8 Fitur Aplikasi Whatsapp Yang Perlu Kita Ketahui

Siapa yang tidak tahu WhatsApp Messenger? Sebuah aplikasi pengirim pesan instan (instant messaging) yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone. Awalnya, aplikasi Whatsapp, yang dikembangkan oleh WhatsApp Inc., hanya bisa di-install dan digunakan para pengguna iPhone, tetapi seiring perkembangannya aplikasi WhatsApp bisa juga digunakan di smarphone lain, seperti Android dan BlackBerry.

Berdasarkan info dari website resminya, hingga hari ini sudah sekitar 1 milyar orang yang telah meng-install dan menggunakan WhatsApp di smartphone mereka.

Apa yang membuat aplikasi WhatsApp digandrungi oleh banyak orang hingga kini? Ada beberapa hal seperti aplikasi yang gratis, tidak ada tampilan iklan yang mengganggu, dan para pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir kehabisan pulsa karena WhatsApp mengandalkan  koneksi internet melalui jaringan GPRS/EDGE/3G/4G atau wifi untuk menjalankannya.

Apalagi setelah WhatsApp diakuisisi oleh perusahaan besar Facebook di tahun 2014 banyak inovasi dan perkembangan terbaru yang ada di aplikasi WhatsApp.

Berikut ini terdapat sepuluh fitur terbaru yang bisa kita nikmati di aplikasi WhatsApp.

1. Membuka WhatsApp via Web Browser

Membuka WhatsApp Via Web Browser

Sekarang Kita Sudah Bisa Juga Membuka WhatsApp Via Web Browser

Jika sebelumnya kita hanya bisa membuka aplikasi WhatsApp via smartphone saja, sekarang kita bisa membuka WhatsApp via web browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Opera.

Caranya adalah dengan membuka tautan https://web.whatsapp.com di web browser kita. Setelah itu scan QR Code yang ada di laman tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kita. Nanti web tersebut langsung tersinkronisasi dengan WhatsApp kita yang ada di smartphone.

Beberapa kekurangan dari fitur ini adalah smartphone kita harus terhubung dengan koneksi internet ketika ingin menggunakan fitur WhatsApp di web dan fitur ini belum tersedia untuk pengguna iOS.

BACA JUGA:  Tahukah Kamu Kalau Semua Nama OS Android Berasal dari Nama Makanan dan Sesuai dengan Urutan Alfabet?

2. Kita Bisa Mengetahui Apakah Chat Kita Telah Diterima dan Dibaca

Arti Tanda Centang di WhatsApp

news.hargatop.com

Sekarang kita bisa mengetahui apakah pesan kita telah diterima (delivered) dan telah dibaca (read) oleh orang yang kita kirimi pesan di WhatsApp.

Caranya dengan melihat tanda centang di ujung kanan bawah pesan chat kita. Jika yang muncul satu tanda centang berwarna abu-abu itu bertanda pesan kita telah terkirim, jika yang muncul dua tanda centang berwarna abu-abu itu bertanda pesan kita telah diterima, dan jika yang muncul dua tanda centang berwarna biru itu bertanda pesan kita telah dibaca.

Selain itu kita juga bisa melihat kapan pesan kita telah terkirim, diterima, dan dibaca dengan detail dengan cara tekan pesan chat selama 2-3 detik lalu tap tanda tombol Info (lambang ‘i’ dalam lingkaran). Cara ini juga bisa kita lakukan ketika ingin melihat siapa saja yang sudah membaca pesan chat kita di dalam grup WhatsApp.

3. Terganggu dengan Chat di Grup WhatsApp yang Terlalu Ramai? Sekarang Kita Bisa Mute Grup WhatsApp Yang Kita Inginkan

Mute WhatsApp Group

allprogadgets.com

Punya group chat yang cukup banyak di WhatsApp? Dan terkadang terganggu dengan notifikasi yang muncul dari grup yang muncul setiap saat seolah tak ada hentinya?

Sekarang dengan fitur terbaru dari WhatsApp kita bisa mengurangi dan terhindar dari gangguan tersebut.

Caranya dengan tap bagian menu setting (titik tiga yang berada di pojok kanan atas) pada group chat yang kita ingin matikan notifikasinya dan lalu pilih mute. Nantinya kita diberi opsi untuk memilih berapa lama kita ingin mengaktifkan mute.

Bisa selama 8 jam, satu minggu, atau selama satu tahun penuh. Selain itu kita bisa memilih apakah tetap bisa menerima tampilan notifikasi ataupun tidak di top bar smartphone kita.

Mute Grup WhatsApp

fieldguide.gizmodo.com

4. Bisa Membuat Shortcut Chat yang Diinginkan di Home Screen Smartphone Kita

Create Shortcuts to WhatsApp

nerdmagazine.com

Sedang ada obrolan penting dengan teman, pasangan, atau rekan kerja dan perlu merespon chat WhatsApp mereka dengan cepat? Atau butuh mengakses chat yang sering kita buka dengan mudah dan simpel?

BACA JUGA:  Tahukah Kamu Kalau Semua Nama OS Android Berasal dari Nama Makanan dan Sesuai dengan Urutan Alfabet?

Sekarang kita bisa memunculkan chat dalam bentuk shortcut di home screen smart phone kita. Dengan cara tap menu di chat yang kita ingin munculkan shortcut-nya, kemudian tap bagian More dan Add shortcut.

Chat akan muncul di home screen kita dan sekarang kita bisa mengakses chat tersebut dengan mudah dan simpel tanpa harus bersusah-susah membuka dan mencari lagi di aplikasi WhatsApp.

5. Mematikan Fitur ‘Last Seen’ Sehingga Tidak Bisa Dilihat Orang Lain

WhatsApp Last Seen

appdownloadcenter.com

Kesal ketika pesan chat kita tidak dibalas oleh teman padalah status last seen teman kita sedang online atau tidak berbeda jauh dengan waktu pesan terkirim? Atau terkadang kita malas menanggapi chat teman dengan tidak membuka aplikasi WhatsApp karena enggan status last seen kita terlihat oleh mereka?

Sekarang kita sudah bisa menghilangkan status last seen kita, atau lebih tepat tidak menampilkannya. Sehingga orang-orang tidak bisa melihat kapan terakhir kali kita membuka dan online di WhatsApp.

Caranya dengan membuka settings, lalu pilih account dan privacy.

Di bagian tersebut kita bisa mengubah pengaturan siapa saja yang bisa melihat status last seen kita. Jika kita ingin semua orang tidak bisa melihat status last seen kita tinggal pilih opsi nobody. Meskipun orang lain tidak bisa melihat status last seen kita, kita pun juga tidak bisa melihat status last seen orang lain jika memilih opsi nobody.

Di bagian privacy ini kita juga bisa mengubah pengaturan untuk Profile Photo dan Status kita.

6. Butuh Info Lokasi Teman Kamu? Share Location Aja!

Share Location WhatsApp

gadgets.ndtv.com

“Eh, lu lagi di mana sekarang?”

“Bro, gua udah di lokasi buat rapat kita nanti sore yah.”

Shareloc aja yah bro, thanks.”

Tak jarang pesan seperti di atas kita temui dalam percakapan kita di WhatsApp, entah di personal chat maupun group chat.

Sekarang, WhatsApp sudah memfasilitasi kita dengan fitur Share Location. Fitur yang memudahkan untuk memberitahukan lokasi kita berada sekarang dengan mudah.

Caranya dengan tap ikon yang berbentuk seperti paperclip lalu pilih Location. Setelah itu kita bisa langsung mengirimkan lokasi di mana kita berada saat itu.

BACA JUGA:  Tahukah Kamu Kalau Semua Nama OS Android Berasal dari Nama Makanan dan Sesuai dengan Urutan Alfabet?

Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS di smartphone kita untuk memaksimalkan fitur ini.

7. Sekarang Kita Juga Bisa Mengirim Archive Chat ke Email yang Kita Inginkan

Email Chat WhatsApp

id.recover-android.tips

Sekarang kita bisa mengirim atau menyimpan archive chat yang ada di aplikasi WhatsApp melalui email. Nanti kita bisa memilih apakah media files (gambar, video, audio, dll.) yang terdapat di chat tersebut akan kita lampirkan juga atau tidak. Selain itu emoji-emoji yang kita gunakan di chat tersebut juga dilampirkan dan tidak hilang.

Caranya adalah dengan tap menu yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih more dan Email chat. Setelah itu kita akan diberikan pilihan ingin mengirimkan archive chat tersebut melalui aplikasi apa (Mail, Gmail, Inbox, dll.)

8. Tidak Hanya Pesan Teks, Pesan Berbentuk Gambar pun Sekarang Bisa Kita Forward Juga

WhatsApp Forward Icon

Dulu, mungkin kita agak terkendala ketika ingin mem-forward pesan yang berbentuk gambar di WhatsApp kita. Berbeda dengan pesan teks yang bisa langsung dengan mudah kita forward ke chat teman yang kita inginkan, dulu kita perlu menyimpan gambar yang ingin kita forward lalu melampirkannya kembali di chat teman yang ingin kita kirimkan pesan gambar tersebut.

Terlihat rumit, kan?

Tetapi sekarang dengan adanya perkembangan baru kita sudah bisa mem-forward pesan berbentuk gambar dengan mudah. Bahkan, pesan berbentuk video pun bisa kita forward juga dengan mudah.

Caranya dengan menyentuh pesan gambar atau video yang ingin kita forward selama 2-3 detik, lalu akan muncul menu berbentuk tanda panah ke kanan di atas. Tekan tanda panah tersebut dan kita sudah bisa mem-forward pesan tersebut ke chat yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat! 😀

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply