4 Khasiat Utama dan Manfaat Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Manfaat Madu – Madu merupakan cairan kental  berwarna kuning keemasan yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga. Rasa yang dihasilkan oleh madu pada umumnya lebih manis dan tidak lengket seperti sirup.

Nah, muncul pertanyaan. Mengapa rasa madu manis dan tidak lengket? Rasa manis yang dimiliki madu berasal dari proses reaksi kimia antara monosakarida, glukosa dan fruktosa. Dimana ketiga senyawa ini memberikan rasa manis layaknya seperti gula.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa rasa manis pada madu jauh lebih baik daripada gula. Kenapa? Karena sebagian besar kandungan madu adalah gula yang memiliki sejumlah vitamin. Dalam artian ada senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya antioksidan, chrysin, pinobanksin, katalase dan vitamin C.

Selain itu aktivitas atau kandungan air pada madu sangat sedikit. Hal ini lah yang menjadi alasan bahwa mikroorganisme atau bakteri sangat sulit berkembang dalam cairan madu.

Banyak sekali manfaat madu, misalnya dalam bidang makanan. Banyak orang menggunakan madu sebagai selai pada roti. Kemudian menggunakan madu sebagai rasa untuk membuat the atau minuman. Dan tidak sedikit juga mengkonsumsi madu tanpa diolah terlebih dahulu. Unggulnya madu dari gula ialah nutrisinya langsung diserap oleh tubuh tanpa mengalami proses pencernaan yang cukup panjang.

Kemudian dari sisi kesehatan, madu bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit bagian luar dan dalam. Contohnya jerawat, bintik-bintik halus, kulit kesat dan kering, mata panda serta lainnya bisa diobati dengan mengoleskan cairan madu ke bagian kulit tubuh yang sakit.

Di bawah ini kami jelaskan segudang manfaat madu bagi kesehatan manusia dan bisa berguna juga sebagai obat penggemuk badan.

1. Manfaat Madu: Menjaga Fungsi Saluran Cerna

Manfaat selanjutnya dari madu bagi kesehatan adalah mampu menjaga saluran cerna. Jenis madu yang tepat dalam kasus ini adalah madu hutan. Yakni dengan cara merutinkan minum satu gelas susu dengan tambahan dua sendok makan madu sebelum tidur. InsyaAllah esok harinya tubuh sistem pencernaan Anda lebih lancar.

BACA JUGA:  50 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Manfaat Madu: Memberi Tambahan Energi

Aktifitas yang padat pada siang hari tentu menguras energi dan ion tubuh. Apabila ini tidak diatasi maka akan berdampak pada menurunnya kerja. Oleh karenanya solusi yang ampuh menangani hal ini ialah dengan minum secangkir teh madu tanpa gula.

Dalam secangkir teh madu mengandung energi tambahan yang setara dengan karbohidrat dan ion tubuh. Terlebih lagi jika Anda seorang atlet yang selalu aktif bergerak dan sering lelah. Maka dari itu dengan mengkonsumsi madu akan memberikan dorongan energi secara instan sehingga tubuh dapat meningkat pesat.

3. Manfaat Madu: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat dan prima adalah impian setiap orang. Sebab dengan tubuh yang sehat akan menjadikan aktifitas seseorang menjadi lebih produktif. Berbeda halnya jika seseorang tersebut sakit. Ini berarti sistem imun tubuh sedang mengalami gangguan.

Kondisi tubuh kurang sehat bisa disebabkan karena kurangnya pasokan nutrisi dan gizi. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut seseorang senantiasa mencukupkan tubuhnya dengan mengkonsumsi madu agar kebutuhan gizi menjadi seimbang dan tubuh kebal terhadap serangan bakteri.

4. Manfaat Madu: Mampu Mengurangi Gejala Alergi dan Asma

Setiap tetesan madu terkandung zat anti-inflamasi. Yakni senyawa yang dapat mengobati dan mengurangi gejala alergi dan asma. Misalnya saja, penderita flu dapat diobati dengan meminum sesendok madu.  Saat madu diserap ke dalam organ tubuh manusia maka ia akan langsung bereaksi ke organ yang mengalami gangguan.

Demikianlah manfaat madu bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh. Intinya adalah mengkonsumsi madu secara rutin akan menyehatjan tubuh dan terhidar dari serangan bakteri berbahaya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. 😉

Leave a Reply