5 Gambar dan Jenis Kutil yang Harus Kita Ketahui

Kutil (verruca/veruka), atau yang biasa disebut dengan istilah Papilloma dalam dunia medis merupakan penyakit yang menyerang kulit manusia dan dimasukkan kedalam jenis tumor ringan.

Meskipun termasuk jenis tumor yang ringan, kutil tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh karena bisa saja mengakibatkan efek negatif yang lebih besar.

Selain itu, kutil bisa menimbulkan gangguan ringan karena kutil yang berbentuk seperti daging lebih ini (yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan) jika tumbuh di bagian tubuh tertentu, seperti telapak kaki atau telapak tangan, bisa membuat kita tidak nyaman ketika sedang beraktfitas.

Lalu, hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah kutil memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Sesuai dengan bentuk dan tempat munculnya.

Nah, ini dia 5 jenis kutil (Papilloma) yang harus kita ketahui dan waspadai.


1. Kutil Biasa


Gambar dan Jenis Kutil Biasa

Common Warts (via pcds.org.uk)

Kutil jenis ini merupakan kutil yang paling sering kita temukan. Ukuran kutil biasa bermacam-macam, mulai dari ukuran 0,1 cm hingga 1 cm dan biasanya tumbuh di sekitar lutut dan jari. Bintil kulit terasa keras dengan permukaan yang kasar.

Selain itu, kutil biasa memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah kita yang beku.

Kutil biasa juga dikenal dengan sebutan verruca vulgaris.


2. Kutil Pipih


Gambar dan Jenis Kutil Pipih

Plane/Flat Warts (via noskinproblems.com)

Sesuai namanya, kutil ini memiliki bentuk datar atau pipih dengan warna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya. Kutil yang memiliki sebutan verruca plana atau plane warts ini umumnya diidap oleh anak-anak dan tumbuh pada bagian tangan, kaki, serta wajah.

Ukuran kutil pipih berkisar antara 0,2-0,4 sentimeter.


3. Kutil Periungual


Gambar dan Jenis Kutil Periungual

Periungual Warts (via dermnet.com)

Kutil periungal, atau biasa disebut juga dengan periungal warts, adalah kutil yang tumbuh pada kuku tangan dan kaki. Kutil jenis ini memiliki tekstur permukaan kasar. Selain terasa menyakitkan, pertumbuhan kutil ini juga dapat memengaruhi bentuk kuku.

Kutil ini sebenarnya bisa dikatakan masih termasuk kategori kutil biasa atau verruca vulgaris, hanya tempat tumbuhnya hanya berada di sekitar kuku tangan dan kaki.

Kutil periungal jika bisa mengakibatkan kerusakan pada kuku. Sehingga bisa mengakibatkan rasa sakit di sekitar jari bahkan kerusakan pada kuku. Jika kita sudah terkena kutil periungal sebaiknya kuku kita potong atau dilepas untuk menghindari efek yang lebih buruk. Sebaiknya ketika akan melepas kuku berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.


4. Kutil Filiformis


Jenis Kutil Filiformis

Filiformis Papilloma (via hakanbuzoglu.com)

Jenis kutil ini memiliki bentuk yang memanjang dan biasa tumbuh pada area wajah, leher, dan ketiak. Kutil filiformis juga umumnya muncul di kelopak mata.

Kutil filiformis dikenal juga dengan sebutan filiform warts atau verucca filiformis.


5. Kutil Plantar


Gambar dan Jenis Kutil Plantar

Plantar Papilloma (via gaitway.com.au)

Kutil jenis ini mungkin merupakan yang paling sering ditemui oleh banyak orang. Ya, kutil plantar ini lebih terkenal dengan istilah “mata ikan”. Bentuknya yang menjorok ke dalam kulit sering menyebabkan area yang terkena kutil ini terasa sakit jika tertekan.

Kutil yang berbentuk pipih dan memiliki ciri khas titik hitam di tengah dengan daerah berwarna putih di sekitarnya yang mengeras ini umumnya tumbuh di bagian telapak kaki.

Meskipun beberapa kutil plantar juga ditemui di bagian-bagian tubuh lainnya, seperti telapak tangan.

Selain itu, kutil plantar juga disebut dengan verrucas atau plantar warts.

Semoga bermanfaat! 🙂

Leave a Reply