10 Contoh Simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasannya Lengkap

Contoh Simbiosis Mutualisme – Di dalam kehidupan, pasti antar makhluk hidup selalu melakukan interaksi, baik interaksi antar sesama makhluk yang sama maupun interaksi antara makhluk yang berbeda.

Karena, dalam setiap sendi kehidupan tiap makhluk hidup atau organisme yang saling hidup berdampingan pasti akan melakukan interaksi yang menciptakan keseimbangan alam.

Di dalam dunia biologi, interaksi antara dua makhluk hidup atau organisme yang saling hidup berdampingan disebut dengan istilah simbiosis.

Istilah simbiosis ini berasal dari kata atau bahasa Yunani, yaitu kata ‘sym’ yang berarti dengan dan kata ‘biosis’ yang berarti kehidupan.

Sedangkan, istilah untuk makhluk hidup atau organisme yang melakukan simbiosis adalah simbion.

Tetapi, hal yang perlu diperhatikan di dalam simbiosis ialah simbiosis ini merupakan interaksi yang terjadi antara dua (2) makhluk hidup atau organisme yang saling berlainan jenis. Dan kedua makhluk hidup tersebut hidup berdampingan.

Simbiosis ini juga memiliki beberapa bentuk atau macam yang berbeda-beda, salah satunya adalah simbiosis mutualisme.

A. Simbiosis Mutualisme

Contoh Simbiosis Mutualisme

miung.com

Simbiosis yang pertama adalah simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme merupakan simbiosis yang mana interaksi antara dua makhluk hidup saling menguntungkan kedua makhluk hidup tersebut.

Jadi simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

Di bawah ini merupakan berbagai macam contoh simbiosis mutalisme yang bisa kita temui di dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja?

1. Contoh Simbiosis Mutualisme Lebah dengan Bunga

Simbiosis mutualisme yang pertama adalah interaksi antara lebah dengan bunga. Pada simbiosis ini, lebah yang membutuhkan makanan (madu) akan mendapatkannya dari bunga.

Sedangkan bunga akan mendapat keuntungan dari lebah tersebut dalam hal proses penyerbukannya. Karena dalam hal ini serbuk sari akan menempel di kaki lebah yang nantinya akan jatuh di putik bunga.

Bunga pun akan terbantu proses penyerbukannya dan lebah bisa mendapatkan makanan atau madu dari bunga tersebut.

2. Contoh Simbiosis Mutualisme Kerbau dengan Burung Jalak

Contoh Simbiosis Mutualisme Kerbau dengan Burung Jalak

topsy.one

Simbiosis mutualisme yang kedua ini mungkin sudah sering kita temukan dalam materi-materi pelajaran sekolah. Ya, simbiosis mutualisme yang selanjutnya adalah interaksi antara kerbau dengan burung jalak.

Pada simbiosis ini, terdapat interaksi antara kedua makhluk hidup ini yang saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Di satu sisi, burung jalak yang sedang mencari makanan dapat memakan kutu-kutu yang terdapat di kulit kerbau tersebut.

Jadi ketika kita melihat burung jalak sedang hinggap di atas kerbau besar kemungkinan burung jalak tersebut sedang memakan kutu-kutu yang berada di kulit kerbau.

Di satu sisi yang lainnya, kerbau akan terbantu atas aktivitas burung jalak tadi. Karena secara tidak langsung kutu-kutu yang mengganggu dan membuat gatal sang kerbau akan hilang.

Rasa gatal pun akan berkurang atau hilang dan kerbau menjadi tidak terganggu lagi.

3. Contoh Simbiosis Mutualisme Lalat dengan Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldi)

Contoh Simbiosis Mutualisme Lalat dengan Bunga Bangkai

dedlee30.blogspot.co.id

Simbiosis mutualisme yang ketiga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simbiosis mutualisme yang pertama. Pada simbiosis mutualisme ini terjadi interaksi antara lalat dengan bunga bangkai (Rafflesia arnoldi).

Pada simbiosis ini, lalat diuntungkan dengan mendapatkan makanan yang didapatkan dari sari bunga bangkai. Sedangkan bunga bangkai diuntungkan dengan lalat yang dapat membantu penyerbukan bunga tersebut.

4. Contoh Simbiosis Mutualisme Lebah dengan Bunga Sepatu

Contoh Simbiosis Mutualisme Lebah dengan Bunga Sepatu

mutiarasunnah.org

Simbiosis mutualisme yang keempat juga sama seperti dengan simbiosis mutualisme yang pertama, bedanya pada simbiosis mutualisme ini interaksi yang terjadi adalah lebah dengan bunga yang lebih spesifik, yaitu bunga sepatu.

5. Contoh Simbiosis Mutualisme Ikan Badut dengan Anemon

Simbiosis mutualisme yang kelima adalah interaksi antara ikan badut (clown fish) dengan anemon laut. Ikan badut yang terkenal dalam salah satu film animasi ini, Nemo, memang biasanya tinggal atau masuk ke dalam anemon-anemon yang berada di lautan.

Hal ini ternyata merupakan salah satu simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan kedua makhluk hidup ini. Tidak hanya ikan badut yang mendapatkan keuntungan.

Jadi, di dalam simbiosis ini ikan badut masuk ke dalam anemon ketika mendapatkan ancaman yang berbahaya dari ikan lainnya yang akan memangsa ikan badut.

Tentakel dari anemon yang bisa menyengat serta beracun inilah yang membuat ikan-ikan yang akan memangsa tidak jadi memakan ikan badut karena ikan badut tersebut telah berlindung di antara tentakel-tentakel anemon tadi.

Memang, kulit dan sisik ikan badut kebal dengan racun dan sengatan yang terdapat di dalam vesikel tentakel anemon.

Lalu, anemon pun dapat keuntungan dari interaksi ini karena ikan-ikan badut yang berada di dalam anemon akan  memakan parasit-parasit yang berupa invertebrata kecil.

Selain itu, kotoran yang dikeluarkan oleh ikan badut ini bisa menjadi makanan dan nutrisi bagi para anemon laut.

6. Contoh Simbiosis Mutualisme Manusia dengan Bakteri Escherichia coli

Simbiosis mutualisme yang keenam adalah interaksi yang terjadi antara manusia (yaitu usus besar) dengan bakteri Escherichia coli atau disingkat E. coli.

Pada interaksi ini kedua pihak saling diuntungkan. Pertama, manusia diuntungkan dengan bakteri ini yang membantu proses pembusukan makanan di bagian usus besar.

Sedangkan bakter E. Coli diuntungkan dari proses pembusukan ini karena mendapatkan makanan-makanan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply