadion Terbesar di Dunia: Camp Randall Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Camp Randall Stadium

Camp Randall Stadium (via tiki-toki.com)

Camp Randall Stadium berlokasi di daerah Madison, Wisconsin, Amerika Serikat. Stadion yang digunakan untuk pertandingan olahraga American Football ini merupakan kandang dari tim American Football University of Wisconsin–Madison, yaitu Wisconsin Badgers football sejak tahun 1895.

Meski sudah digunakan sejak tahun 1985, tetapi Camp Randall Stadium baru berfungsi sepenuhnya sebagai stadion American Football mulai tahun 1917 hingga sekarang.

Jika pada tahun 1917 kapasitas Camp Randall Stadium hanya 11.900 saja, sejak tahun 2005 hingga sekarang kapasitas tempat duduk di stadion ini bisa menampung hingga 80.321 penonton.

 


38. Stadion Terbesar di Dunia: Williams-Brice Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Williams-Brice Stadium

Williams-Brice Stadium (via surveymonkey.com)

Williams-Brice Stadium merupakan stadion yang berada di Columbia, South Carolina, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 80.250 penonton.


39. Stadion Terbesar di Dunia: Estadio Monumental


Stadion Terbesar di Dunia Estadio Monumental

Estadio Monumental (via en.wikipedia.org)

Estadio Monumental merupakan stadion yang berada di Lima, Peru.

Memiliki kapasitas total 80.093 penonton.


40. Stadion Terbesar di Dunia: Stadio Giuseppe Meazza (San Siro)


Stadion Terbesar di Dunia Giuseppe Meazza (San Siro)

Giuseppe Meazza/San Siro (via youtube.com)

Bagi para pendukung klub rossoneri dan nerrazzuri pasti sudah tidak asing lagi dengan stadium ini.

Ya, Stadio Giuseppe Meazza atau dikenal juga dengan nama San Siro. Stadion yang berada di jantung kota Milan, Italia, ini merupakan markas dari dua klub sepak bola raksasa AC Milan dan Inter Milan.

Nama Stadio Giuseppe Meazza sendiri baru diresmikan pada tanggal 3 Maret 1980 sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Giuseppe Meazza yang pernah membela kedua klub Milan tersebut dalam rentang waktu tahun 1920an hingga 1940an. Selain itu Giuseppe Meazza juga pernaih meraih 2 gelar Piala Dunia bersama Italia pada tahun 1934 dan 1938.

Stadion yang akan menjadi venue pertandingan Final Liga Champions Eropa musim ini memiliki kapasitas bangku penonton yang mencapai angka 80 ribu, tepatnya 80.018 bangku.

Selain itu, stadion San Siro ini juga pernah digunakan sebagai tempat konser musik Bob Marley pada tanggal 27 Juni 1980 sekaligus menjadi rekor jumlah penonton terbanyak di Italia hingga kini. Saat itu jumlah penonton yang menonton konser musisi terkenal asal Jamaika ini adalah sekitar 120.000 orang.

 


41. Stadion Terbesar di Dunia: Guangdong Olympic Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Guangdong Olympic Stadium

Guangdong Olympic Stadium (via asean-cn.org)

Guangdong Olympic Stadium merupakan stadion yang berada di Guangzhou, Tiongkok.

Memiliki kapasitas total 80.012 penonton.


42. Stadion Terbesar di Dunia: AT&T Stadium


Stadion Terbesar di Dunia AT&T Stadium

AT&T Stadium (via thousandwonders.net)

AT&T Stadium merupakan stadion yang berada di Arlington, Texas, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 80.000 penonton.


43. Stadion Terbesar di Dunia: Grand Stade de Casablanca


Stadion Terbesar di Dunia Grand Stade de Casablanca

Grand Stade de Casablanca (via archiscene.net)

Grand Stade de Casablanca


44. Stadion Terbesar di Dunia: Beijing National Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Beijing National Stadium

Stadion Terbesar di Dunia Beijing National Stadium (via dailytrackpic.com)

Beijing National Stadium merupakan stadion yang berada di Beijing, Tiongkok.

Memiliki kapasitas total 80.000 penonton.


45. Stadion Terbesar di Dunia: Stade 5 Juillet 1962


Stadion Terbesar di Dunia Stade 5 Juillet 1962

Stade 5 Juillet 1962 (via www.aps.dz)

Stade 5 Juillet 1962 merupakan stadion yang berada di negara Algeria.

Memiliki kapasitas total 80.000 penonton.


46. Stadion Terbesar di Dunia: Stade des Martyrs


Stadion Terbesar di Dunia Stade des Martyrs

Stade des Martyrs (via mobembonacongo.blogspot.com)

Stade des Martyrs, atau yang memiliki nama lain  Stade des Martyrs de la Pentecôte (Martyrs of Pentecost Stadium) ini merupakan salah satu stadion terbesar yang berada di negara Kongo (Democratic Republic of the Congo), tepatnya di ibukota Kinshasa.

Stadion yang memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 80.000 bangku ini mulai dibangun pada tanggal 14 Oktober 1988 hingga 14 Oktober 1993. Lalu, satu tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 14 September 199 stadion yang awalnya bernama Kamanyola ini menggelar pertandingan sepak bola pertamanya bertepatan dengan inaugurasi stadion ini.

 


47. Stadion Terbesar di Dunia: Shanghai Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Shanghai Stadium

Stadion Terbesar di Dunia Shanghai Stadium (via stadiumguide.com)

Shanghai Stadium merupakan stadion yang berada di Shanghai, Tiongkok. Stadion ini biasa digunakan untuk pertandingan sepak bola, meskipun stadion ini juga menyediakan lintasan lari dan beberapa fasilitas atletik.

Shanghai Stadium juga merupakan markas dari tim sepak bola Shanghai International Port Group Football Club (Shanghai SIPG) yang berlaga di Chinese Super League.

Stadion ini termasuk salah satu stadion terbesar di Asia dengan kapasitas total mencapai 80.000 kursi penonton dan 65.ooo kursi penonton untuk pertandingan sepak bola.


48. Stadion Terbesar di Dunia: Arrowhead Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Arrowhead Stadium

Arrowhead Stadium (via gridironstadiumnetwork.com)

Arrowhead Stadium merupakan stadion yang berada di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat.

Memiliki kapasitas total 79.451 penonton.


49. Stadion Terbesar di Dunia: Estádio do Maracanã


Stadion Terbesar di Dunia Estádio do Maracanã

Estádio do Maracanã (via en.wikipedia.org)

Estádio do Maracanã merupakan stadion yang berada di Rio de Janeiro, Brasil.

Memiliki kapasitas total 78.838 penonton.


50. Stadion Terbesar di Dunia: Luzhniki Stadium


Stadion Terbesar di Dunia Luzhniki Stadium

Luzhniki Stadium (via skyscrapercity.com)

Daftar terakhir stadion terbesar di dunia ini adalah stadion yang berlokasi di kota Moscow, Rusia, yaitu Luzhniki Stadium.

Stadion yang masih termasuk ke dalam Luzhniki Olympic Complex ini merupakan markas dari tim nasional Rusia. Selain itu Luzhniki Stadium pernah menjadi markas dari tim-tim sepak bola seperti CSKA Moscow, Spartak Moscow, dan Torpedo Moscow.

Salah satu hal unik dari stadion yang memiliki kapasitas sebesar 78.360 adalah rumput lapangan yang berasal dari rumput buatan (sintetis) yang bernama FieldTurf. Stadion ini menggunakan rumput sintetis dikarenakan konsisi suhu di Rusia yang sangat dingin mengakibatkan stadion tidak bisa menggunakan rumput yang alami.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan kita setap hari. 😀

Comments (5)

  1. Khairul Zamri 23 May 2016
  2. Muhammad Khairi 24 May 2016
  3. Bayu 13 June 2016
  4. Anonymous 26 September 2016
  5. mangku giweng 8 December 2016

Leave a Reply