Bukan Hanya Kucing Anggora Saja, Tapi Kucing Kampung Juga Harus Dirawat dengan Baik dan Benar Loh

Cara Merawat Kucing Kampung – Siapa bilang hanya kucing anggora, kucing persia, dan kucing-kucing ‘mahal’ lainnya saja yang boleh dirawat dengan perawatan yang terbaik dan benar. Ternyata, kucing kampung juga harus kita rawat dengan baik dan benar juga loh.

Kucing yang biasa disebut juga dengan nama kucing domestik atau kucing lokal ini merupakan jenis kucing yang sering kita temui. Karena memang kebanyakan kucing kampung hidup dengan liar dan jarang yang memeliharanya. Orang-orang lebih memilih memelihara kucing ras (seperti persia dan anggora) karena memiliki penampilan yang lebih menarik meskipun harga perawatannya bisa lebih mahal.

Lalu, bagaimana cara merawat kucing-kucing kampung yang kita pelihara? Berikut ini ada 7 cara merawat kucing yang dikutip dari seputarkucing.com:

 


1. Memandikan si Kucing


Memandikan Kucing Cara Merawat Kucing Kampung

Memandikan Kucing (via binatangpeliharaan.org)

Hal yang pertama kali bisa kamu lakukan untuk merawat kucing kamu adalah dengan cara memandikannya dengan rutin.

Iya, bukan hanya kucing ras seperti kucing persia, kucing anggora, dan kucing siam yang harus rutin dimandikan, tetapi kucing kampung peliharaanmu juga harus dimandikan dengan rutin juga loh.

Selain karena untuk kebersihan dan menjaga kesehatan kucingmu, kegiatan memandikan kucing ini juga untuk menghilangkan dan menghindari kucing peliharaanmu dari gangguan kutu.

Kamu bisa membeli sampo khusus kucing di toko-toko hewan terdekat ya.


2. Berikan Vitamin


Vitamin Kucing Cara Merawat Kucing Kampung

Ilustrasi Vitamin Kucing (via domashnilubimci.eu)

Eits, kucing juga butuh asupan vitamin juga loh. Jangan lupa untuk membeli vitamin khusus kucing atau jika tidak ada kamu bisa memberikan kucingmu dengan kuning telur.


3. Memberikan Pakan Daging Ayam Rebus


Rebusan Daging Ayam Cara Merawat Kucing Kampung

Beri Rebusan Daging Ayam (via photobucket.com)

Bagi kucing kampung (dan beberapa kucing jenis lainnya), daging ayam merupakan makanan terlezat dan ternikmat bagi mereka.

Kamu bisa mencoba memberikan kucing kampung peliharaan kamu dengan rebusan daging ayam yang telah dipotong-potong agar mereka bisa mudah memakannya.

BACA JUGA:  40 Jenis dan Gambar Ikan Koi yang Paling Populer di Indonesia

Bisa juga dicampurkan dengan nasi putih atau nasi merah.

 


4. Jangan Memberikan Ikan Asin


Jangan Beri Ikan Asin Cara Merawat Kucing Kampung

Jangan Beri Ikan Asin (via papasemar.com)

Loh? Bukannya kucing suka makann ikan yah?

Memang, sebaiknya kita menghindari memberi makan kucing kampung peliharaan kita dengan ikan asin. Karena bisa mengakibatkan bulu mereka mudah rontok.

Gak mau kan melihat rumah kita penuh dengan bulu-bulu mereka yang rontok dan bau ikan asin yang menyengat dan mengganggu? 🙂


5. Boleh Juga Memberikan Pakan Khusus Kucing


Makanan Khusus Kucing Cara Merawat Kucing Kampung

Makanan Khusus Kucing (via whiskas.ca)

Selain memberikan makanan-makanan seperti daging ayam, kamu juga bisa loh memberikan kucing kampung peliharaanmu dengan makanan khusus kucing.

Ya, kucing kampung juga sangat menyukai makanan ini, karena kandungan, rasa, dan bentuknya yang memang cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai jenis kucing.

Ada beberapa jenis makanan kucing yang bisa kamu beli di supermarket atau toko khusus hewan terdekat, seperti Whiskas, Friskies, dan Me-O.


6. Membersihkan Telinga si Kucing


Membersihkan Telinga Cara Merawat Kucing Kampung

Membersihkan Telinga Kucing (via okdogi.com)

Meskipun kucing merupakan hewan yang suka membersihkan dirinya sendiri, tetapi bagian telinga atau kupingnya adalah bagian yang sulit dijangkau oleh lidahnya.

Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan telinga kucingmu dengan teratur yah. Karena kalau tidak akan banyak kotoran yang menumpuk dan menggumpal di telinga kucingmu dan bisa saja menyebabkan penyakit.


7. Jangan Lupa Potong Kuku si Kucing


Memotong Kuku Kucing Cara Merawat Kucing Kampung

Memotong Kuku Kucing (via seputarkucing.com)

Jangan lupa untuk memotong kuku kucingmu secara rutin agar tetap terawat dan tidak tajam. Pastikan kamu mengguntingnya dengan gunting kuku yang khusus yah. Selain itu kamu juga bisa memotong kuku kucingmu sehabis dia selesai dimandikan.

Jadi, sekarang sudah tau kan cara-cara agar kucing kamu tetap terawat dengan maksimal, bersih, dan pastinya sehat selalu? 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat.

One Response

  1. Anisa AE 16 April 2016

Leave a Reply