25+ Daftar Motif Batik Indonesia Terlengkap

Motif Batik Indonesia – Siapa yang tidak mengenal dengan salah satu karya seni dan warisan budaya Indonesia ini? Ya, pada artikel kali ini kita akan membahas segala hal tentang motif batik, khususnya motif batik di Indonesia yang sangat beragam.

Di zaman sekarang, sudah tak asing bagi kita melihat orang-orang memakai pakaian dengan motif batik-batik khas Indonesia. Bahkan, kini motif batik sederhana tersebut tidak hanya dipakai untuk kegiatan dan acara yang formal saja, tetapi juga telah menjadi gaya hidup (life style) sehari-hari.

Mulai dari orang tua hingga anak-anak, semua orang cocok untuk menggunakan warisan budaya turun temurun ini. Seiring perkembangan zaman, batik pun tidak hanya digunakan untuk pakaian formal saja (kemeja, gaun, dll), tetapi barang-barang lain juga banyak yang dikombinasikan dan dipadupadankan dengan keeksotisan dari batik.

Contohnya, kini sudah sering kita temui produk-produk tas, jaket, kaos, hingga sepatu yang dibuat dari corak dan motif batik Indonesia.

Motif Batik Indonesia

Kira-kira, dari sekian banyak motif batik yang ada di Indonesia, apa saja motif batik yang terkenal dan paling populer? Nah, artikel kali ini kita akan membahas daftar motif batik dari berbagai daerah di Indonesia serta motif batik yang mudah untuk digambar serta dibuat.

Penasaran? Baca artikel ini sampai selesai ya. 🙂

A. Pengertian Batik

Pengertian Motif Batik

steemimg.comc

Sebenarnya, apa itu batik? Pada bagian awal kita telah menyinggung sedikit bahwa batik merupakan salah satu karya seni dan budaya Indonesia yang terus dilestarikan secara turun temurun. Yang dilestarikan tidak hanya produk akhirnya, yaitu batik, tetapi proses pengerjaan serta makna dari motif batik pun juga diwariskan secara turun temurun.

Kata batik, diambil dari bahasa Jawa, yaitu dari kata ‘tik’ yang berarti titik. ‘Tik’ juga memiliki arti matik, yaitu kata kerja yang artinya membuat titik. Dari kata tersebut berkembanglah istilah ‘batik’ yang dikenal hingga kini.

Lalu, mengutip dari Wikipedia, batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan cara menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain tersebut. Setelah itu, pengolahan selanjutnya diproses dengan cara tertentu. Cara-cara tersebut yang membuat masing-masing motif batik memiliki kekhasannya masing-masing.

B. Ciri-ciri Batik

Batik dapat dibagi menjadi dua, yaitu batik tradisional dan batik modern. Masing-masing batik ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Di bawah ini, adalah ciri-ciri dari batik tradisional dan batik modern yang bisa kita gunakan untuk membedakan kedua batik tersebut.

1. Ciri-ciri Motif Batik Tradisional

Motif Batik Tradisional

batikdan.blogspot.com

– Coraknya memiliki arti simbolik.
– Ragam hias motif ular, pagoda, geometris, dan barong.
– Warna cenderung gelap (warna hitam, coklat kehitaman, dan putih).
– Motif batik ciri khas daerah asal.

2. Ciri-ciri Motif Batik Modern

Motif Batik Modern

batiklita.com

– Coraknya tidak memiliki arti simbolik tertentu.
– Ragam hias tumbuan, rangkaian bunga, dll.
– Warna cenderung bebas (warna biru, merah, ungu, dll.).
– Motif batik tidak memiliki ciri khas daerah asal.

C. Jenis Teknik Batik

Berdasarkan teknik cara membuatnya, batik dapat dibagi menjadi tiga (3) jenis, yaitu:

1. Teknik Batik Cap

Teknik Motif Batik Cap

negarawanindonesia.com

Yang pertama adalah teknik batik cap. Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dengan cara pengecapan. Jadi, kain-kain yang akan diberikan motif batik dibentuk dari cap yang terbuat dari tembaga. Proses pengerjaan dengan teknik ini bisa memakan waktu sampai 2-3 hari.

2. Teknik Batik Lukis

Teknik Batik Lukis

negarawanindonesia.com

Teknik yang kedua adalah teknik batik lukis. Teknik ini dilakukan dengan cara langsung melukiskan motif batik pada kain putih yang akan kita jadikan sebagai kain batik.

3. Teknik Batik Tulis

Teknik Motif Batik Tulis

anihaqqi.wordpress.com

Teknik yang terakhir ada teknik batik tulis. Teknik ini merupakan teknik dengan cara pengerjaan yang paling lama dibandingkan dengan dua teknik sebelumnya. Waktu pengerjaan batik tulis bisa mencapai dua hingga tiga bulan.

Hal ini disebabkan pembuatan corak dan motif batik dilakukan dengan menggunakan tangan (manual).

D. Batik Diakui oleh UNESCO

citizen6.liputan6.com

citizen6.liputan6.com

Sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, batik ternyata secara resmi telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) selaku Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan dari PBB, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober tahun 2009.

Sejak tahun tersebut, tanggal 2 Oktober dijadikan sebagai hari Batik Nasional. Pada hari tersebut, masyarakat di Indonesia merayakan momen disahkannya batik sebagai warisan budaya asli Indonesia dengan cara menggunakan batik terbaiknya.

Cara ini, meski sederhana dan simpel, menjadi aksi nyata masyarakat Indonesia untuk melestarikan dan memopulerkan motif batik Indonesia.

E. Daftar Motif Batik Sederhana dari Daerah di Indonesia

1. Motif Batik Aceh

Motif Batik Aceh

batik-tulis.com

2. Motif Batik Banten

Motif Batik Banten

batik-tulis.com

3. Motif Batik Banyumas

Motif Batik Banyumas

digibatik.com

4. Motif Batik Cirebon

Motif Batik Cirebon

batik-nusantara-sprachklasse.blogspot.co.id

Batik Cirebon memiliki salah satu jenis motif batik yang sangat terkenal, yaitu motif batik Mega Mendung. Salah satu ciri dari motif batik ini adalah pola yang berbentuk seperti awan dan diberi warna biru tua, hijau tua, merah tua, dan warna gelap lainnya.

Seperti contoh gambar batik di atas, pola awan pada batik Mega Mendung diberi kombinasi warna gradasi biru kehijauan dengan latar berwarna biru tua.

5. Motif Batik Jepara/Kartini

Motif Batik Jepara Kartini

mycarving21.blogspot.com

Batik Jepara dikenal juga dengan nama batik Kartini. Batik Jepara terkenal akan dua jenis motifnya, yaitu motif lama dan motif baru.

Ciri khas dari batik Jepara motif lama yaitu memiliki pola-pola dengan corak warna coklat dan putih. Selain itu unsur-unsur fauna dan flora seperti daun ulir hijau juga sangat kental dalam motif lama batik Jepara.

Sedangkan untuk motif baru batik Jepara ciri khasnya adalah batik tulis yang memiliki variasi yang beraneka ragam.

6. Motif Batik Jombang

Motif Batik Jombang

caramembatikcolet.blogspot.com

7. Motif Batik Kediri

Motif Batik Kediri

batikediri.blogspot.co.id

Batik yang selanjutnya adalah batik Kediri. Dilihat dari salah satu contoh gambar Kediri di atas, bisa kita lihat bahwa motif batik Kediri ini terdiri dari kumpulan pola berbentuk tanaman.

Meski begitu, kita juga bisa melihat jenis motif lainnya dari batik Kediri ini dengan motif yang terdiri dari kumpulan bulatan kecil yang salin membentuk pola.

Batik Kediri ini juga termasuk ke dalam daftar batik yang bisa kita gunakan baik dalam acara formal maupun acara yang tidak formal.

8. Motif Batik Kudus

Motif Batik Kudus

satujam.com

Motif batik yang selanjutnya adalah motif batik yang berasal dari wilayah Kudus. Jika dilihat dengan saksama, motif batik Kudus merupakan gabungan dari motif-motif batik daerah yang lain.

Daerah-daerah tersebut adalah Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Mengapa motif batik Kudus bisa terbentuk dari gabungan motif batik tiga kota tadi? Karena pada zaman dahulu, banyak sekali para pedagang yang membawa batik-batik dari Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta untuk dijual di kota Kudus.

Sehingga tidak heran kalau batik Kudus ini memiliki motif batik khas yang merupakan perpaduan dari batik Pekalongan, batik Solo, dan juga batik Yogyakarta.

9. Motif Batik Madura

Motif Batik Madura

bestofbatik.com

10. Motif Batik Malang

Motif Batik Malang

batikshuniyya.wordpress.com

Motif batik yang selanjutnya adalah batik Malang. Kebanyakan motif batik Malang memiliki pola yang berbentuk tanaman/flora maupun simbol-simbol kota Malang yang berbentuk candi maupun simbol kota lainnya.

Batik Malang juga terkenal dengan warna motifnya yang tidak terlalu gelap. Kombinasi warna biru yang dicampur dengan warna putih dan merah menjadi salah satu ciri khas dari batik Malang ini.

11. Motif Batik Pekalongan

Motif Batik Pekalongan

sehatcantikblog.blogspot.com

Salah satu ciri khas dari batik Pekalongan adalah motif batiknya yang mengandung unsur bunga. Memang, beberapa batik Pekalongan juga memiliki motif-motif fauna, tetapi kebanyakan motif batik Pekalongan adalah bunga dan tumbuh-tumbuhan.

Salah satu contohnya dari gambar batik Pekalongan di atas yang menampilkan unsur-unsur bunga dengan kombinasi warna biru, hijau, dan krem.

12. Motif Batik Solo

Motif Batik Solo

steemimg.com

Batik Solo merupakan salah satu batik yang sudah kita sering jumpai di masyarakat. Ciri khas warna coklat atau kecoklatannya membuat banyak orang senang memakai batik maupun barang yang memiliki motif batik Solo ini.

Batik yang disebut juga dengan nama batik sogan ini memiliki makna dan filosofi yang sangat bagus. Motif batik yang bergelombang menggambarkan gelombang-gelombang air sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan.

13. Motif Batik Tasikmalaya

Motif Batik Tasikmalaya

disparbud.jabarprov.go.id

Motif batik Tasikmalaya, atau batik Tasik, terkenal akan ciri khasnya yang memakan motif-motif yang berkaitan dengan alam. Untuk warna, batik Tasik sering menggunakan warna0wanra coklat, merah, merah marun, dan biru.

14. Motif Batik Tulungagung

Motif Batik Tulungagung

infotrenggalek.com

Motif batik Tulungagung juga termasuk ke dalam batik yang memiliki motif gabungan dari gambar fauna (seperti burung) dan tumbuhan atau tanaman.

Dipadukan dengan warna gelap seperti abu-abu, hitam, dan coklat, serta ditambah aksen warna ungu atau merah membuat batik ini terlihat semakin khas.

15. Motif Batik Yogyakarta

Motif Batik Yogyakarta

indo-batik.com

E. Daftar Nama Motif Batik dan Penjelasannya

1. Motif Batik Ceplok

Motif Batik Ceplok

batikdan.blogspot.com

2. Motif Batik Cuwiri

Motif Batik Cuwiri

kayanabatik.co.id

3. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung

putrikawung.wordpress.com

Motif batik yang selanjutnya berasal dari batik Kawung. Batik Kawung merupakan salah satu motif batik tertua yang pernah ada di Indonesia.

Dulu, motif batik Kawung ini hanya diperbolehkan untuk dipakai oleh orang-orang dari kerajaan dan dijadikan sebagai kain sarung untuk raja maupun untuk para permaisurinya.

Nama batik kawung diambil dari nama buah Kawung (buah aren) yang bentuknya menjadi motif utama dari batik yang sangat populer di Indonesia ini.

4. Motif Batik Kraton

Motif Batik Kraton

cepamagz.com

Motif batik yang selanjutnya berasal dari batik Kawung. Batik Kawung merupakan salah satu motif batik tertua yang pernah ada di Indonesia.

Dulu, motif batik Kawung ini hanya diperbolehkan untuk dipakai oleh orang-orang dari kerajaan dan dijadikan sebagai kain sarung untuk raja maupun untuk para permaisurinya.

Nama batik kawung diambil dari nama buah Kawung (buah aren) yang bentuknya menjadi motif utama dari batik yang sangat populer di Indonesia ini.

5. Motif Batik Lereng

Motif Batik Lereng

batikgarutku.com

6. Motif Batik Nitik

Motif Batik Nitik

kainusa.id

7. Motif Batik Parang Barong

Motif Batik Parang Barong

fimela.com

8. Motif Batik Parang Rusak

Motif Batik Parang Rusak

marinaelphick.wordpress.com

9. Motif Batik Sekar Jagad

Motif batik selanjutnya adalah dari batik sekar jagad. Motif sekar jagad berasala dari Yogyakarta. Oleh karena itu, batik sekar jagad juga sering disebut dengan istilah batik Jogja.

Jika dilihat, motif dari batik sekar jagad ini seolah-lah seperti kumpulan pulau-pulau. Sesuai dengan namanya, ‘kar jagad’ memiliki arti peta dunia. Sesuai dengan motif sekar jagad yang terlihat seperti kepulauan.

Selain itu, motif batik sekar jagad menampilkan gabungan antara keindahan serta kecantikan. Sangat cocok untuk dipakai dalam kegiatan-kegiatan formal.

10. Motif Batik Semen Rama

11. Motif Batik Sido Asih

12. Motif Batik Sido Luhur

13. Motif Batik Sidomukti

Motif sido mukti, atau sidomukti, merupakan motif bakti yang berasal dari kabupaten Magetan. Batik sida mukti ini terkenal akan motif dasar gambarnya yang menampilkan unsur bambu.

Bakti sida mukti juga memiliki maknanya tersendiri, yaitu harapan untuk mendapatkan ketenangan secara lahir dan batin.

Bakti sida mukti juga sering dikenakan bagi orang-orang yang akan menghadiri upacara adat maupun acara-acara formal dan resmi.

14. Motif Batik Sudagaran

15. Motif Batik Tambal

F. Motif Batik yang Mudah Digambar

1. Motif Indonesia Batik Bunga

2. Motif Indonesia Batik Kawung

3. Motif Indonesia Batik Mega Mendung

4. Motif Indonesia Batik Simetris

5. Motif Indonesia Batik Tirta Teja

Please rate this

Comments (3)

  1. Obatrindu 21 October 2016
  2. Admin 21 October 2016
  3. Jasa Penulis Artikel 22 October 2016

Leave a Reply