10 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Belimbing Wuluh – Belimbing merupakan salah satu tanaman buah yang sudah umum bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan, salah satu kota di Jawa Berat, yaitu kota Depok, menjadikan buah ini sebagai buah dan makanan khas kota Depok.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata tanaman buah yang berasal dari famili Oxalidaceae dan marga Averrhoa ini terbagi menjadi dua jenis yang berbeda?

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap salah satu jenis buah belimbing yang memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan kecantikan wajah, yaitu belimbing asam alias belimbing wuluh.

A. Asal Usul Belimbing Wuluh atau Belimbing Asam

Manfaat Belimbing Wuluh

jagakesehatan.com

Jadi, tanaman buah belimbing di bagi menjadi dua jenis, yang pertama jenis belimbing manis (Averrhoa carambola) dan jenis yang kedua adalah belimbing asam (Averrhoa bilimbi).

Belimbing asam ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan belimbing wuluh. Tanaman buah belimbing sendiri berasal dari negara Indonesia serta Malaysia.

Setelah itu persebaran buah belimbing secara merata ke daerah Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Kalimantan, dan negara lainnya.

Mengapa buah belimbing dapat tersebar ke daerah-daerah tersebut? Karena daerah tempat persebaran buah belimbing tersebut memiliki iklim dan cuaca yang hampir mirip dengan daerah asal buah belimbing ini, yaitu sekitar wilayah Jawa dan Sumatera.

Iklim dan cuaca yang sangat cocok dengan pertumbuhan dan budidaya buah belimbing adalah iklim yang kering dan tidak begitu basah.

B. Karakteristik dan Manfaat Belimbing Wuluh

Karakteristik Belimbing Wuluh

sehatsangat.blogspot.com

Kembali ke belimbing wuluh, buah ini sebenarnya memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat. Tapi sayangnya, masih jarang dan sedikit orang yang membudidayakan belimbing wuluh untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual kembali.

Belimbing wuluh sendiri merupakan salah satu tumbuhan berjenis pepohonan yang biasanya hidup di wilayah dengan ketinggian lima (5) hingga 500 meter dpl (di atas permukaan laut).

BACA JUGA:  4 Khasiat Utama dan Manfaat Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Tanaman buah belimbing wuluh ini sangat mudah tumbuh dan berkembang biak melalui cara cangkok (persemaian bijinya). Jika ditanam menggunakan biji, belimbing wuluh ketika berusia 3 hingga 4 tahun sudah mulai berbuah.

Dalam satu tahun buah belimbing wuluh yang sudah ditanam dapat berbuah hingga 1.500 buah perpohonnya.

Bentuk dari buah belimbing wuluh ini berbeda dengan belimbing manis pada umumnya. Jika buah belimbing manis identik dengan warnanya yang kuning dengan bentuk bintang, maka belimbing wuluh sama sekali berbeda.

Buah belimbing wuluh berbentuk lonjong, buah yang masih muda memiliki warna hijau muda dan baru ketika matang akan berwarna kuning kusam. Buah ini juga mengandung air yang banyak. Dan terakhir rasanya asam.

C. Faktor Jarangnya Budidaya Belimbing Wuluh

Budidaya Belimbing Wuluh

ruangtani.com

Setiap musim belimbing wuluh berbuah, maka buah yang dihasilkan sangat banyak karena buah belimbing wuluh tumbuh bergerombol. Meskipun begitu, ternyata tidak banyak orang yang menanam dan membudidayakan buah belimbing wuluh.

Tidak seperti belimbing manis yang banyak ditanam bahkan dijadikan kebun, belimbing wuluh bahkan sering diabaikan.

Salah satu faktornya adalah rasa belimbing wuluh yang asam sehingga jarang orang yang menanam buah dengan banyak manfaat ini.

Padahal, buah belimbing wuluh sangat mudah untuk ditanam serta diperbanyak.

Meski begitu, di daerah Aceh masih banyak masyarakat yang menanam dan membudidayakan buah belimbing wuluh.

Karena di sana buah belimbing wuluh yang sudah matang diolah kembali menjadi salah satu penyedap rasa alami. Penyedap rasa alami tersebut dikenal dengan nama asam sunti.

Selain sebagai penyedap rasa, air dari asam sunti ini juga bisa digunakan sebagai pengawet untuk daging dan ikan.

Buah belimbing wuluh juga memiliki khasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Juga bisa digunakan sebagai pembersih pakaian dan barang-barang yang terbuat dari tembaga, logam, atau tembaga.

D. Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah belimbing wuluh memiliki banyak khasiat dan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Hal ini disebabkan karena dalam belimbing wuluh kita dapat menemukan banyak sekali kandungan gizi yang bagus untuk menjaga kesehatan serta mengobati beberapa penyakit.

BACA JUGA:  50 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu kandungan gizi di dalam buah belimbing wuluh adalah vitamin C dan vitamin A. Kandungan vitamin yang banyak menjadikan belimbing wuluh berkhasiat sekali sebagai obat untuk penyakit batuk serta flu.

Kandungan gizi belimbing wuluh lainnya adalah:

  • Asam Format.
  • Kalsium Oksalat.
  • Kalium Sitrat.
  • Glukosid.
  • Tanin.
  • Saponin.
  • Sulfat.
  • Peroksida

E. Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Tadi kita sudah membahas apa saja kandungan di dalam buah belimbing wuluh yang ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Lantas, apa sajakah manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan?

Berikut ini adalah 7 manfaat belimbing untuk kesehatan serta dapat mengobati beberapa penyakit disertai dengan cara mengonsumsinya.

1. Mengobati Diabetes

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah bisa mengobati penyakit diabetes. Caranya adalah dengan melumatkan 6 buah belimbing wuluh, lalu hasil lumatan tersebut direbus dengan air satu gelas hingga airnya bersisa separuh.

Saring air rebusan tersebut dan bisa diminum sebanyak dua kali sehari. Air belimbing wuluh yang mengandung zat asamlah yang membantu penyembuhan diabetes di dalam tubuh kita.

2. Mengobati Batuk

Manfaat belimbing wuluh yang kedua adalah dapat dipakai untuk mengobati penyakit batuk. Bagaimana cara mengonsumsinya?

Pertama, ambil 3 buah belimbing wuluh, beberapa butir adas, satu cangkir gelas, dan gula secukupnya. Kedua, campur bahan-bahan tadi dan ditim selama beberapa jam.

Setelah air campuran tadi dingin, saring menggunakan kain yang bersih. Air hasil saringan tersebut diminum dua kali sehari (pagi dan malam) dalam kondisi perut yang kosong.

3. Mencegah Darah Tinggi (Hipertensi)

Manfaat belimbing wuluh yang ketiga adalah bisa mencegah dari terkena darah tinggi (hipertensi). Bagaimana cara mengonsumsinya?

Pertama, ambil 3 buah belimbing wuluh. Kedua, rebus buah tersebut dengan 2 gelas air sampai menjadi ½ air. Kemudian, minum air rebusan tersebut sebanyak satu kali dalam sehari.

4. Mengobati Sariawan

Manfaat belimbing wuluh yang selanjutnya adalah bisa dipakai untuk mengobati penyakit sariawan. Caranya adalah dengan langsung mengoleskan buah belimbing wuluh ini pada bagian yang terkena sariawan.

5. Mengobati Panu

Ternyata, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mengobati penyakit panu (panuan). Hal ini dikarenakan adanya sifat anti jamur pada belimbing wuluh yang dapat mematikan jamur penyebab panu.

Cara untuk menggunakan belimbing wuluh ini sangat mudah. Tinggal tempelkan buah belimbing wuluh yang sebelumnya sudah diparut pada bagian kulit yang terkena panu.

BACA JUGA:  40 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

 

F. Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan

Belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah kita. Masalah-masalah seperti jerawat dan pori-pori besar bisa diselesaikan dengan menggunakan belimbing wuluh.

Bagaimanakah caranya? Apa saja manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan selain itu?

1. Menghilangkan Jerawat

Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk menghilangkan jerawat adalah dengan cara:

  • Siapkan 6 belimbing wuluh.
  • Siapkan ½ sendok teh serbuk belerang.
  • Siapkan satu (1) jeruk nipis.
  • Giling belimbing wuluh, serbuk belerang, dan setelah itu campurkan dengan air jeruk nipis.
  • Hasil dari gilingan tersebut oles pada bagian wajah yang berjerawat.

2. Mengecilkan Pori-pori Besar

Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan cara:

  • Siapkan 5 belimbing wuluh.
  • Siapkan air garam secukupnya.
  • Tumbuk atau giling belimbing wuluh hingga halus.
  • Lalu tambahkan air garam secukupnya.
  • Hasil tumbukkan tersebut oles pada bagian wajah dengan pori-pori yang besar.
  • Tunggu selama 5-10 menit lalu basuh dengan air bersih.

3. Menjadi Lulur

Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk dijadikan sebagai lulur badan adalah dengan cara:

  • Siapkan 10 belimbing wuluh.
  • Siapkan air hangat secukupnya.
  • Cuci bersih belimbing wuluh.
  • Lumat belimbing wuluh yang sudah dicuci tadi hingga halus.
  • Tambahkan dengan air hangat secukupnya.
  • Kemudian lulurkan pada kulit atau bagian badan yang ingin diluluri.
  • Tunggu hingga 10 menit dan bilas hingga bersih.

4. Menjadi Masker Wajah

Cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk dijadikan sebagai masker wajah adalah dengan cara:

  • Siapkan 10 belimbing wuluh.
  • Cuci bersih belimbing wuluh.
  • Lumat belimbing wuluh yang sudah dicuci tadi hingga menjadi bubur.
  • Kemudian lulurkan pada seluruh wajah.
  • Tunggu hingga 10 menit dan bilas hingga bersih.

Manfaat dari lulur dan masker wajah belimbing wuluh ini adalah bisa untuk mencerahkan wajah, menghambat penuaan dini, serta melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

Hal ini disebabkan karena pada belimbing wuluh terdapat beberapa kandungan seperti vitamin A dan vitamin C yang dapat menjadi zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Lalu adanya kandungan vitamin dan mineral yang banyak dalam belimbing wuluh dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, menjadikan wajah awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Leave a Reply