10 Nama Ibu Kota Negara Unik yang Jarang Kita Ketahui

Nama Ibu Kota Negara Unik Mungkin kita sudah familier dengan nama-nama seperti Jakarta, Kuala Lumpur, Bangkok, dan Dili. Ya! Mereka adalah nama-nama ibu kota negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Tapi tahukah kamu, kalau ada beberapa nama ibu kota negara lain yang jika kita perlihatkan ke teman-teman kita mungkin mereka akan mengernyitkan dahi karena belum pernah tahu nama tersebut.

Nah, ini dia 10 nama ibu kota unik yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya. 😀

1. Asmara

Kota_Asmara

madote.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) asmara itu berarti cinta. Mungkin itu ada hubungannya dengan ibu kota negara yang satu ini, Asmara City. Ibu kota negara Eritrea, negara yang berada di daerah timur Afrika, ini menjadi salah satu kota teraman di Afrika.

Asmara, atau yang biasa disebut juga dengan Asmera oleh penduduk lokal, merupakan kota terbesar yang berada di Eritrea. Mayoritas penduduk di kota Asmara berasal dari suku Tigrinya.

Bahasa yang sering digunakan di kota ini adalah bahasa Tigrinya, disusul oleh bahasa Arab, Italia, dan Inggris.

2. Bandar Seri Begawan

Bandar Seri Begawan

britannica.com

Mungkin kita jarang mendengar nama ibu kota yang terdiri hingga tiga kata dan ibu kota negara Brunei Darussalam ini menjadi salah satunya.

Bandar Seri Begawan, yang sebelum tahun 1970 terkenal dengan nama Brunei Town atau Bandar Brunei, merupakan kota terbesar yang berada di negara yang berbentuk kerajaan Islam monarki ini. Meski begitu, jumlah penduduk di kota ini hanya mencapai sekitar 80 ribu jiwa saja. Bandingkan dengan penduduk kota Jakarta yang bisa mencapai angka 10 juta jiwa pada siang hari.

Selain itu yang menjadi ciri khas kota ini adalah kita akan sering melihat masjid-masjid dan bangunan-bangunan yang memiliki kubah atau atap berwarna emas.

Kita juga bisa menemukan salah satu destinasi pariwisata yang unik di Bandar Seri Begawan, yaitu Kampoeng Anyer. Kampoeng Anyer, yang berarti kampung air, memiliki julukan Venice from the East. Ya, daerah Kampoeng Anyer merupakan perkampungan yang dibangun di atas perairan, layaknya kota Venesia yang berada di Italia.

BACA JUGA:  20 Negara Terkecil di Dunia yang Tidak Lebih Besar dari Jakarta

3. Lima

Lima City

vincemichael.files.wordpress.com

“Apa nama ibu kota Peru?”

“Lima!”

“Ya, sebutkan satu-satu…”

Ada yang sering mendengar tebak-tebakan seperti di atas? Ya, dari tebakan di atas memang benar ibu kota negara Peru adalah Lima. Tapi bukan berarti jumlah ibu kotanya ada lima yah.

Lima, kota yang didirikan pada 18 Januari 1535 oleh Francisco Pizzaro ini sekarang memiliki jumlah penduduk sekitar 6,2 juta jiwa.

Banyak tempat-tempat yang bisa kita datangi ketika melancong ke kota yang memiliki julukan City of the Kings ini, seperti bangunan-bangunan katedral dan istana peninggalan jaman penjajahan Spanyol maupun situs-situs arkeologi Inca kuno.

4. Ljubljana

Ljubljana City

paradiseintheworld.com

Ljubljana, merupakan ibu kota dari salah satu negara pecahan dari Yugoslavia, yaitu Slovenia.

Agak kesulitan melafalkan nama kota ini? Ya, Ljubljana tidak dilafalkan secara gamblang menjadi el-jub-li-ja-na, tetapi pelafalan yang benar adalah ‘liubliana‘. Nama Ljubljana berasal dari kata “Ljuba” yang berarti tercinta.

Sesuai dengan arti namanya, kota Ljubljana memang benar-benar bisa membuat kita jatuh cinta karena keindahan pemandangannya. Berada di antara pegunungan Alpen membuat kita disuguhi pemandangan kota dengan latar belakang sebuah gunung yang indah.

Selain itu, kota yang memiliki penduduk sekitar 300 ribu jiwa ini terkenal dengan pemandangan patung-patung manusia yang mudah kita temui dan bangunan-bangunan yang kental dengan nuansa eropa.

5. Nouakchott

Nouakchott City

flickr.com

Anda tahu kota ini berada di mana dan merupaka ibu kota negara apa?

Ya, Nouakchott merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar yang berada di negara Mauritania. Negara yang berada di barat laut benua Afrika dan berdekatan dengan negara-negara seperti Maroko, Mali, dan Senegal.

Kata Nouakchott berasal dari bahasa Berber atau Amazigh yaitu Nawākšūṭ, yang dalam bahasa Inggris berarti “Place of the Winds“. Dan cara melafalkan nama kota ini adalah Nuwakshuṭ.

6. Ouagadougou

Ouagadougou City

goafrica.about.com

Pernah mendengar kata Ouagadougou sebelumnya?

Ya, Ouagadougou merupakan ibu kota dan kota terbesar di Burkina Faso. Negara yang berada di wilayah Barat Afrika. Jumlah populasi warga di kota ini kurang lebih telah mencapai 1.500.000 jiwa.

BACA JUGA:  20 Negara Terkecil di Dunia yang Tidak Lebih Besar dari Jakarta

Kota yang memiliki industri utama berupa tekstil dan pengolahan makanan ini juga sering disebut dengan nama yang lebih singkat, yaitu Ouaga.

7. Paramaribo

Paramaribo City

exotischereizensuriname.nl

Pernah mendengar suatu negara selain Indonesia yang salah satu bahasa resminya adalah bahasa Jawa?

Ya, negara itu bernama Republik Suriname. Negara yang berada di benua Amerika Selatan ini dulunya bernama Guyana Belanda dan juga memiliki ikatan yang cukup erat dengan Jawa. Dulu, di masa penjajahan Belanda banyak orang-orang Indonesia, terutama yang berasal dari Jawa, dibuang ke Suriname. Hal tersebut menjadikan mayoritas warga di Suriname hingga kini merupakan keturunan orang Jawa.

Ibu kota sekaligus kota terbesar negara ini adalah Paramaribo. Salah satu hal unik yang bisa kita temukan di kota ini adalah banyak gedung-gedung tua yang memiliki ciri khas arsitektur Belanda.

Selain itu kita juga bisa menemukan dengan mudah orang-orang di sana yang memiliki nama yang kental dengan nuansa Jawa seperti Wongsosemito, Soelijanto, dan Ardjooetomo.

8. Reykjavik

Reykjavík City

en.wikipedia.org

Agak sulit melafalkan kota ini? Coba lafalkan seperti ini,  rayk-yə-veek.

Ibu kota dari negara Islandia ini termasuk salah satu kota terdingin di dunia. Ini dikarenakan posisi dari kota dan negara Islandia yang berada di ujung Utara dan dekat dengan daerah kutub. Pada musim dingin suhu di kota ini bisa mencapai di bawah −15 °C dan pada musim panas rata-rata suhu mencapai 10 – 15 °C.

Meskipun begitu, Reykjavik menjadi kota terbesar di Islandia dengan populasi mencapai 200.000 jiwa dan menjadi pusat kebudayaan, ekonomi, dan pemerintahan negara Islandia.

9. Tegucigalpa

Tegucigalpa City

mosaicotravel.com

Tegucigalpa, atau disebut juga dengan Tegus, merupakan ibu kota dari negara yang berada di kawasan Karibia, Amerika Tengah, yaitu Honduras. Sebelumnya ibu kota Honduras adalah Comayagua/Comayagüela hingga tahun 1880, setelah itu ibu kota berpindah ke Tegucigalpa.

Awalnya kota ini didirikan dengan nama “Real Villa de San Miguel de Tegucigalpa de Heredia” pada tanggal 29 September 1578. Salah satu hal unik dari kota Tegucigalpa adalah lokasinya yang tinggi, yaitu berada 990 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:  20 Negara Terkecil di Dunia yang Tidak Lebih Besar dari Jakarta

Pada tahun 1998, beberapa daerah di Tegucigalpa terkena dampak dari angin topan Mitch yang melanda Honduras. Hingga terjadi kerusakan yang amat parah dan mengakibatkan kondisi kota dan negara saat itu menjadi buruk.

10. Windhoek

Windhoek City

stereoimage.de

“Sudah sewindu, ku di dekatmu…”

Eits, ini bukan salah satu kata yang ada di lirik lagu Sepatu Tulus yah.

Windhoek, merupakan ibu kota negara Namibia. Dengan jumlah populasi sekitar 350 ribu jiwa menjadikan Windhoek sebagai kota terbesar di Namibia.

Kota ini berada di tengah Namibia dan berada kurang lebih 1.700 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Banyak sumber yang mengatakan asal-usul nama dari Windhoek, salah satunya diambil dari nama salah satu gunung yang berada di Tulbagh, Afrika Selatan, yaitu gunung Winterhoek.

Semoga bermanfaat. 😀

Comments (4)

  1. Anisa AE 22 March 2016
  2. Gizikita 22 March 2016
  3. Bagus 10 June 2016
  4. Bintang 3 August 2016

Leave a Reply